Advertorial

5 Tips Membeli Perlengkapan Shalat agar Ibadah Ramadhan Makin Khusyuk

Kompas.com - 29/04/2021, 12:44 WIB
Ilustrasi perlengkapan ibadah umat Islam. DOK. ShutterstockIlustrasi perlengkapan ibadah umat Islam.

KOMPAS.com - Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Sebab, bulan suci ini menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas ibadah dan berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan.

Membicarakan kebutuhan ibadah umat Islam tentu tak lepas dari berbagai perlengkapan shalat, seperti sarung, kopiah, sajadah, mukena, tasbih, dan Al Quran.

Kaum laki-laki biasanya menggunakan sarung dalam melaksanakan shalat, walau ada juga yang mengenakan celana panjang. Sementara, kaum wanita menggunakan mukena untuk melaksanakan shalat.

Perlengkapan ibadah yang berkualitas dan nyaman mampu menunjang ibadah seorang mukmin agar lebih khusyuk dan sempurna.

Lalu, bagaimana cara memilih perlengkapan shalat yang sesuai? Simak tips berikut.

  1. Perhatikan corak dan warna

Perlengkapan shalat seperti sarung dan sajadah memiliki berbagai warna dan corak, mulai dari corak tenun, batik, sampai corak berlatar Islami. Anda bebas memilih warna dan corak perlengkapan shalat yang sesuai dengan selera.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila menginginkan sajadah, mukena, serta sarung yang tidak kentara bila kotor, Anda bisa memilih warna gelap, seperti hitam dan coklat.

Selain itu, hindari memilih corak atau warna yang bisa membuat Anda atau orang di sekitar Anda menjadi tidak khusyuk beribadah.

  1. Bahan yang nyaman digunakan

Selain motif dan warna, jenis bahan pada perlengkapan shalat juga perlu diperhatikan. Hal ini terkait kenyamanan saat digunakan untuk beribadah.

Misalnya, sajadah berbahan beludru atau velvet akan terasa halus dan tidak licin ketika digunakan.

Sementara, sajadah berbahan katun akan terasa adem. Sajadah dengan bahan ini juga relatif ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja, termasuk saat bekerja.

Bila suka travelling, Anda bisa mempertimbangkan sajadah berbahan polivinil klorida (PVC) yang antiair. Karena kelebihan itu, sajadah jenis ini dapat diandalkan saat Anda menjelajahi alam. Pun, beratnya yang ringan makin memudahkan untuk dibawa ke mana-mana. 

  1. Ukuran yang tepat

Pastikan ukuran perlengkapan shalat yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan agar tidak mengganggu kekhusyukan Anda dalam beribadah.

Rata-rata panjang sarung untuk ukuran orang dewasa berkisar 90 centimeter (cm) sampai 130 cm dengan lebar berkisar 100 cm sampai 105 cm.

Untuk sajadah, ukuran ideal yang digunakan orang dewasa memiliki lebar sekitar 54 hingga 70 cm dan panjang sekitar 110 cm. Sementara, sajadah anak-anak ukurannya lebih kecil, yakni berkisar 60 cm x 35 cm.

Pemilihan perlengkapan shalat sebaiknya juga mempertimbangkan proporsi dan dimensi badan Anda. Jangan sampai membeli sarung, sajadah, atau mukena yang kebesaran atau kekecilan.

  1. Perhatikan kualitas jahitan

Kualitas jahitan perlengkapan shalat juga patut diperhatikan karena menentukan daya tahan dan waktu pemakaian.

Sebelum membeli, Anda bisa mengecek kualitas bahan sarung, peci, mukena, dan sajadah secara keseluruhan. Jangan sampai ada jahitan yang tidak rata atau benang yang terlepas dari jahitan.

Bila membeli perlengkapan shalat secara online melalui e-commerce, Anda bisa memilih toko yang memiliki rating dan review bagus dari pembeli. Hal itu menandakan bahwa toko tersebut tepercaya.

  1. Pahami cara perawatan

Setelah membeli perlengkapan shalat, Anda juga harus tahu cara perawatannya supaya tetap bersih dan layak digunakan. Sarung dan sajadah yang sudah lama tidak digunakan akan berdebu dan bau sehingga bisa mengganggu kekhusyukan Anda.

Hanya saja, merawat perlengkapan shalat tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus mengetahui jenis bahan yang digunakan supaya sarung atau sajadah bisa tahan lama.

Untuk perawatan sarung, ada baiknya sarung dibersihkan secara manual tanpa mesin cuci supaya tidak mudah rusak. Selain itu, kurangi penggunaan detergen agar warna sarung tetap awet.

Sementara untuk perawatan sajadah, Anda harus mengetahui bahan yang digunakan pada sajadah. Pasalnya, tidak semua bahan sajadah bisa dicuci menggunakan detergen.

Karenanya, cek dulu petunjuk cara membersihkan yang ada pada kemasan sebelum membersihkan sajadah.

Itulah sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli perlengkapan shalat. Anda bisa membeli perlengkapan shalat untuk kebutuhan ibadah Ramadhan di Tokopedia.

Melalui e-commerce tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai perlengkapan shalat idaman, seperti sarung model terbaru, peci & kopiah model terbaru, sampai sajadah model terbaru.

Tokopedia menyediakan sajadah model terbaru yang membuat ibadah Ramadhan Anda di masjid menjadi lebih aman dan nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berkah Ramadhan dengan menghadiahkan sarung model terbaru ataupun peci & kopiah model terbaru untuk para kerabat maupun orang-orang terdekat.

Anda juga bisa mengikuti promo Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan yang hadir selama sebulan penuh, yakni dari 13 April hingga 12 Mei 2021.

Melalui promo tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik, seperti Kejar Diskon, bebas ongkos kirim (ongkir) sepuasnya, dan cashback spesial.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan perlengkapan shalat idaman Anda di Tokopedia dan nikmati berbagai promo menarik di bulan penuh berkah ini.