Advertorial

Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman, Ketua Satgas RAFI Tinjau Langsung Sarfas Pertamina di Pulau Jawa

Kompas.com - 08/05/2021, 14:23 WIB
PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran penyaluran bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran penyaluran bahan bakar minyak (BBM)

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan liquid petroleum gas (LPG) di seluruh wilayah Nusantara selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah tercukupi dan aman.


Pertamina juga telah membentuk Satuan Tugas Khusus Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) Pertamina tahun 2021 yang mulai aktif sejak 26 April hingga 31 Mei 2021.


Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) RAFI Mulyono melakukan peninjauan secara maraton di Pulau Jawa untuk memastikan sarana dan fasilitas (sarfas) BBM dan LPG di seluruh wilayah operasi telah siap melayani kebutuhan masyarakat.


Peninjauan diawali di wilayah operasi Jawa Bagian Barat di Terminal Transit Utama Balongan di Indramayu, Rabu (5/5/2021). Kunjungan ini untuk memastikan sarfas penyimpanan dan pengiriman BBM dan LPG berjalan secara optimal.


Di sela-sela kunjungan tersebut, Mulyono juga menyempatkan waktu memberikan santunan kepada anak yatim.


Pada hari yang sama, Mulyono bergerak menuju wilayah operasi Jawa Bagian Tengah dan mengecek kesiapan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).


Dia juga menyapa pelanggan serta menyerahkan bingkisan kepada awak mobil tangki, operator, dan petugas di Rest Area Tol Trans-Jawa KM 379 A.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Pada hari berikutnya, Kamis (6/5/2021), Mulyono meninjau aktivitas Satgas RAFI 2021 di Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah di Kota Semarang.


Pada kesempatan tersebut, dia melakukan konferensi video dengan seluruh pimpinan tertinggi unit pengolahan dan unit pemasaran di seluruh Indonesia.


“Momen Hari Raya tanpa mudik tidak mengurangi komitmen dan semangat Pertamina untuk menyediakan kebutuhan energi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).


Dia menyatakan, Satgas RAFI Pertamina harus siap bertugas 1x24 jam setiap hari demi memenuhi energi untuk kenyamanan masyarakat Indonesia merayakan Idul Fitri 1442 H dari rumah.


Usai berkoordinasi, Mulyono yang didampingi manajemen Regional Jawa Timur Bali Nusa Tenggara melakukan peninjauan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda, Surabaya.


Mulyono tetap memastikan sarfas penyimpanan dan pengiriman avtur siap melayani transportasi penerbangan nasional, meski frekuensinya mengalami penurunan.


“Kunjungan langsung manajemen ke lapangan merupakan komitmen untuk ketersediaan energi dan bentuk nyata dukungan manajemen Pertamina bagi pekerja agar Satgas RAFI dapat berjalan optimal dalam menjaga pasokan BBM dan LPG pada momen Idul Fitri,” tuturnya.