Advertorial

Takut Menyesal Membeli Baju secara Online? Simak Tips Berikut

Kompas.com - 25/05/2021, 20:58 WIB
Ilustrasi menerima paket pakaian. iStock/monkeybusinessimagesIlustrasi menerima paket pakaian.

KOMPAS.com – Saat ini, berbagai macam kebutuhan dapat dibeli secara online, termasuk produk fesyen.

Belanja produk fesyen di platform online pun semakin digemari karena memiliki sejumlah kelebihan, seperti variasi produk yang lengkap, promo menarik, dan kemudahan berbelanja.

Selain itu, belanja fesyen secara online juga relatif lebih aman di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, pembeli tidak perlu repot ke luar rumah sehingga risiko terpapar virus corona dapat diminimalisasi.

Meski demikian, belanja pakaian secara online memiliki risiko tersendiri. Terkadang, barang yang dipesan tidak sesuai dengan keinginan, misalnya ukuran tidak pas atau warna asli berbeda dengan gambar.

Tantangan lainnya, seller kurang responsif melayani pembeli dan pengiriman barang yang lambat.

Untuk menghindari hal tersebut, simak tips berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Ketahui ukuran dan bentuk tubuh

Sebelum membeli pakaian secara online, pastikan kamu telah mengetahui ukuran dan bentuk tubuh kamu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengukur menggunakan meteran kain atau melihat ukuran pakaian yang telah kamu gunakan sebelumnya.

Hal tersebut bisa membantu untuk menentukan ukuran serta model baju yang cocok ketika hendak belanja online.

Sama halnya jika ingin berbelanja alas kaki secara online. Kamu bisa mengukur kaki terlebih dahulu atau menggunakan ukuran sepatu yang dimiliki sebagai patokan.

  1. Baca deskripsi dengan teliti

Pada setiap produk yang dijual di toko online, biasanya penjual mencantumkan deskripsi serta syarat dan ketentuan pembelian produk secara lengkap.

Keterangan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan sebelum membeli produk fesyen di toko yang kamu inginkan.

Tidak hanya itu, dengan membaca deskripsi secara teliti, kamu juga dapat terhindar dari kekecewaan pada saat barang datang.

  1. Lihat ulasan dari pembeli

Selain membaca deskripsi produk secara teliti, kamu bisa melihat ulasan dari pembeli lain sebelum memutuskan untuk belanja online di toko tertentu.

Melalui testimoni pelanggan, kamu bisa memperhatikan rating yang diberikan serta ulasan detail dari produk yang akan dibeli.

Bila pelanggan memberi testimoni positif, berarti toko online tersebut punya reputasi baik dan dapat dipercaya. Selain itu, testimoni positif menandakan bahwa seller memberikan produk dan pelayanan yang bagus.

Begitupun sebaliknya, jika toko online tersebut memiliki rating di bawah rata-rata dan memiliki ulasan yang cukup buruk, lebih baik urungkan niat untuk berbelanja di toko itu.

  1. Cek kembali sebelum membayar

Langkah selanjutnya adalah meneliti kembali pesanan yang hendak kamu beli sebelum membayar.

Hal tersebut untuk meminimalisasi kesalahan dalam memilih produk fesyen yang hendak kamu beli.

Pasalnya, ketika sudah membayar dan terjadi kesalahan dalam memilih produk, kamu perlu membatalkan pesanan, menunggu seller menyetujui pembatalan pesanan, dan mengulangi proses dari awal.

  1. Berbelanja melalui marketplace

Salah satu cara menghindari kekecewaan ketika hendak berbelanja produk fesyen secara online adalah dengan berbelanja di marketplace tepercaya, seperti Tokopedia.

Melalui Tokopedia, kamu dapat dengan mudah melihat ulasan, rating, tingkat responsif penjual dalam menanggapi chat pembeli, dan perbandingan harga yang ditawarkan berbagai seller.

Tidak hanya itu, melalui marketplace Tokopedia, kamu juga bisa memilih berbagai metode pembayaran yang diinginkan.

Selain menawarkan berbagai kemudahan berbelanja produk fesyen secara online, saat ini Tokopedia juga sudah secara resmi melakukan merger dengan salah satu perusahaan teknologi di Indonesia, yaitu Gojek.

Untuk merayakan kolaborasi tersebut, Tokopedia dan Gojek mengadakan promo bertajuk “Kolaborasi Anak Bangsa”.

Tokopedia dan Gojek menghadirkan ?Kolaborasi Anak Bangsa?.Dok. Tokopedia Tokopedia dan Gojek menghadirkan ?Kolaborasi Anak Bangsa?.

Melalui promo tersebut, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan berupa penawaran menarik untuk belanja produk fesyen maupun nonfesyen secara online.

Salah satu promo yang ditawarkan adalah diskon GoFood hingga 75 persen yang bisa kamu gunakan saat melakukan transaksi makanan. Ada pula promo GoSend dengan diskon ongkos kirim (ongkir) hingga Rp 20.000 yang bisa kamu manfaatkan ketika berbelanja online.

Tak hanya itu, pilihan pembayaran melalui GoPay dan GoPay PayLater juga akan segera hadir pada aplikasi marketplace Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.