Advertorial

Komitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca, Pertamina Raih 6 Penghargaan Emisi Korporasi 2021

Kompas.com - 07/05/2021, 13:04 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) terus mendukung program pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) yang menyebabkan pemanasan global.

Upaya tersebut sekaligus mempertegas komitmen Pertamina dalam penerapan program Environment, Social, and Governance (ESG) serta Sustainable Development Goals (SDG's) ke-13, yakni penanganan perubahan iklim.

Sebagai informasi, sesuai baseline yang ditetapkan selama 10 tahun mulai dari 2010-2020, Pertamina Group telah mencapai penurunan emisi GRK sebanyak 27,08 persen atau melampaui target sebesar 26 persen selama jangka waktu tersebut.

Realisasi penurunan emisi GRK itu dicapai Pertamina melalui langkah-langkah pengurangan emisi kegiatan operasi dan produksi, termasuk inisiatif memanfaatkan gas suar serta menjalankan program Langit Biru.

Program itu turut mendorong masyarakat menggunakan bahan bakar rendah emisi karbon.

Berdasarkan capaian dan upaya berkelanjutan tersebut, Pertamina Group pun mendapatkan enam penghargaan Emisi Korporasi 2021.

Penghargaan yang didapat Pertamina meliputi kategori Green Elite untuk Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-Perbankan dan kategori Gold Plus untuk Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-Perbankan.

Adapun empat penghargaan lainnya diterima oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) meliputi penghargaan Penurunan Emisi Korporasi Sektor Emiten Non-Perbankan kategori Green Elite dan Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-Perbankan kategori Green Elite.

Kemudian, penghargaan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Emiten Non-Perbankan kategori Silver Plus dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-Perbankan kategori Platinum Plus.

Sebagai informasi, penghargaan Emisi Korporasi 2021 diadakan oleh Majalah Investor dan BeritaSatu Media Holding (BSMH) yang bekerja sama dengan PT Bumi Global Karbon (BGK). Adapun penganugerahan penghargaan tersebut diselenggarakan secara virtual, Kamis (29/4/2021).

Direktur Pemberitaan BSMH Primus Dorimulu mengatakan, perusahaan yang bisa menurunkan emisi karbon secara berkelanjutan patut diberikan apresiasi karena sudah berkontribusi menyelamatkan bumi.

Menurutnya, penurunan emisi akan berdampak positif terhadap lingkungan sekaligus menciptakan pertumbuhan ekonomi berkualitas.

Adapun penghargaan Emisi Korporasi 2021 dibagi dalam delapan kategori, yaitu Platinum Plus, Platinum, Gold Plus, Gold, Silver Plus, dan Silver untuk perusahaan yang melakukan transparansi pengungkapan perhitungan emisi.

“Sementara itu, penghargaan dengan gelar Green Elite dan Green diberikan untuk perusahaan yang mengungkapkan adanya penurunan emisi yang mereka capai pada 2019,” jelas Primus dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Perhitungan dan penurunan emisi, lanjutnya, dapat dilihat berdasarkan data yang tertera pada Laporan Keberlanjutan 2019 dan terbit pada 2020 di website resmi masing-masing perusahaan.

“Jaminan untuk perhitungan emisi tersebut juga menjadi kriteria untuk dipertimbangkan dalam penilaian,” katanya. 

Pejabat Sementara (Pjs) SVP Corporate Communication and Investor Relation Pertamina Fajriyah mengatakan, Pertamina menyambut positif penghargaan tersebut.

Pihaknya akan terus mengintensifkan langkah-langkah penurunan emisi untuk mendukung target pemerintah sebesar 29 persen pada 2030.

“Penghargaan Emisi Korporasi 2021 menjadi bukti bahwa upaya yang dilakukan Pertamina untuk mereduksi emisi diakui oleh stakeholder dan akan menjadi motivasi dalam mengejar target yang lebih besar,” ujar Fajriyah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com