Advertorial

BNI Mobile Banking, Jadi Aplikasi Penyedia Jasa Perbankan Terbaik Versi BSEM

Kompas.com - 04/05/2021, 20:50 WIB

KOMPAS.com – Survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2021 yang diselenggarakan Marketing Research Indonesia (MRI) mendapuk BNI Mobile Banking menjadi aplikasi penyedia jasa perbankan terbaik.

Aplikasi perbankan milik PT Bank Nasional Indonesia Tbk tersebut menduduki posisi teratas dalam kategori “10 Performa Terbaik Mobile Banking 10 Bank Tahun 2020-2021”.

Penghargaan tersebut didapat karena BNI Mobile Banking dinilai memiliki fitur yang lebih unggul dibandingkan aplikasi sejenis yang dimiliki bank lain.

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan, BNI Mobile Banking merupakan salah satu produk unggulan dari BNI yang senantiasa diperbarui sesuai program transformasi digital perbankan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada beberapa fitur terbaik yang ada pada aplikasi tersebut. Salah satunya, pembukaan rekening secara digital dengan fitur pengenalan wajah (face recognition) yang menjadi alternatif bagi nasabah baru.

 “BNI Mobile Banking juga tangguh dalam melayani masyarakat untuk bertransaksi secara cashless atau contactless transactions dan branchless banking,” ujar Mucharom dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Saat ini, kata Mucharom, BNI Mobile Banking juga memiliki fitur baru yang memungkinkan pemesanan reksa dana dan obligasi ritel secara mobile. Fitur tersebut dibenamkan agar bisa bersaing dengan perusahaan jasa keuangan digital atau financial technology (fintech).

Adapun pencapaian yang diraih BNI juga didukung pertumbuhan jumlah pengguna BNI Mobile Banking. Pada kuartal I 2021, jumlah pengguna BNI Mobile Banking mencapai 8,56 juta atau tumbuh 58,4 persen dibandingkan kuartal I 2020 yang berjumlah 5,41 juta nasabah. 

Dari sisi nilai transaksi, BNI Mobile Banking mengalami kenaikan menjadi Rp 138 triliun pada Maret 2021 atau tumbuh 33,2 persen dibandingkan Maret 2020 yang tercatat sebesar Rp 103 triliun.

Sementara dari jumlah transaksi, BNI Mobile Banking mencatatkan 95 juta transaksi pada kuartal I 2021 atau meningkat 50,4 persen dibandingkan kuartal I pada 2020 yang mencapai 63 juta transaksi.

“Tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking disebabkan oleh fitur-fitur baru lainnya yang diluncurkan untuk melengkapi layanan di dalamnya, mulai dari Biometric Login, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet hingga pengembangan QR payment,” ujar Mucharom.

Untuk diketahui, dalam menjalankan transformasi digital, BNI tidak hanya memperkuat BNI Mobile Banking. Perseroan juga memperkuat layanan digital pada segmen korporasi melalui aplikasi terpadu bernama BNI Direct dan pengembangan Application Programming Interface (API) Digital Service.

Sejak 2018 sampai saat ini, BNI telah menyediakan 238 API Services atau terbanyak di antara bank-bank lain di Indonesia. Terlebih, API Services BNI telah digunakan oleh lebih dari 3.000 klien.

Pada November 2020, API Digital Service BNI telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai pemenang Best Overall Developer Portal – Community Prize Nominees. BNI menyisihkan 32 API Portal dari korporasi global berbagai negara.

Selain penghargaan untuk BNI Mobile Banking, BNI juga mendapatkan empat penghargaan lain dari BSEM.

Pertama, BNI meraih posisi pertama dalam kategori “Performa Terbaik Call Center 10 Bank Tahun 2020-2021”. Penghargaan ini merupakan buah dari kinerja optimal layanan BNI Call 1500046 yang dapat nasabah nikmati selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Nasabah dapat memperoleh layanan menggunakan fitur interactive voice response (IVR) ataupun langsung ke petugas BNI Call Officer.

Kedua, BNI kembali berhasil meraih posisi pertama dalam kategori “Performa Terbaik Phone Banking Tahun 2020-2021”.

Ketiga, BNI juga menjadi yang terbaik dalam kategori “Performa CRM - Public Area 5 Bank Konvensional Tahun 2020-2021”. 

Terakhir, BNI juga berhasil memuncaki peringkat dalam kategori “10 Bank Terbaik dalam Pelayanan Prima Contact Center Tahun 2021”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com