Advertorial

4 Tips Cerdas Mengelola Keuangan setelah Lebaran

Kompas.com - 24/05/2021, 10:17 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang sedang menghitung pengeluaran. DOK. ShutterstockIlustrasi seorang wanita yang sedang menghitung pengeluaran.

KOMPAS.com – Idul Fitri atau Lebaran baru saja berlalu. Hari raya umat Islam ini biasanya menjadi momen berkumpul bersama keluarga.

Menyambut hari raya tersebut, banyak orang menyediakan anggaran khusus, baik untuk membeli peralatan ibadah, hamper, pakaian, uang untuk bagi-bagi amplop salam tempel, maupun berbagai kebutuhan lainnya. Karenanya, orang mengerem pengeluaran usai Lebaran karena khawatir menjadi boros.

Meski demikian, aktivitas sehari-hari kembali berjalan normal usai Lebaran. Pengeluaran harian untuk kebutuhan hidup juga akan tetap muncul. Lantas, bagaimana cara supaya keuangan dapat tertata kembali dan belanja kebutuhan tidak tertunda? 

Berikut tips mengelola finansial usai Lebaran supaya Anda tetap bisa berbelanja berbagai kebutuhan.

  1. Periksa kembali rencana keuangan

Selama Lebaran, banyak orang longgar dalam membuat keputusan mengeluarkan uang. Misalnya, kurang mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan dalam membeli demi menyemarakkan momen Lebaran. Imbasnya, pos pengeluaran membeludak.

Karena itu, usai Lebaran, Anda harus memeriksa kembali rencana keuangan Anda. Kemudian, lakukan pengetatan pada pos pengeluaran Anda. Utamakan alokasi uang untuk berbelanja barang kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok.

Setelah itu, kembali buat alokasi uang untuk tabungan dan investasi. Dengan begitu, keuangan perlahan akan kembali tertata.

Bila pengelolaan keuangan dilakukan dengan baik, Anda tak akan khawatir dengan pengeluaran untuk belanja dadakan maupun kebutuhan darurat lainnya. 

  1. Prioritaskan kebutuhan penting

Agar upaya berhemat berjalan maksimal, Anda perlu membuat skala prioritas terhadap barang-barang yang hendak dibeli.

Pertama, penuhi dulu kebutuhan, seperti sembako, tagihan dan cicilan bulanan, serta keperluan rumah tangga.

Kemudian, siapkan juga perlengkapan kesehatan, seperti masker, vitamin, obat-obatan. Kebutuhan ini sangat diperlukan di tengah pandemi Covid-19.

Setelah kebutuhan primer tersebut telah terpenuhi, Anda baru bisa membelanjakan uang untuk kebutuhan yang memiliki tingkat urgensi rendah, seperti pakaian atau barang-barang hobi.

Namun, jika finansial selepas Lebaran memang terlalu besar dan membebani cash flow, sebaiknya Anda menunda membeli kebutuhan dengan urgensi rendah hingga keuangan tertata kembali.

Selain itu, Anda harus mengurangi pengeluaran tidak penting yang berpotensi membebani keuangan Anda. Misalnya, membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan untuk sekadar mengikuti tren kekinian.

  1. Pertimbangkan pemasukan tambahan

Untuk kembali mengisi pundi-pundi uang, tak ada salahnya Anda memanfaatkan waktu luang dan keterampilan di luar profesi yang ditekuni untuk mencari pemasukan tambahan.

Anda bisa menjajakan jasa freelance. Misalnya saja, Anda yang punya bakat menulis bisa menjadi penulis lepas untuk mencari penghasilan sampingan.

Jika memiliki bakat berjualan, Anda bisa membuka toko online. Keduanya merupakan cara menghasilkan pemasukan tambahan yang populer dan digandrungi milenial saat ini.

  1. Manfaatkan promo e-commerce setiap belanja

Kunci untuk kembali menata keuangan usai hari raya adalah cermat mengelola keuangan dan berhemat. Oleh sebab itu, saat akan berbelanja barang kebutuhan, pilih opsi paling hemat.

Anda bisa membeli barang di e-commerce yang menyediakan banyak promo supaya lebih hemat. Aktivitas berbelanja di akhir bulan pun tak akan memberatkan.

Salah satu e-commerce yang menawarkan diskon dan promo menarik setiap bulan adalah Tokopedia. E-commerce ini memiliki promo bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang digelar setiap tanggal 25 sampai akhir bulan.

Melalui promo WIB, Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik, seperti Kejar Diskon, Bebas Ongkir Sepuasnya, dan Cashback Spesial. Sepanjang periode ini, Anda bisa mengikuti pesta promo dari berbagai kategori yang sayang untuk dilewatkan.

Selain promo menarik, Anda juga tak boleh melewatkan acara WIB TV Show yang akan tayang di Net TV, RCTI, Indosiar, GoPlay, dan saluran YouTube Tokopedia mulai pukul 19.30 sampai 21.00 WIB, Selasa (25/5/2021).

Acara tersebut menghadirkan bintang-bintang papan atas Tanah Air, seperti Dewa 19 dan Ari Lasso, Raisa, Weird Genius dan Prince Husein, dan Maliq & D'Essentials. WIB TV Show akan dipandu oleh Deddy Corbuzier dan Enzy Storia.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan promo WIB sekaligus menyaksikan keseruan WIB TV Show di Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.