Advertorial

Biar Aman dan Terjamin, Ini 5 Tips Belanja Makanan dan Minuman lewat Online

Kompas.com - 25/05/2021, 20:53 WIB

KOMPAS.com - Hadirnya beragam situs e-commerce di Indonesia memberikan keuntungan bagi konsumen. Berkat hal tersebut, konsumen bisa membeli berbagai macam produk yang dibutuhkan secara online dengan harga yang kompetitif. Bahkan tak jarang, mereka berpeluang mendapatkan banyak promo.

Kategori produk yang dijual di e-commerce pun sangat beragam, mulai dari peralatan elektronik, pakaian, gadget, sembako, sampai makanan dan minuman.

Selain nyaman dan praktis, berbelanja melalui e-commerce juga turut mendukung upaya pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial dan jarak di tengah pandemi Covid-19.

Di balik keuntungan yang bisa didapat konsumen, ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam berbelanja secara online, terutama jika barang yang ingin dibeli adalah makanan dan minuman.

Pasalnya, produk tersebut akan dikonsumsi oleh tubuh sehingga berpengaruh terhadap kesehatan pembeli. Tak hanya itu, makanan dan minuman memiliki masa kadaluwarsa yang lebih singkat dibandingkan jenis produk lain.

Supaya mendapatkan produk makanan dan minuman berkualitas, berikut beberapa tips membeli makanan dan minuman secara online.

  1. Pilih e-commerce tepercaya

Sebagian besar e-commerce yang ada saat ini menyediakan makanan dan minuman dalam kategori produk mereka. Kamu bisa memilih e-commerce yang menyediakan ragam makanan dan minuman lengkap sesuai kebutuhan.

Bila baru pertama kali berbelanja makanan dan minuman secara online, sebaiknya kamu memilih platform e-commerce yang tepercaya dan sudah memiliki reputasi baik di mata konsumen.

Jangan ragu untuk meminta rekomendasi toko bereputasi baik kepada teman yang sering berbelanja di e-commerce.

Contohnya saja, Tokopedia. Di e-commerce ini, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis makanan dan minuman, baik yang siap olah maupun siap santap.

  1. Periksa informasi produk dari kemasan

Membeli produk secara online membutuhkan kecermatan untuk memperhatikan kemasan dan membaca deskripsi produk, termasuk komposisi kandungan makanan dan minuman. Tujuannya, agar kamu bisa mengetahui kandungan gizi di dalam produk tersebut.

Toko yang tepercaya dan punya reputasi bagus biasanya kerap menuliskan komposisi makanan dan minuman, berat produk, varian rasa, isi atau volume, serta tanggal kedaluwarsa dalam kotak deskripsi produk.

Bila kemasan susah terbaca, jangan sungkan bertanya kepada penjual. Manfaatkan fitur chat yang ada di platform e-commerce untuk berinteraksi dengan penjual.

Ingat, ketelitian membaca kemasan produk makanan dan minuman dapat menghindarkan kamu dari salah membeli produk.

  1. Pastikan keamanan kemasan

Setelah menemukan produk yang hendak dibeli, kamu harus mengetahui bahan yang digunakan untuk membungkus makanan yang dipesan.

Dengan mengetahui jenis kemasan pembungkus, kamu jadi tahu jaminan keamanan dan kebersihan makanan dan minuman yang dibeli.

Ada berbagai jenis bahan yang digunakan untuk pengemasan makanan, mulai dari aluminium foil, vacuum bag, nitrogen flushing, dan paper tube.

Selain itu, kamu juga dapat menanyakan bagaimana produk tersebut dibungkus untuk pengiriman supaya kualitasnya tetap baik saat sampai di tempat kamu.

  1. Pemilihan ekspedisi

Pengantaran makanan dan minuman harus dilakukan secara hati-hati supaya tidak rusak. Terlebih, bila makanan yang dipesan merupakan makanan basah atau berkuah.

Supaya makanan dan minuman dapat lekas dinikmati, kamu bisa memilih pengiriman paket tercepat atau mencari penjual yang dekat dengan kediaman.

Misalnya saja membeli makanan dan minuman di Tokopedia, kamu bisa cek penjual terdekat dari kediamanmu. Lalu, pilih pengiriman menggunakan GoSend Same Day Delivery.

  1. Manfaatkan promo

Salah satu kelebihan berbelanja secara online melalui e-commerce adalah maraknya promo yang ditawarkan. Berbagai promo yang ditawarkan e-commerce, di antaranya adalah cashback, potongan harga, dan bebas biaya pengiriman.

Salah satu e-commerce yang menawarkan sejumlah promo pembelian makanan dan minuman adalah Tokopedia. Melalui e-commerce ini, kamu bisa mendapatkan berbagai produk makanan dan minuman lengkap sesuai kategori dan kebutuhan.

Mengingat Tokopedia baru saja merger dengan Gojek menjadi GoTo, kamu juga bisa mendapatkan promo menarik bila membeli makanan dan minuman di Tokopedia dengan menggunakan layanan Gojek, seperti GoFood, GoSend, GoPay, dan GoPay PayLater

Program Gojek x Tokopedia: Kolaborasi Anak Bangsa menawarkan berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. DOK. Tokopedia Program Gojek x Tokopedia: Kolaborasi Anak Bangsa menawarkan berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Adapun program bertajuk Gojek x Tokopedia: Kolaborasi Anak Bangsa itu menawarkan berbagai promo menarik, seperti diskon GoFood hingga 75 persen, gratis ongkos kirim (ongkir), dan potongan ongkir Rp 20.000 dengan menggunakan GoSend.

Selain itu, kamu juga bisa berlangganan GoFood Plus dengan hanya membayar Rp 1. Promo tersebut berlangsung dari 25-31 Mei 2021.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ikuti kejutan spesial dari Tokopedia dan Gojek dan nikmati berbagai promo menarik selama masih ada kesempatan. 

Jangan lupa pula nantikan kehadiran layanan GoPay PayLater di aplikasi Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com