Advertorial

Rutin Kelola CSR dengan Baik, Pelindo III Raih Penghargaan Top CSR Award 2021

Kompas.com - 04/05/2021, 20:55 WIB
Pada 2020, kegiatan CSR Pelindo III mengalokasikan 56 persen anggarannya untuk penanganan Covid-19. Dok. Pelindo IIIPada 2020, kegiatan CSR Pelindo III mengalokasikan 56 persen anggarannya untuk penanganan Covid-19.

KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memperoleh penghargaan empat bintang dalam kategori pengelolaan CSR atau Top CSR Awards 2021 dari Majalah Top Business, Sabtu (24/4/2021).

Apresiasi tersebut didapat berkat komitmen Pelindo III dalam menanggulangi Covid-19 melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate sosial responsibility (CSR).

Selain mendapatkan bintang empat dalam ajang CSR Awards 2021, salah satu jajaran direksi Pelindo III, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Edi Priyanto, juga ditetapkan sebagai Top Leader on CSR Commitment 2021.

Vice President (VP) Corporate Communication Pelindo III R Suryo Khasabu mengatakan, penghargaan yang diperoleh merupakan bentuk apresiasi atas pengelolaan tanggung jawab dan sosial lingkungan yang dilakukan oleh perseroan.

Pelindo III, lanjut Suryo, menyelenggarakan program CSR secara rutin dan berkelanjutan. Adapun kegiatan CSR yang dilakukan meliputi bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, serta pelestarian alam.

“Sudah menjadi kewajiban kami sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ikut dalam peningkatan nilai ekonomi dan sosial untuk masyarakat. Terlebih, bagi mereka yang berada di area terdekat dengan perusahaan,” jelas Suryo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Aktivitas CSR yang dilakukan Pelindo III tidak hanya sebatas pada pemberian bantuan dan hibah, tetapi juga dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pinjaman modal usaha.

Pinjaman tersebut diberikan kepada mitra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan perseroan di wilayah kerja Pelindo III di tujuh provinsi.

Berdasarkan data Pelindo III, setidaknya ada 2.500 pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan perusahaan.

“Kepedulian perusahaan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan merupakan wujud dari komitmen manajemen Pelindo III. Hal ini dilakukan untuk turut membangun dan mengembangkan kehidupan masyarakat,” ujar Suryo.

Bantu penanganan Covid-19

Pada 2020, kegiatan CSR Pelindo III juga menyasar pada penanganan Covid-19. Untuk keperluan ini, perseroan telah mengalokasikan 56 persen anggaran CSR.

Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan dan penyediaan peralatan laboratorium polymerase chain reaction (PCR), pemberian alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan, bantuan peralatan cuci tangan, pembagian ribuan masker dan sembako, serta bantuan mobil ambulans.

Lebih lanjut Suryo menjelaskan, program CSR menjadi salah satu cara Pelindo III untuk tetap dekat dengan masyarakat yang berada di wilayah kerja perusahaan.

“Saat ini, Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di tujuh provinsi. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar demi keberlangsungan usaha perusahaan,” tambah Suryo.

Sebagai informasi, Top CSR Awards 2021 merupakan hasil kerja sama Majalah Top Business dengan sejumlah konsultan CSR, asosiasi bisnis, dan asosiasi CSR. Ajang ini pun didukung oleh asosiasi wartawan CSR Indonesia.

Ajang tahunan tersebut memberikan penghargaan kepada perusahaan yang dinilai sukses dalam beberapa aspek sebagai kriteria penilaian terhadap program CSR perusahaan.

Beberapa kriteria tersebut adalah tingkat keselarasan CSR dengan strategi bisnis dan penerapan creating shared value (CSV), penerapan program CSR di masa pandemi Covid-19, pengadopsian ISO 26000 pada program CSR, serta penerapan kebijakan dan sistem tata kelola CSR.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.