Advertorial

Baznas dan BTN Syariah Teken Kerja Sama untuk Permudah Pembayaran Zakat

Kompas.com - 08/05/2021, 10:50 WIB
Prosesi penandatanganan kerja sama antara Baznas dan Unit Usaha Syariah BTN. Sinergi ini akan memudahkan masyarakat menunaikan pembayaran zakat, infak, dan sedekah. Dok. Humas BaznasProsesi penandatanganan kerja sama antara Baznas dan Unit Usaha Syariah BTN. Sinergi ini akan memudahkan masyarakat menunaikan pembayaran zakat, infak, dan sedekah.

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Unit Usaha Syariah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menandatangani nota kesepahaman kerja sama pengembangan ekosistem layanan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) serta produk perbankan.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran ZIS dan menikmati layanan perbankan syariah.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Ketua Baznas Prof Dr KH Noor Achmad dan Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo di Menara Bank BTN, Jakarta, Jumat (07/05/2021).

“Baznas dan BTN akan melaksanakan kerja sama dalam berbagai program, seperti layanan perbankan untuk Baznas di seluruh Indonesia, pengumpulan ZIS, dan juga publikasi serta literasi layanan zakat,” ujar Prof Noor dalam siaran yang diterima Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).

Prof Noor menjelaskan, kerja sama tersebut diharapkan mampu mendorong penguatan Gerakan Cinta Zakat di tengah masyarakat Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BTN atas kerja sama yang baik ini. Semoga Allah senantiasa memudahkan kita dalam menjalankan program-program ke depan untuk kesejahteraan umat,” tambah Prof Noor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Haru Koesmahargyo juga menyambut baik kerja sama dengan Baznas. Ia mengatakan, melalui BTN Syariah, perseroan ikut mendukung perekonomian syariah secara nasional dengan menyediakan layanan perbankan yang sesuai dengan konsep ekonomi berbasis syariah.

Kemitraan dengan Baznas, lanjut Haru, juga menjadi upaya BTN Syariah mendukung perekonomian Islam melalui pengembangan ekosistem layanan ZIS.

“Kami memiliki berbagai layanan dan fasilitas untuk mengembangkan ekosistem ZIS, mulai dari pembayaran hingga pengelolaan. Dengan kerja sama ini, nasabah BTN Syariah dapat dengan mudah membayar ZIS,” ujar Haru.

Selama ini, BTN Syariah telah menyediakan fasilitas Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk penerimaan pembayaran ZIS. Unit bisnis BTN tersebut juga telah memfasilitasi penyaluran bantuan Baznas bagi hampir seribu guru pengajian di Kota Bekasi.

Haru menuturkan, selain menawarkan kemudahan pembayaran ZIS, BTN Syariah juga menawarkan produk dan layanan perbankan lainnya untuk dapat mengoptimalkan kinerja Baznas. BTN juga memberikan fasilitas pembiayaan, termasuk KPR Syariah, bagi para pengurus Baznas sehingga dapat memiliki hunian sendiri.

“Kami memahami betul posisi Baznas sebagai lembaga pengelola zakat nasional yang amanah dan profesional dalam pengelolaannya. Untuk itu, kami menyediakan beragam fasilitas perbankan yang dapat digunakan Baznas di seluruh Indonesia untuk mempermudah tugas dan tanggung jawabnya,” ujar Haru.

Sebagai informasi, acara penandatangan kerja sama antara Baznas dan BTN turut dihadiri Wakil Ketua Baznas RI Mo Mahdum; Pimpinan Baznas Kol (Pur) Drs Nur Chamdani; Saidah Sakwan, MA; Rizaludin Kurniawan, MSi; serta Direktur Operasi/Plt Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Wahyu TT Kuncahyo.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.