Advertorial

Jalin Kerja Sama dengan Pindad, Mega Eltra Produksi dan Pasarkan Alat Mesin Pertanian

Kompas.com - 17/05/2021, 17:56 WIB
- Dok. PT Pupuk Indonesia-

KOMPAS.com – Anak usaha PT Pupuk Indonesia, PT Mega Eltra, menjalin kerja sama dengan PT Pindad untuk memproduksi dan memasarkan alat mesin pertanian (alsintan).

Senior Vice President Mega Eltra Benny Simanjuntak mengatakan, dalam kolaborasi tersebut Mega Eltra berperan sebagai distributor alsintan, baik untuk unit utuh maupun spare part yang diproduksi Pindad. Teknis penjualannya sendiri akan ditangani oleh Mega Eltra.

"Pihak Pindad sudah melakukan kunjungan untuk membahas tindak lanjut kerja sama ini," ujar Benny dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Untuk diketahui, kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari memorandum of understanding (MoU) antara Pindad dan Pupuk Indonesia.

Nota kesepahaman tersebut dibuat untuk pemanfaatan fasilitas bersama dalam memproduksi dan menjual alsintan.

Benny menilai, kerja sama tersebut dapat meningkatkan sinergi antara Pindad dan Mega Eltra yang sudah lama terjalin. Sebelum kerja sama ini, cat dari Mega Eltra telah digunakan Pindad dalam pembuatan sebagian produknya.

Tak hanya itu, imbuh Benny, kerja sama tersebut juga menjadi salah satu langkah untuk mendukung program food estate pemerintah dan Agro Solution Pupuk Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, Pindad saat ini tidak hanya memproduksi alat pertahanan dan keamanan (hankam), tetapi juga produk-produk industrial, seperti ekskavator, paddy dryer, harvester, dan traktor.

"Produk industrial Pindad memiliki kualitas serta mutu yang baik dan kompetitif dibandingkan produk perusahaan lain. Untuk itu, kami menjalin kerja sama ini sebagai bentuk sinergi," terang Beni.

Sebagai informasi, Pupuk Indonesia menangani sejumlah proyek nasional, salah satunya mekanisasi pertanian. Sementara, Mega Eltra sebagai salah satu anggota holding merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan pupuk dan nonpupuk.

Adapun Mega Eltra saat ini memiliki sembilan kantor cabang yang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.