Advertorial

Jelang RUPST, KB Bukopin Akan Miliki CIO Baru

Kompas.com - 20/05/2021, 19:10 WIB
KB Bukopin. Dok. KB BukopinKB Bukopin.

 

KOMPAS.com – Chief Information Officer (CIO) atau Direktur Teknologi Informasi (TI) PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) Shin Eui-hyun mengundurkan diri terhitung 11 Mei 2021.

Hal itu tertuang dalam laporan keterbukaan informasi yang disampaikan KB Bukopin melalui laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Rabu (19/5/2021).

Corporate Secretary Meliawati mengatakan, pengunduran CIO KB Bukopin tersebut akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dijadwalkan pada 17 Juni 2021. Pengunduran ini juga tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, dan kelangsungan usaha KB Bukopin.

Sebagai informasi, Eui-hyun merupakan Team Leader Information Technology (IT) di KB Kookmin Bank yang dinominasikan menjadi Direktur TI KB Bukopin.

Usulan tersebut secara resmi disetujui oleh pemegang saham KB Bukopin dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 25 Agustus 2020.

Sejak itu, ia bertanggung jawab menjalankan program transformasi TI sehingga KB Bukopin dapat beradaptasi lebih cepat dengan penerapan yang sesuai standar KB Kookmin Bank.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, perbaikan TI menjadi salah satu proses utama dalam transformasi yang dicanangkan KB Bukopin sejak September 2020.

“Pengembangan TI menjadi salah satu fokus kami dan KB Kookmin Bank. Beberapa tim KB Pusat terus mendampingi CIO dan Group TI sejak September 2020,” ujar Meliawati dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (19/5/2021).

Sementara itu, President Director KB Bukopin Rivan Purwantono menghargai keputusan pengunduran diri Eui-hyun yang akan kembali ke Korea. Ia juga mengapresiasi kontribusi Eui-hyun kepada KB Bukopin.

“Kami mengapresiasi kontribusi Eui-hyun terhadap berbagai perbaikan TI di KB Bukopin hingga saat ini. Kami pastikan bahwa pengunduran diri itu tidak memengaruhi operasional KB Bukopin, termasuk proses transformasi TI yang akan tetap berlanjut sesuai roadmap transformasi,” jelas Rivan.

Oleh sebab itu, kata dia, berbagai perbaikan dan peningkatan layanan tetap dilanjutkan. Beberapa di antaranya bahkan sudah tercapai, seperti tabungan digital Wokee, KB Bukopin Mobile Banking, dan peluncuran aplikasi QRIS KB Bukopin.

Sementara itu, Rivan juga mengingatkan bahwa perubahan susunan pengurus pada perusahaan terbuka adalah hal yang wajar.

“RUPST yang kami rencanakan 17 Juni mendatang akan memutuskan beberapa agenda, termasuk pengajuan nominasi direksi baru untuk menggantikan Eui-hyun oleh KB Kookmin Bank selaku Pemegang Saham Pengendali KB Bukopin,” jelas Rivan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.