Advertorial

Ini Tiga Cara yang Bisa Diikuti supaya Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 30/04/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi Al Quran. Dok. Shutterstock / Kingmaya StudioIlustrasi Al Quran.

KOMPAS.com –Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Pada bulan ini, mereka berlomba-lomba meningkatkan ibadah agar mendapatkan pahala berlipat ganda.

Selain berpuasa dan tarawih, mengaji juga menjadi ibadah yang kerap dilakukan saat Ramadhan. Bahkan, tidak sedikit orang bahkan menargetkan khatam Al Quran saat bulan puasa.

Namun, mengkhatamkan Al Quran selama Ramdhan bukan perkara mudah. Ada saja halangan yang kerap ditemui, seperti kesibukan sehari-hari dan rasa malas karena lemas berpuasa.

Padahal, khatam Al Quran tetap bisa dicapai meskipun kamu sibuk. Berikut tiga metode yang bisa kamu terapkan untuk mengkhatamkan Al Quran.

  1. Baca setelah shalat wajib

Saat ingin mengkhatamkan Al Quran, kamu bisa menentukan waktu membaca sendiri. Misalnya saja, selepas shalat wajib. Targetkan untuk membaca minimal dua lembar atau empat halaman Al-Quran.

Untuk diketahui, satu juz Al Quran dengan standar Madinah satu juz terdiri dari 10 lembar. Dengan demikian, dalam satu hari kamu bisa membaca satu juz dan dalam satu bulan dapat khatam Al Quran 30 juz.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah menetapkan jumlah yang akan dibaca tiap harinya, kamu harus disiplin dan konsisten dalam membaca Al Quran. Jika terlewat, kamu bisa menambahkan halaman dalam shalat berikutnya.

  1. Baca secara kolektif
    Selain dapat membaca Al Quran secara individu, kamu juga bisa mengajak keluarga atau teman-teman untuk mengkhatamkan Al Quran bersama.

Bagilah 30 juz Al Quran dengan jumlah orang yang ingin khatam secara kolektif. Misalnya, jika ada lima orang, setiap orangnya masing-masing akan membaca 6 juz selama satu bulan.

Jika ada 10 orang, maka masing-masing orang akan membaca 3 juz dalam satu bulan. Semakin banyak orang, maka jatah membaca masing-masing orang akan semakin sedikit.

Pilihlah satu waktu bersama untuk berkumpul dan membaca Al Quran secara kolektif. Jika tidak dapat berkumpul, kamu bisa melakukannya secara virtual.

  1. Bawa Al Quran ke mana saja
    Metode lain yang bisa digunakan untuk mengkhatamkan Al Quran ialah dengan membacanya kapan pun dan di mana pun.

    Kamu bisa membawa Al Quran saku ke mana pun kamu pergi. Jika ingin lebih ringkas, kamu bisa mengunduh aplikasi Al Quran di smartphone.

Dengan adanya Al Quran digital, kamu mengetahui makna dari surat yang sedang dibaca. Selain itu, kamu pun bisa membaca Al Quran di mana saja, seperti saat istirahat atau menunggu kereta datang di stasiun.

Tak hanya itu, sekarang kamu bisa membaca Al Quran 30 juz melalui Tokopedia Salam. Pada platform Tokopedia tersebut, kamu bahkan bisa mengaktifkan notifikasi pengingat untuk membaca Al Quran agar target untuk khatam tidak terlewat.

Fitur Al Quran digital dari Tokopedia menggunakan sumber data langsung dari Kementerian Agama RI dan telah dilengkapi terjemahan Bahasa Indonesia.


Sebagai informasi, Tokopedia Salam merupakan platform terbaru dari Tokopedia yang membantu umat Islam untuk menjalankan ibadah selama Ramadhan. Selain mengaji Al Quran, lewat fitur ini kamu dapat menyalurkan zakat fitrah, wakaf, dan berdonasi.

Fitur tersebut juga memiliki jadwal sholat lengkap untuk mengingatkan kamu agar dapat beribadah tepat waktu.

Melalui Tokopedia Salam, kamu bisa menemukan beragam produk kebutuhan, mulai dari makanan, minuman, fesyen, kecantikan, dan perlengkapan ibadah yang bisa dipastikan kehalalannya.