Advertorial

Supaya Puasa Tetap Semangat, Jangan Kendur Lakukan Hal-hal Ini

Kompas.com - 05/05/2021, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Ramadhan tahun ini merupakan kali kedua umat Islam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19.

Sama seperti tahun kemarin, pemerintah masih menganjurkan masyarakat agar tetap berkegiatan dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Pasalnya, menghabiskan waktu di rumah ketika puasa dapat memicu rasa bosan dan malas, serta mengurangi semangat.

Alhasil, tugas pekerjaan bisa menumpuk dan menambah beban pikiran. Puasa pun jadi kurang khidmat.

Agar puasa tetap lancar, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk memantik semangat.

Berikut Kompas.com rangkumkan tips agar tetap semangat menjalani puasa di tengah pandemi.

Tekun ibadah

Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan keimanan sekaligus kesempatan untuk kembali mendisiplinkan diri dalam beribadah.

Misalnya, disiplin menunaikan shalat lima waktu, mengkhatamkan Al Quran, dan menjalankan ibadah sunah. Dengan begitu, semangat untuk berpuasa tetap terjaga karena perjalanan spiritual dengan Sang Pencipta terjalin secara konsisten.

Anda dapat menyetel pengingat atau alarm agar ibadah ditunaikan secara tepat waktu. Selain itu, sediakan pula ruangan khusus untuk beribadah agar lebih khusyuk dan semangat.

Jangan lupa pastikan pula ruangan untuk ibadah aman dari nyamuk dengan menyemprotkan Force Magic setengah jam sebelum ruangan digunakan.

Bersih-bersih rumah

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu sembari menunggu buka puasa adalah bersih-bersih rumah. Aktivitas fisik ini tergolong ringan sehingga tetap bisa bergerak dan tidak melelahkan.

Misalnya, menyapu, menata kamar tidur, mengganti seprai, membersihkan jendela atau perabot rumah, dan menyetrika. Dengan begitu, rumah jadi terlihat lebih rapi dan bersih.

Untuk memastikan anggota keluarga tetap sehat, Anda bisa menggunakan Kispray Disinfektan saat menyetrika pakaian.

Pasalnya, cairan pelembut dan pewangi pakaian itu mengandung alkyl dimethylbenzyl yang terbukti dapat membunuh berbagai kuman dan bakteri dengan tingkat efektivitas 99 persen.

Bersedekah

Selain meningkatkan spiritual, bersedekah juga dapat mempertebal kepekaan kepada orang-orang di sekitar.

Anda dapat bersedekah dengan mengikuti penggalangan dana dari lembaga amal tepercaya. Saat ini, banyak lembaga amal menerima donasi secara online sehingga Anda tidak perlu datang langsung.

Anda juga bisa menginisiasi penggalangan dana sedekah secara mandiri dan mengajak teman-teman untuk ikut berbagi rezeki bagi sesama yang membutuhkan.

Adapun dana yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk berbagi makanan. Selama bulan Ramadhan, alangkah baiknya bila dilakukan sore hari jelang berbuka.

Namun ingat, saat berbagi sedekah di luar rumah, jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak aman satu meter, serta mencuci tangan secara teratur (3M).

Saat menggunakan masker, Anda bisa menggunakan Plossa Eucalyptus untuk meminimalisasi rasa sesak yang ditimbulkan dari penggunaan alat pelindung diri tersebut.

Pasalnya, Plossa Eucalyptus mengandung mentol sebagai bahan bronkodilator yang bisa melegakan pernapasan. Roll on ini diklaim ampuh membunuh virus yang menempel pada masker berkat kandungan essential oil eucalyptus dan cineol 1,8.

Membaca buku

Agar puasa lebih bermakna, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah membaca buku. Pasalnya, membaca merupakan salah satu cara efektif untuk mengalihkan pikiran dari rasa haus dan lapar.

Untuk memperdalam keimanan, Anda bisa memilih buku bacaan kategori religius.

Selain itu, Anda juga bisa memilih genre buku yang direkomendasikan atau disukai oleh penulis favorit Anda sebagai alternatif bacaan. Sebab, bacaan tersebut biasanya relevan dengan selera Anda.

Selama beraktivitas di rumah sambil membaca buku, tetap lindungi diri Anda dengan rutin menggunakan Soffel Lotion Anti Nyamuk. Dengan losion ini, Anda akan terlindungi dari gigitan nyamuk penyebab penyakit, seperti nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue.

Membuat kreasi menu buka puasa

Untuk mengisi waktu luang, Anda bisa mencoba menyiapkan sendiri menu berbuka puasa. Dengan memasak, pikiran jenuh dapat teralihkan sehingga bisa menjaga semangat.

Salah satu menu yang patut dicoba di rumah adalah Pandan Orange Boba Cake ala Scrubber. Bolu chiffon rasa pandan yang dipadukan dengan vla jeruk dan boba ini bisa Anda sajikan sebagai menu berbuka puasa untuk keluarga di rumah.

Untuk mengetahui resep Pandan Orange Boba Cake #dapursehatScrubber secara detail, Anda bisa mengunjungi akun Instagram @scrubber.id.

Ingat, saat jam buka puasa tiba, sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan berat. Setidaknya, makan tiga buah kurma terlebih dahulu lalu minum Adem Sari Ching Ku. Dengan begitu, tenggorokan dan pencernaan lebih siap untuk menyantap makanan panas, pedas, dan berminyak.

Bila Anda berbuka di jalan, jangan lupa bersihkan tangan dengan Antis sebelum memegang makanan ya.

Nah, itulah lima tips yang bisa Anda terapkan di rumah agar tetap bersemangat menjalankan puasa di tengah pandemi.

-Dok. Enesis -

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa agar tubuh tetap fit. 

Misalnya saja, saat sahur, Anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang, minum air putih, serta suplemen, seperti Amunizer dan Air Sejuk Adem Sari.

Sebagai informasi, Amunizer adalah suplemen herbal untuk daya tahan tubuh. Suplemen ini mengandung vitamin C 1.000 miligram (mg) yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara intensif.

Amunizer mengandung daun meniran (phyllanthus), ekstrak elderberry, zinc, forsythia, dan lonicera. Masing-masing kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi.

Daun meniran dapat berfungsi sebagai antibakteri dan mampu mencegah virus. Sementara, elderberry mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas.

Adapun zinc berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, forsythia mencegah infeksi bakteri, dan lonicera untuk mengobati saluran pernafasan akibat virus influenza.

Sementara itu, Air Sejuk Adem Sari membantu menyeimbangkan kadar mineral dan tingkat keasaman tubuh. Tak hanya itu, minuman herbal ini juga mampu meringankan gejala panas dalam, menghilangkan haus, dan membuat badan lebih sejuk.

Khasiat Air Sejuk tersebut didapat lantaran kandungan mineral yang ada di dalamnya. Mineral-mineral tersebut antara lain potasium atau kalium (K), sodium atau natrium (Na), kalsium (CA), dan magnesium (Mg).

Karena manfaatnya tersebut, produk-produk Enesis Group bisa jadi pilihan saat menjalankan puasa di tengah pandemi. Anda pun bisa mendapatkan produk-produk Enesis Group di e-commerce melalui tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com