Advertorial

Perayaan Wisuda April ITB 2021, dari Massa Kampus untuk Wisudawan

Kompas.com - 18/05/2021, 15:58 WIB
Perayaan Wisuda April 2021 Institut Teknologi Bandung. DOK. ITBPerayaan Wisuda April 2021 Institut Teknologi Bandung.

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, perayaan wisuda bukan sekadar penerimaan gelar sarjana, melainkan sebuah momen emosional terhadap perjuangan yang telah dilewati.

Wisuda berarti juga perpisahan dengan teman-teman yang selama ini berjuang bersama dalam suka dan duka. Teman-teman kuliah terasa begitu dekat sehingga kesedihan tidak terbendung.

Perasaan tersebut bercampur dengan kekhawatiran yang timbul terhadap kehidupan di masa mendatang yang tidak pasti.

Namun, di satu sisi wisuda juga menghadirkan kebahagiaan karena merupakan momen final perjuangan akademis selama beberapa tahun berkuliah. Wisudawan juga terlepas dari tanggung jawab akademis.

Hal itu jamak dirasakan oleh wisudawan. Tak terkecuali wisudawan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Walau terhalang pandemi Covid-19, perayaan wisuda pada April 2021 di ITB tetap berjalan secara virtual.

Tampilan website yang menghadirkan informasi most visited wisudawan pada Perayaan Wisuda April 2021. DOK. ITB Tampilan website yang menghadirkan informasi most visited wisudawan pada Perayaan Wisuda April 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perayaan wisuda yang diadakan pun diharapkan dapat menumbuhkan nilai apresiasi yang berlandaskan empati, kolaborasi, dan integrasi kepada wisudawan.

Ketua Perayaan Wisuda April ITB 2021 Nabila Fathonah mengatakan, wisuda adalah sebuah perayaan yang tidak hanya mengapresiasi wisudawan, tapi juga mengapresiasi perjalanannya sebagai seorang anak, teman, cucu, kerabat, siswa, pendidik, mantan pacar, atau seorang mentor bagi banyak orang.

“Wisuda bagi saya adalah proses mengapresiasi mereka sebagai individu atas segala proses mendidik diri sendiri yang telah dijalani di jalurnya masing-masing,” ujar Nabila dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (17/5/2021).

Wisuda pun menjadi momentum pengingat atas bakti yang telah dilakukan dan bakti yang harus terus ditunaikan.

“Mengingat bahwa orang yang penuh dengan ilmu juga berarti harus siap mengosongkan diri untuk kembali ‘diisi’. A reminder that the light they have become, is now a cycle that lives in the hearts of many,” kata Nabila.

Ragam acara

Perayaan Wisuda April ITB 2021 memiliki berbagai kegiatan, seperti acara talk show dengan tajuk “Wisdom” yang disiarkan secara langsung melalui Instagram Live.

Penyelenggaraan talk show tersebut bertujuan untuk meningkatkan awareness serta wawasan umum massa kampus ITB mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan perkuliahan, baik akademis maupun nonakademis, serta membuka forum diskusi secara daring mengenai topik yang diangkat.

Setelah memfokuskan kegiatan kepada massa kampus ITB, Perayaan Wisuda April ITB 2021 juga menyelenggarakan acara Reflection Night yang merupakan kegiatan interaksi para wisudawan dengan alumnus ITB.

Tujuan acara tersebut adalah untuk meningkatkan wawasan wisudawan mengenai kehidupan setelah lulus dari ITB. Acara tersebut sekaligus menjadi wadah dalam mempersiapkan wisudawan menghadapi tantangan yang ada setelah lulus.

Sejumlah alumnus ITB ditunjuk sebagai narasumber di Reflection Night. Pada acara ini, mereka menceritakan pengalamannya menjalani kehidupan pascalulus dan memberikan tips serta saran bagi wisudawan.

Dokumentasi Charity Concert yang dilakukan pada 10 April 2021.DOK. ITB Dokumentasi Charity Concert yang dilakukan pada 10 April 2021.

Kegiatan amal

Tak hanya kegiatan untuk mengembangkan diri, Perayaan Wisuda April ITB 2021 juga diisi dengan konser virtual sebagai media untuk mengapresiasi purnastudi sekaligus media penggalangan dana.

Kegiatan Charity Concert tersebut diramaikan oleh Radja, Band TPB, Apres! ITB, Barter, Elwan, Musang, dan OSD HMT-ITB.

