Advertorial

Dukung UMKM, Tokopedia Sebar Diskon hingga Gratis Ongkir GoSend di Hari BBI 2021

Kompas.com - 07/05/2021, 17:21 WIB
Tokopedia dan GoSend berikan penawaran menarik untuk mendukung Hari Bangga Buatan Indonesia 2021. DOK. SHUTTERSTOCKTokopedia dan GoSend berikan penawaran menarik untuk mendukung Hari Bangga Buatan Indonesia 2021.

KOMPAS.com – Salah satu penyedia layanan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia, menyambut positif penetapan 5 Mei sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) oleh Kementerian Perdagangan (Kemendagri) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rabu (5/5/2021).

CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, Hari BBI bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi negeri dengan memudahkan masyarakat bertransaksi secara digital dan turut membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Guna mendukung Hari BBI yang diselenggarakan pada 5-13 Mei 2021, Tokopedia pun menggandeng GoSend untuk menghadirkan ragam penawaran menarik.

Penawaran Hari BBI meliputi diskon flash sale hingga 90 persen dan diskon layanan GoSend Tokopedia hingga Rp 20.000 untuk pengiriman instant serta same day.

Masyarakat juga bisa menikmati promo Tokopedia GoSend lainnya, yakni produk serba Rp 5.000, bebas ongkos kirim (ongkir) hingga Rp 50.000, dan cashback hingga Rp 600.000 pada halaman khusus BBI yang menampilkan kurasi beragam produk lokal.

Tokopedia juga menyelenggarakan rangkaian webinar dan kelas daring bertajuk Obrolan Seller. Kelas daring ini bisa diakses secara gratis oleh pegiat UMKM lokal agar bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk dan pemasaran.

Sementara itu, rangkaian webinar tersebut bertujuan untuk menyediakan wadah berbagi inspirasi atau pengalaman di antara sesama penjual di Tokopedia yang tergabung dalam komunitas penjual Keluarga Tokopedia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Penetapan Hari BBI sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa memudahkan masyarakat dalam menemukan beragam produk UMKM lokal,” ujar William dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (7/5/2021).

William mengatakan, gerakan nasional BBI yang dicanangkan pemerintah sejak 2020 juga membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia. Salah satunya Stayhoops dari kategori fashion.

“Stayhoops berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38 kali lipat selama Januari 2021. Peningkatan transaksi ini lebih besar dibandingkan sebelum mereka bergabung dengan gerakan BBI pada Juni 2020,” jelasnya.

Sementara itu, Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 secara umum juga mencatat bahwa 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133 persen.

Menurut hasil riset tersebut, terdapat tiga provinsi dengan peningkatan penjualan tertinggi di Tokopedia, yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan persentase 144,6 persen, Sulawesi Tengah (Sulteng) sebanyak 73,4 persen, dan Sulawesi Selatan (Sulteng) sebesar 73,3 persen.

Kemudian, tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali dengan persentase 66,2 persen, Yogyakarta 42,2 persen, dan DKI Jakarta 28,3 persen.

Dengan hadirnya Hari BBI, William berharap Tokopedia dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal dalam mengembangkan potensi produk asli Indonesia.

“Hari BBI juga sekaligus sebagai ajang untuk mengajak masyarakat lebih bangga memakai produk buatan Indonesia demi pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar William.

Yuk, ikut semarakkan Hari BBI dengan berbelanja di Tokopedia. Manfaatkan promo GoSend agar menghemat pengeluaran selama berbelanja.