Advertorial

Bagikan 450 Hidangan Berkah Ramadhan, Baznas Bidik Kelompok Rentan di Kampung Pemulung Menteng Atas

Kompas.com - 27/04/2021, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) m endistribusikan dana zakat lewat kegiatan berbagi makanan buka puasa dan sahur untuk masyarakat kelompok rentan kategori ashnaf.

Adapun kategori ashnaf terdiri dari lanjut usia (lansia), janda, yatim piatu, duafa, dan difabel. Sebanyak 450 hidangan Berkah Ramadhan dibagikan pada kelompok tersebut di kampung pemulung, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (26/4/2021).

Pendistribusian dana zakat tersebut dilaksanakan oleh Lembaga Program Layanan Aktif Baznas (LAB) dan termasuk dalam lingkup program pendistribusian Bank Makanan untuk berbagi kebahagiaan kepada mustahik di bulan Ramadhan 1442 H.

“Hal itu sebagai wujud kepedulian sosial dan menjalankan kepercayaan muzaki yang telah mengamanahkan zakatnya melalui Baznas Republik Indonesia (RI),” ujar Pimpinan Baznas Supervisi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (27/4/2021).

Pada kesempatan itu, Saidah didampingi Direktur Operasi sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI Wahyu TT Kuncahyo.

Saidah menjelaskan, hidangan Berkah Ramadhan terdiri dari hidangan berbuka puasa dan makan sahur bagi keluarga mustahik.

-Dok. Baznas -

“Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mencegah kelaparan, terutama pada para keluarga pekerja yang sudah tidak memiliki lahan pekerjaan atau sumber penghasilan,” terang Saidah.

Selain itu, lanjut Saidah, hidangan Berkah Ramadhan juga diberikan sebagai stimulan pangan bagi keluarga kurang mampu dalam menghadapi bulan suci Ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

Dengan demikian, Saidah berharap, kebutuhan pangan para mustahik tercukupi dan dapat meningkatkan imunitas tubuh mereka.

“Kami juga memberikan motivasi semangat beribadah dan bersyukur di bulan suci Ramadhan tahun ini dalam menghadapi situasi yang serbasulit di tengah pandemi Covid-19,” kata Saidah.

Sebagai informasi, proses pendistribusian makanan tersebut melibatkan mitra salur Bank Makanan, yaitu Yayasan Obama Indonesia (YOI) Skul yang berada di lingkungan kampung pemulung. 

Guna mencegah penyebaran Covid-19, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan (3M).

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.