Acara tersebut pun telah disaksikan oleh sekitar 3.000 penonton pada kanal YouTube Parade Wisuda April ITB. Klik di sini untuk menyaksikan acara Charity Concert.

Selain itu, ada pula Charity Event yang merupakan kegiatan amal dan penyaluran dana sumbangan yang berasal dari hasil Charity Concert.

Charity Event dilakukan dengan mengunjungi Komunitas Tanpa Batas, yaitu komunitas yang fokus mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemenuhan hak anak jalanan serta kaum marginal dalam memperoleh pendidikan.

Dokumentasi Charity Event yang dihadiri oleh Komunitas Tanpa Batas. DOK. ITB Dokumentasi Charity Event yang dihadiri oleh Komunitas Tanpa Batas.

Sebagai informasi, ITB memang memiliki ciri khas tersendiri dalam mengakomodasi para wisudawan. Dari tahun ke tahun, terdapat tradisi arak-arakan yang merupakan kegiatan apresiasi kepada wisudawan.

Arak-arakan dilaksanakan saat nama wisudawan dipanggil satu per satu dan apresiasi dari himpunan mahasiswa jurusan. Ini dilakukan untuk mengapresiasi masing-masing wisudawan secara penuh.

Tahun ini, acara arak-arakan ditayangkan secara daring pada kanal YouTube Perayaan Wisuda April ITB 2021, Sabtu (10/4/2021). Acara tersebut telah disaksikan oleh 14.282 penonton. Acara arak-arakan dapat diakses pada tautan ini.

Dokumentasi Virtual Photoshoot wisudawan pada Perayaan Wisuda April 2021. DOK. ITB Dokumentasi Virtual Photoshoot wisudawan pada Perayaan Wisuda April 2021.

Setelah kegiatan arak-arakan, terdapat juga sesi Virtual Photoshoot untuk para wisudawan. Virtual Photoshoot Wisudawan bertujuan untuk mengabadikan momen wisuda.

Wisudawan dapat berfoto secara individu atau bersama keluarga. Hal ini diharapkan dapat mengobati rasa sedih wisudawan yang tidak dapat berfoto bersama keluarga ataupun rekan-rekannya di kampus ITB.

Dokumentasi arak-arakan wisudawan pada Perayaan Wisuda April 2021. DOK. ITB Dokumentasi arak-arakan wisudawan pada Perayaan Wisuda April 2021.

Pembeda

Satu hal yang membedakan Perayaan Wisuda April 2021 dengan penyelenggaraan wisuda sebelumnya adalah penerbitan majalah perayaan wisuda yang berjudul Mercusuar.

Majalah itu menjelaskan ragam kegiatan wisuda dan menghadirkan konten-konten entertainment yang memuat informasi tentang ITB, mulai dari rekomendasi kuliner sekitar Kampus Ganesha, spot favorit di ITB, hingga permainan menarik di sekitar kampus.

Majalah juga diisi dengan ragam konten edukasi sebagai bekal wisudawan setelah kelulusan. Misalnya, menghadirkan artikel tentang cara membangun profil LinkedIn yang baik serta tips dan trik melakukan wawancara kerja. Klik tautan berikut untuk dapat mengakses majalah Mercusuar.

Gather Town Perayaan Wisuda April 2021.DOK. ITB Gather Town Perayaan Wisuda April 2021.

Selain penerbitan majalah, hal unik lain dari Perayaan Wisuda April ITB 2021 adalah adanya website yang berisi profil lengkap wisudawan. Website tersebut menyediakan fitur kirim pesan atau komentar dan ragam konten apresiasi untuk wisudawan.

Pada website tersebut, massa kampus dapat membuat avatar melalui Avatar Maker untuk mengobati rasa rindu wisudawan terhadap kampus ITB.

Selain itu, terdapat juga Gather Town yang dapat menjadi wadah untuk para wisudawan bercengkerama, berkumpul, dan beramah-tamah secara virtual. Wisudawan dapat mengajak massa himpunan, teman, pacar, atau siapa pun yang ingin ditemuinya di Gather Town.

Terakhir, terdapat acara nonton bareng (nobar) yang terbuka bagi seluruh massa kampus. Nobar merupakan kegiatan menonton film bersama untuk memberikan sarana hiburan bagi massa kampus dan wisudawan.

Kegiatan itu dilakukan berkat kolaborasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa di ITB yang berkaitan dengan pembuatan film, seperti Liga Film Mahasiswa.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.