Advertorial

Baznas Salurkan Bantuan Rp 1 Miliar untuk Rumah Sakit Indonesia di Palestina

Kompas.com - 05/05/2021, 13:39 WIB
Baznas salurkan bantuan sebesar Rp 1.036.686.544 untuk pembangunan RS Indonesia di Hebron, Palestina, Selasa, (4/5/2021). Dok. BaznasBaznas salurkan bantuan sebesar Rp 1.036.686.544 untuk pembangunan RS Indonesia di Hebron, Palestina, Selasa, (4/5/2021).

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan sebesar Rp 1.036.686.544 untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Hebron, Palestina, Selasa, (4/5/2021).

Penyaluran bantuan itu dilaksanakan bersamaan dengan acara buka puasa bersama dan Peluncuran Gerakan Cinta Zakat, Infak, dan Sedekah yang digelar hybrid secara langsung dari kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta Selatan dan virtual disiarkan melalui kanal Youtube BaznasTV.

“Penyaluran bantuan itu merupakan komitmen Baznas dalam membantu saudara-saudara kita di Palestina. Kami juga masih membuka pengumpulan donasi untuk RS Indonesia di Hebron,” ujar Ketua Baznas Prof Dr KH Noor Achmad dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Kiai Noor Achmad mengatakan, rakyat Palestina yang sedang mengalami kesulitan membutuhkan pertolongan dari umat Islam di seluruh dunia. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat Indonesia membantu. Salah satunya melalui pembangunan rumah sakit tersebut.

Sementara itu, terkait peluncuran Gerakan Cinta Zakat, Infak, dan Sedekah untuk seluruh Indonesia, Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar mengatakan, gerakan tersebut dapat menjadi katalis untuk menggali potensi zakat masyarakat Indonesia.

Ia pun berharap, pemberdayaan umat dapat dilakukan dengan memanfaatkan Gerakan Cinta Zakat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mudah-mudahan Gerakan Cinta Zakat dapat menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia masih peduli kepada kemanusiaan. Hal ini juga merupakan langkah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat saat pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu, menurut Kiai Noor Achmad, Gerakan Cinta Zakat tidak dapat berjalan sendiri sehingga membutuhkan dukungan, khususnya dari para ulama dan pemangku kepentingan.

Dalam acara tersebut hadir pula Pimpinan MUI serta Baznas provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia secara virtual, yakni Sekretaris Jenderal MUI Dr H Amirsyah Tambunan MA, Wakil Ketua Baznas Mo Mahdum, dan Pimpinan Baznas Dr Zainulbahar Noor SE Mec.

Kemudian, Ir Muhamad Nadratuzzaman Hosen MS MEc PhD, Kolonel (Purnawirawan) Drs Nur Chamdani, Saidah Sakwan MA, Rizaludin Kurniawan MSi, dan Drs KH Achmad Sudrajat LC MA.

Selanjutnya, ada Dirut Baznas M Arifin Purwakananta, Sekretaris Baznas Drs H Jaja Jaelani MM, Direktur Operasi sekaligus Plt Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Wahyu TT Kuncahyo, serta Panitia Ramadhan Fitriansyah Agus Setiawan.