Advertorial

Tak Perlu ke Luar Negeri, Bandung Ternyata Punya Tempat Hits Bernuansa Belanda hingga Korea

Kompas.com - 27/04/2021, 09:35 WIB
Ilustrasi destinasi wisata Bandung Dok. Shutterstock/ardiwebsIlustrasi destinasi wisata Bandung

KOMPAS.com - Saat ingin berlibur ke luar kota tetapi hanya memiliki waktu senggang di akhir pekan, wisatawan kerap memilih Bandung sebagai tujuan. Utamanya, wisatawan yang berdomisili di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

Selain jarak yang relatif dekat, Bandung menawarkan deretan destinasi wisata menarik untuk disambangi. Seolah tak kehabisan ide, tempat-tempat hits nan kekinian terus bermunculan di Paris van Java ini.

Tak heran, Bandung didatangi banyak wisatawan untuk liburan sekaligus berburu spot-spot Instagrammable, mulai dari taman di tengah kota, perkebunan teh yang unik, hingga kafe.

Berikut Kompas.com rangkumkan tiga tempat kekinian dan hits di Bandung.

Rumah Belanda

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berlibur ke Belanda, Rumah Belanda bisa jadi pilihan.

Rumah Belanda merupakan taman bunga, restoran, sekaligus tempat rekreasi yang mengusung konsep bergaya Negeri Kincir Angin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suasana ala Belanda semakin terasa karena menyuguhkan hal-hal ikonik dari Negeri Tulip tersebut, seperti kincir angin Belanda, rumah klompen, dan patung sepatu klompen. Tak heran, destinasi ini membuat Anda serasa di Belanda.

Tempat unik tersebut cocok dikunjungi bersama keluarga sambil berburu foto di sejumlah spot Instagrammable.

Rumah Belanda juga menyediakan pakaian tradisional khas Belanda, klederdracht, untuk berfoto. Dengan kostum ini, pengunjung bisa semakin merasakan sensasi layaknya berfoto langsung di Belanda.

Pengunjung pun dapat membawa pulang kenang-kenangan berupa foto dengan kostum tersebut.

Selain itu, Rumah Belanda juga menyediakan beragam fasilitas, seperti garden restaurant, studio foto, dan playground. Pengunjung juga bisa membeli merchandise khas Belanda di sana.

Agar nuansa Belanda semakin terasa, nikmati sejumlah kudapan khas yang tersedia di sana, seperti bitterballen dan poffertjes. Selain itu, tersedia pula masakan Italia dan juga makanan khas Indonesia.

Rumah Belanda Bandung terletak di Jalan Raya Maribaya Sukamaju RT 03 RW 04, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Little Seoul Bandung

Bagi Anda yang belum kesampaian menjelajahi Negeri Ginseng tak perlu berkecil hati.

Pasalnya, Kota Kembang punya miniatur Korea Selatan, yaitu Little Seoul Bandung. Tempat ini merupakan bagian dari Chingu Cafe yang kini tengah naik daun dan hits di Bandung.

Untuk diketahui, Little Seoul berada di luar ruangan kafe tersebut. Area tersebut menghadirkan suasana ala Jalan Dongdaemun di Seoul sehingga membuat pengunjung terlena seperti berada di Korea Selatan.

Agar bisa mendapatkan suasana yang semirip mungkin, Little Soul bahkan menghadirkan jajanan street food khas Jalan Dongdaemun. Pengunjung pun harus menggunakan mata uang won bila ingin membeli jajanan itu.

Sebelum menjelajah, pengunjung bisa membeli mata uang won dengan menggunakan kartu dari money changer yang tersedia di sana.

Sama seperti di Rumah Belanda, Anda juga bisa menyewa hanbok sebagai kostum untuk berfoto. Hanbok sendiri merupakan busana tradisional Korea Selatan berupa baju panjang yang biasa digunakan oleh pria dan wanita di era kerajaan.

Adapun Chingu Cafe menawarkan kuliner autentik Korea yang lezat serta dijamin halal. Kafe ini didesain gaya khas Korea modern yang nyaman dan penuh warna.

Di sana, Anda bisa mencicipi buchujeon, bokkeumbap, odeng, corndog potatoes, tteokbokki, ramyun, korean wings, dan bibimbap.

Little Seoul Bandung berada di Chingu Cafe, tepatnya terletak di Jalan Sawunggaling Nomor 10, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Lembang Wonderland

Lembang Wonderland adalah salah satu destinasi wisata menarik yang berada di kawasan Kabupaten Bandung Barat.

Dibuka sejak 22 Juni 2020, tempat wisata tersebut memiliki sejumlah spot foto yang Instagrammable dan atraksi unik.

Misalnya, Anda bisa bertualang di wahana Magic Forest, hutan ajaib yang menyala di kegelapan. Wahana ini mengusung konsep glow in the dark sehingga Anda serasa berada di negeri dongeng ketika mengunjunginya.

Anda juga dapat menikmati aktivitas seru di berbagai wahana unik, seperti taman es krim raksasa, Sweet Field yang penuh permen, dan bermain salju di Snow Village.

Hamparan perkebunan bunga warna-warni di Rainbow Garden Lembang juga pas untuk nongkrong bersama teman sambil merasakan suasana sejuk dan indahnya bunga.

Pemandangan apik tersebut tentu tak bisa dilewatkan dengan mengabadikan momen terbaik dengan foto-foto yang Instagrammable.

Rainbow Garden Lembang berada dalam kawasan Floating Market, Lembang. Karena itu, pengunjung yang ingin berkunjung ke sana dikenakan tiket masuk Floating Market sebesar Rp 30.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk tiket untuk mengunjungi Rainbow Garden Lembang.

Nah, itulah tiga tempat hits yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bandung.

Selain tiga tempat tadi, masih banyak tempat kekinian lain di Kota Bandung yang tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Menjelajah Bandung dalam sehari tentu tak cukup.

Karena itu, agar lebih leluasa menyelisik tempat kekinian di Bandung, Anda bisa luangkan waktu beberapa hari untuk menginap dengan mencari hotel di Bandung melalui Tokopedia.

Agar pengalaman wisata lebih nyaman, pilih hotel yang berada di lokasi strategis. Misal saja, di kawasan Dago dan Lembang.

Anda bisa memilih hotel di Dago selama liburan di Bandung. Beberapa hotel di sana yang bisa dipilih adalah The 101 Bandung Dago, Grand Tjokro Premiere Bandung, Mercure Bandung City Center, Hotel Savoy Homan, dan Harris Hotel.

Hotel di Dago tersebut bisa dipesan dengan harga mulai Rp 390.000 hingga Rp 500.000 per malam di marketplace Tokopedia.

Selain Dago, hotel di Lembang, seperti Bantal Guling Villa, Sapulidi Cafe, Gallery and Resort, dan Maple House by Villa Istana Bunga bisa dipesan mulai harga Rp 178.188 sampai Rp 360.000.

Selama berwisata di Kota Bandung, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, yaitu memakai masker, tidak berkerumun lebih dari delapan orang, menjaga jarak aman satu meter, serta menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur.