Advertorial

Melalui PermataQR Merchant, PermataBank Dukung Program Digitalisasi Merchant Melalui QRIS

Kompas.com - 27/04/2021, 17:42 WIB

KOMPAS.com – Sistem pembayaran digital berbasis Quick Response (QR) Code saat ini menjadi pilihan banyak orang, baik untuk pembeli maupun penjual.

Selain lebih cepat, transaksi digital menggunakan QR Code terbilang lebih mudah dibandingkan kartu debit atau kredit. Sebab, pembeli tidak perlu repot membawa kartu dan penjual juga tidak perlu menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC).

Transaksi berbasis QR Code juga memiliki sejumlah kelebihan lain seperti terhindar dari resiko pencurian , penipuan dan penerimaan uang palsu.

Merespons kebutuhan tersebut, bank yang masuk dalam jajaran Bank Umum berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) IV, PT Bank Permata Tbk (PermataBank) menghadirkan fitur PermataQR Merchant.

Kehadiran fitur tersebut kian mengukuhkan posisi PermataBank sebagai bank terdepan dalam mendukung program digitalisasi layanan keuangan di Indonesia.

PermataQR Merchant dapat digunakan untuk bertransaksi dengan QR Code berstandar Quick Response Indonesia Standard (QRIS). 

Dengan demikian, merchant hanya perlu memiliki satu QR Code saja yang dapat dipindai berbagai aplikasi perbankan atau e-wallet, termasuk PermataMobile X.

Tak hanya itu, merchant juga dapat menghindari transaksi tatap muka dengan cara mengirimkan gambar QR Code kepada customer melalui jejaring sosial.

Kelebihan lain yang dimiliki PermataQR Merchant adalah dapat memunculkan notifikasi real-time yang tercatat secara otomatis. Selain itu, pelanggan dan merchant dapat mengunduh laporan transaksi sehingga memudahkan analisis pengeluaran dan pemasukan

PermataQR Merchant juga memudahkan pengguna baru karena proses registrasi yang praktis dan dapat dilakukan secara mandiri. Penjual dengan skala usaha mikro ini juga dapat menerima hasil penjualan di hari yang sama sebagai salah satu keunggulan dari PermataQR Merchant.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, PermataQR Merchant berhasil menggandeng lebih dari 150.000 merchant di Indonesia sejak diluncurkan pada Oktober 2020.

Potret salah satu pelaku UMKM yang telah menerapkan PermataQR Merchant.Dok. PermataBank Potret salah satu pelaku UMKM yang telah menerapkan PermataQR Merchant.

PermataQR Merchant mudahkan UMKM

Sebagai komitmen PermataBank untuk mendukung target Bank Indonesia dalam mendigitalisasi 12 juta merchant melalui QRIS di tahun 2021 dan juga dalam rangka mensukseskan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI), PermataBank menggandeng PD Pasar Jaya untuk melakukan kegiatan akuisisi PermataQR Merchant di pasar modern.

Dengan menggunakan PermataQR Merchant, PermataBank berharap dapat memudahkan para pedagang dalam bertransaksi secara digital, khususnya bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

PermataQR Merchant bisa diajukan oleh merchant dalam berbagai pilihan seperti Sticker, Aplikasi di HP, EDC, maupun dengan tampilan QR yang terkoneksi ke application programming interface (API).

Selain kegiatan akuisisi PermataQR Merchant, PermataBank bersama dengan Bank Indonesia juga melakukan talkshow penggunaan dan manfaat QRIS bagi pelaku UMKM. 

Pada kesempatan itu, Head of Digital Channel PermataBank Indra Gunawan mengatakan, dengan transaksi pembayaran menggunakan PermataQR Merchant, merchant akan mendapatkan berbagai manfaat. Misalnya, meningkatkan penjualan dan menurunkan biaya pengelolaan uang tunai atau kecil karena tidak perlu memberikan kembalian.

“(Kemudian) transaksi tercatat otomatis, mengurangi potensi penerimaan uang palsu, serta menurunkan risiko uang tunai hilang atau dicuri,” tambah Indra dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Untuk mendukung peningkatan transaksi menggunakan QR, PermataBank memberikan cashback 30 persen kepada nasabah pengguna PermataMobile X. Cashback ini dapat diperoleh dengan bertransaksi di merchant PermataQR.

Selain itu, PermataBank menawarkan program undian berhadiah bagi merchant PermataQR selama Februari-Juli 2021. Sejumlah hadiah yang ditawarkan, yaitu 1 unit mobil Toyota Calya, 2 unit motor Honda, dan 130 tabungan senilai total Rp 300 juta.

Untuk informasi lengkap mengenai PermataBank dan PermataQR Merchant, Anda dapat mengunduh aplikasi PermataQR Merchant di PlayStore untuk Android dan AppStore untuk pengguna iOS. Anda juga bisa mengunjungiwww.permatabank.com dan akun Instagram @PermataBank.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com