Advertorial

Fadil Jaidi Salurkan Donasi Rp 4 Miliar dari Galang Dana Kitabisa untuk Bangun Rumah Sakit Indonesia di Palestina

Kompas.com - 20/05/2021, 14:38 WIB
 Fadil Jaidi dan Kitabisa.com menyalurkan donasi senilai Rp 3 miliar melalui MUI untuk Palestina. Dok. Kitabisa.com Fadil Jaidi dan Kitabisa.com menyalurkan donasi senilai Rp 3 miliar melalui MUI untuk Palestina.

KOMPAS.com – Setelah berhasil mengumpulkan donasi dari masyarakat sebesar Rp 7,3 miliar dalam kurun waktu seminggu di Kitabisa.com, selebritas Instagram (selebgram) Fadil Jaidi mulai menyalurkan donasi untuk Palestina melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Penyaluran donasi tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat MUI, Jakarta Pusat, Rabu (19/5/2021).

Besaran donasi yang diberikan Fadil Jaidi dan Kitabisa.com melalui MUI sebesar Rp 3 miliar. Donasi itu diterima oleh Ketua MUI Abdullah Jaidi dan Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan.

Penyerahan donasi juga disaksikan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Kitabisa.com Alfatih Timur dan Ketua Umum MUI Pusat Miftachul Akhyar melalui platform Zoom.

Adapun donasi tersebut akan digunakan untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron, Palestina. Rumah sakit ini akan didirikan di atas tanah wakaf seluas 4.000 meter persegi.

Seperti diketahui, MUI melalui Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLNKI) terus mendorong program pembangunan rumah sakit tersebut sejak 2020.

Tak hanya pembangunan rumah sakit, donasi tersebut juga akan diperuntukkan bagi para pasien di wilayah Hebron yang membutuhkan bantuan pengobatan, khususnya untuk fisioterapi dan rehabilitasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Fadil dan Kitabisa.com dalam membantu saudara kita di Palestina. Ini masih langkah pertama, mudah-mudahan disusul dengan langkah-langkah yang lain,” ungkap Miftachul dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Ia juga berharap, donasi tersebut dapat menambah semangat ukhuwah islamiah bagi semua masyarakat.

Penyaluran donasi untuk Palestina melalui PMI senilai Rp 1 miliar.Dok. Kitabisa.com Penyaluran donasi untuk Palestina melalui PMI senilai Rp 1 miliar.

Pada hari yang sama, Fadil bersama Kitabisa.com juga menyalurkan donasi sebesar Rp 1 miliar melalui PMI di Markas Pusat PMI, Jakarta.

Donasi tersebut diterima oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dan didampingi oleh Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita, Sekjen PMI Sudirman Said, serta Alfatih Timur.

Untuk diketahui, sebagai lembaga medis kemanusiaan, PMI bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah (BSM) Palestina sebagai perhimpunan nasional di Palestina.

Kerja sama tersebut dimulai sejak konflik bersenjata yang dilakukan antara Israel dan Palestina menimbulkan banyak korban, terutama perempuan dan anak-anak.

Melalui BSM, PMI terus berkoordinasi untuk mengidentifikasi berbagai kebutuhan masyarakat di Palestina.

“Saat ini, obat-obatan serta bahan makanan adalah kebutuhan yang utama. Donasi ini akan segera disalurkan ke BSM Palestina sebagai jalur resmi bantuan ke sesama anggota Gerakan Internasional Palang Merah dan BSM,” ujar Jusuf Kalla.

Ia juga mengatakan bahwa kehadiran donasi tersebut sangat membantu banyak pihak untuk melewati konflik yang terjadi.

Sementara itu, Alfatih Timur mengatakan, pada penggalangan dana yang dilakukan Fadil melalui Kitabisa.com, ada 134.000 masyarakat Indonesia yang menunjukkan kepeduliannya untuk Palestina.

“Ini merupakan bukti nyata dukungan masyarakat Indonesia untuk konflik yang menimpa rakyat Palestina. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk menyampaikan amanah banyak orang ini ke lembaga-lembaga tepercaya seperti MUI dan PMI,” tambah Alfatih.

Sebagai inisiator galang dana untuk Palestina melaluikitabisa.com/indonesiabantupalestina, Fadil merasa harus segera bertindak setelah melihat berbagai pemberitaan tentang jemaah yang sedang shalat tarawih di Masjid Al-Aqsa diserang oleh Israel.

Karena pemberitaan tersebut, Fadil pun membuka penggalangan dana sebagai salah satu bentuk ikhtiar yang ia lakukan. Sejak Selasa (11/5/2021), penggalangan dana yang diinisiasi Fadil berhasil mengumpulkan Rp 1 miliar dalam kurun waktu 3 jam.

Fadil mengatakan, donasi tersebut merupakan amanah dari ratusan ribu masyarakat yang harus segera disampaikan.

“Sebab, MUI dan PMI adalah lembaga tepercaya untuk membantu menyalurkan donasi publik ini. Saya sendiri mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak, termasuk ratusan ribu donatur dan sobat gaib yang telah mendukung galang dana ini,” ujar Fadil.

Ia juga mengatakan, donasi yang telah diterima akan disalurkan secara bertahap melalui sejumlah lembaga tepercaya agar warga Palestina segera mendapatkan bantuan tersebut.