Advertorial

Tingkatkan Imunitas Tubuh, Simak 5 Tips Berikut

Kompas.com - 21/05/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com – Imunitas atau daya tahan tubuh merupakan sistem pertahanan yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme dan kuman penyebab penyakit. Jika sistem imun melemah, tubuh pun akan lebih mudah terserang penyakit.

Karenanya, menjaga dan meningkatkan imunitas perlu dilakukan agar tubuh dapat menangkal berbagai macam penyakit, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Nah, lima cara berikut bisa diterapkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Simak ulasan lengkapnya.

  1. Hindari stres

Salah satu faktor yang dapat melemahkan sistem imun tubuh adalah stres. Stres berasal dari pikiran yang tidak dapat dikontrol.

Semakin tinggi tingkat stres seseorang, maka semakin sedikit antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh.

Tekanan stres juga dapat mengakibatkan penurunan sejumlah zat kimia dalam tubuh, seperti hormon adrenalin dan kortisol. Penurunan kadar kedua zat ini dapat menekan dan merusak sistem imun tubuh.

Untuk itu, ketika kamu sudah mulai merasa tidak dapat mengendalikan pikiran secara jernih, ada baiknya untuk rehat sejenak dan lakukan hal-hal yang kamu sukai.

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi sayur dan buah dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu organ tubuh berfungsi dengan baik.

Tidak hanya itu, sayur dan buah juga dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain sayur dan buah, kamu juga bisa mengonsumsi rempah-rempah, seperti cengkih, jahe, dan jintan.

Pasalnya, rempah-rempah tersebut mengandung antivirus dan antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

  1. Olahraga teratur

Tubuh yang biasa berolahraga akan memiliki sistem imun yang lebih kuat. Pasalnya, berolahraga secara teratur dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh beregenerasi secara berkala.

Selain itu, olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Umumnya, olahraga dapat dilakukan selama 30 menit setiap hari dengan frekuensi 3-4 kali dalam seminggu.

Beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan adalah home workout, joging, bersepeda, dan lari.

  1. Istirahat yang cukup

Pada saat tidur, tubuh melakukan regenerasi dan penyembuhan sistem imun tubuh. 

Oleh karena itu, tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk mempertahankan imunitas tubuh.

Sebagai informasi, waktu tidur yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 6-7 jam, remaja 8-10 jam, dan anak-anak 14 jam.

  1. Mengikuti program sehat Realfood

Selain beberapa upaya tersebut, kamu juga bisa mengikuti program Stay Fit 12 hari yang diadakan oleh Realfood.

Untuk diketahui, Realfood merupakan program sehat dengan kandungan sarang burung walet pertama di Indonesia yang dikemas secara steril dan praktis.

Sebagai salah satu pengobatan tradisional China, air liur sarang burung walet mengandung asam amino yang bermanfaat untuk meregenerasi sel sekaligus mempercepat penyembuhan.

Tak hanya sarang burung walet, Realfood juga mengombinasikan berbagai kandungan untuk memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Proses produksi Realfood juga sudah mengikuti standar ISO 22000, bersertifikasi halal, dan telah memiliki izin dari lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Program sehat Realfood perlu diikuti selama 12 hari agar formulanya bekerja secara maksimal.

Pada enam hari pertama, program sehat Realfood berfokus pada detoksifikasi atau membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Kemudian, pada enam hari kedua, tubuh akan mulai menyesuaikan dan menyerap zat-zat aktif yang terkandung dalam formula Fit with Realfood.

Setelah program tersebut selesai, sebaiknya kamu tetap mengonsumsi Realfood secara teratur agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa memperoleh informasi lengkap, termasuk harga Realfood dan paket Stay Fit 12 Days, melalui official store Realfood di Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.