Advertorial

5 Cara Membedakan Produk Apparel Lokal Original dan KW

Kompas.com - 29/04/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi toko apparel. DOK. ShutterstockIlustrasi toko apparel.

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun terakhir, fesyen dari brand lokal banyak digandrungi milenial. Produk apparel lokal berupa baju, jaket, dan aksesori menawarkan desain yang kekinian khas anak muda. Tak heran, apparel lokal sering menjadi pilihan fesyen sekaligus identitas bagi milenial di kota-kota besar.

Namun, tak dapat dimungkiri ada juga pihak tak bertanggung jawab yang mencari celah dari perkembangan apparel lokal tersebut dengan membuat produk tiruan alias KW. Tampilan produk asli dan tiruan terkadang sangat mirip sehingga banyak pembeli yang tertipu. Terlebih jika membeli produk secara online.

Sebagai contoh brand fesyen lokal Erigo. Produk streetwear kekinian dari jenama ini mendapatkan sambutan baik dari kalangan milenial. Karena itu, pembajak membuat tiruan produk Erigo untuk mendapatkan keuntungan.

Agar tidak salah beli, Anda bisa menerapkan tip berikut sebelum membeli produk fesyen lokal.

  1. Cermati kualitas produk

Kualitas bahan bisa menjadi pembeda antara produk apparel asli dan KW. Biasanya, jaket dan kaus asli dibuat dari bahan yang lebih lembut dan tidak panas. Sementara itu, produk apparel KW cenderung menggunakan bahan yang jauh lebih kasar dan cukup tebal.

Karena kualitas bahan yang buruk, jaket dan kaus KW cenderung mudah melar dan warna bahannya mudah luntur setelah beberapa kali dicuci.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, brandapparel lokal ternama biasanya hanya menggunakan bahan dari toko kain berkualitas. Tujuannya, agar produk yang dihasilkan tetap terjaga kualitasnya.

2 Tema dan desain produk yang khas

Setiap brandapparel memiliki tema atau desain yang khas sebagai identitas pembeda dengan brand lain. Bila ingin membandingkan jaket dan kaus original dengan KW, Anda dapat mengukur konsistensi tema atau desain dari produk tersebut.

Kalau desain atau tema produk yang ditawarkan melenceng jauh dari identitas brand selama ini, Anda patut curiga. Supaya lebih pasti, Anda bisa mengecek dulu di internet apakah brand lokal dari produk yang ingin dibeli benar-benar merilis jaket atau kaus dengan tema tersebut atau tidak.

  1. Kelengkapan label dan tag

Jaket atau kaus original biasanya memiliki kelengkapan produk berupa label, hang tag, dan washing care atau petunjuk cara mencuci produk.

Lazimnya, label pada baju dan jaket berisi keterangan mengenai produk fashion yang dijual, seperti merek, lokasi pembuatan produk, dan ukuran produk. Kemudian, hang tag bisa berupa informasi produk atau sekadar menjadi tanda pelengkap dari barang original.

Sementara itu, keberadaan informasi washing care atau cara mencuci produk juga penting dicermati karena dapat memberikan cara merawat produk yang tepat saat hendak dibersihkan. Pasalnya, pencucian jaket atau kaus yang salah bisa membuat cepat rusak atau warnanya luntur. 

Produk KW yang dijual biasanya tidak menyertakan label, tag, dan petunjuk pencucian barang secara lengkap. Seandainya turut menyediakan hang tag atau label, kualitasnya tidak sebagus produk asli dan warnanya cenderung agak pudar.

  1. Cermati harganya

Dengan kualitas bahan dan desain terbaik, wajar bila apparel bermerek dibanderol lebih mahal dibandingkan produk tanpa merek.

Oleh karena itu, Anda patut curiga bila menjumpai produk jaket dan kaus yang diklaim orisinal, tetapi harganya jauh di bawah pasaran.

Namun, ada juga oknum yang menjual produk KW dengan harga yang serupa barang aslinya. Untuk kasus seperti ini, mau tidak mau Anda harus lebih cermat dalam meneliti keaslian barang.

  1. Beli di toko resmi

Cara ini menjadi tips paling mudah untuk mendapatkan produk apparel orisinal. Terlebih, bila Anda tidak mau repot mencermati jaket dan kaus tersebut.

Biasanya, setiap brand memiliki situs resmi atau toko online resmi yang tersebar di berbagai e-commerce, seperti Tokopedia.

Salah satu brand apparel lokal yang memiliki toko online resmi di Tokopedia adalah Erigo. Melalui toko Erigo Store, Anda bisa mencari berbagai pilihan apparel kekinian, mulai dari jaket, kaus, tas, celana panjang, sampai kaus kaki. Jaket Erigo menjadi salah satu produk terlaris yang digandrungi milenial dari brand ini.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berbelanja di Tokopedia dengan mengikuti promo Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan. Promo tersebut hadir selama sebulan penuh, mulai dari 13 April hingga 12 Mei 2021.

Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik, seperti Kejar Diskon, bebas ongkos kirim (ongkir) sepuasnya, dan cashback spesial.

Yuk, segera unduh aplikasi Tokopedia untuk mendapatkan produk apparel asli dari Erigo. Nikmati juga promo menarik di bulan Ramadhan supaya Anda bisa berbelanja lebih hemat.