Advertorial

Buka Rekening di BNI Cabang Tokyo, Jerome Polin: Kaget Ada Cabang Bank BUMN di Jepang!

Kompas.com - 16/05/2021, 12:25 WIB
Jerome Polin bersama temannya membuka rekening BNI Taplus di BNI cabang Tokyo. DOK. BNIJerome Polin bersama temannya membuka rekening BNI Taplus di BNI cabang Tokyo.

KOMPAS.com – Youtuber asal Indonesia yang kini tengah menyelesaikan studi di Jepang, Jerome Polin Sijabat mengunjungi kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) di Tokyo.

Dalam video yang diunggah di channel Youtube-nya, Nihongo Mantappu, Sabtu (15/5/2021), ia mengaku kaget bahwa ada cabang Bank Usaha Milik Negara (BUMN) asal Indonesia di Jepang.

Untuk diketahui, BNI memang merupakan satu-satunya bank asal Indonesia yang memiliki kantor cabang di Jepang. Kantor cabang tersebut berlokasi di Kokusai Building, kawasan Ginza, Kota Tokyo, yang terkenal elit.

Kantor cabang BNI di Tokyo sebenarnya sudah berdiri lebih dari 50 tahun lalu. Pada 1959, statusnya masih kantor perwakilan. Pada 1969, barulah kantor BNI tersebut naik status menjadi kantor cabang.

Saat tiba di BNI kantor cabang Tokyo, Jerome pun dibuat heran dengan kemampuan berbahasa Indonesia dari para pegawai bank yang kebanyakan merupakan tenaga lokal. Tanpa berlama-lama, Jerome kemudian langsung membuat rekening BNI Taplus sekaligus Remittance Card.

Proses pembuatannya terbilang cepat. Saking senangnya, Jerome langsung mencoba bertransaksi menggunakan kartu BNI Taplus milknya di sebuah konbini—minimarket di Jepang yang lengkap dengan berbagai layanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wah, akhirnya udah jadi beneran (BNI Taplus dan Remittance Card-nya). Yeay, dapat juga kartunya. Kita langsung coba yuk,” seru Jerome.

Jerome pun semringah karena ternyata proses transaksi debit dengan kartu BNI Taplus pun tidak repot. Kartu tersebut dapat digunakan di mesin EDC yang ada di Jepang. Terlebih, ia tidak perlu memasukkan Personal Identification Number (PIN) apabila nominal transaksinya kecil.

“Memang untuk nilai tertentu, kalau (nominalnya) tidak besar, tidak perlu membutuhkan PIN,” ujar salah seorang pegawai BNI Tokyo yang ikut berbelanja bersama Jerome saat itu.

Masih dalam momen Idul Fitri, Jerome juga mencoba mengirimkan hadiah berupa THR Lebaran secara digital ke kerabat di Tanah Air. Ia mengirimkannya melalui fitur DiKado dalam BNI Mobile Banking.

“Tinggal buka rekening di BNI Mobile Banking, bisa kirim kado virtual ke teman atau keluarga di mana saja. Gampang banget,” ujar Jerome.

Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh diaspora Indonesia untuk tetap dapat merasakan kehangatan berbagi kado dengan kerabat di Tanah Air.

Melalui fitur DiKado, nasabah juga bisa memilih kartu ucapan sesuai momen spesial. Misalnya saja, di momen Idul Fitri, fitur DiKado menyediakan kartu ucapan bertemakan hari raya tersebut. Setelah transaksi, nasabah dapat langsung tekan tombol SHARE untuk mengirim kartu ucapan melalui aplikasi chatting di smartphone miliknya.

General Manager BNI Tokyo M Emil Azhary yang berkesempatan bertemu dengan Jerome menuturkan, BNI Tokyo tak hanya melayani kebutuhan perbankan di segmen konsumer. Sebagai satu-satunya bank asal Indonesia yang ada di Negeri Sakura, BNI Tokyo melayani banyak fungsi untuk bisnis dan perdagangan antara Jepang dan Indonesia.

“BNI Tokyo juga berfungsi memfasilitasi transaksi ekonomi antara Indonesia dan internasional seperti investasi. BNI Tokyo mendukung investasi Jepang yang masuk ke Indonesia dan sebaliknya, kemudian mendukung ekspansi perusahaan Indonesia ke Jepang serta transaksi perdagangan dan pengiriman uang internasional,” ujarnya.

Namun, layanan BNI Tokyo tak terbatas hanya untuk diaspora Indonesia di Jepang tetapi juga warga negara Jepang. Emil juga mengatakan, pembukaan rekening di BNI Tokyo pun dapat dilayani lewat 3 mata uang berbeda yaitu rupiah, dollar Amerika Serikat, dan yen.

“Jadi, di BNI Tokyo ada layanan khusus untuk orang Indonesia dan khusus untuk orang Jepang,” pungkas Emil kepada Jerome.

Pengalaman Jerome Polin membuka rekening BNI dan menikmati layanan perbankan di BNI cabang Tokyo dapat disaksikan di https://youtu.be/Shff_4c6AsQ.