Advertorial

Punya Tata Kelola yang Baik, Baznas Raih Penghargaan Internasional

Kompas.com - 26/05/2021, 10:19 WIB

KOMPAS.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meraih dua penghargaan berskala internasional dari Cambridge International FinancialAdvisory (IFA).

Baznas menerima penghargaan pada kategori Global Good Governance (3G) Humanitarian Award dan 3G SDGs Champion Award 2021. Kedua penghargaan tersebut diterima secara virtual oleh Baznas, Selasa (25/5/2021).


Baznas memenangkan kategori 3G Humanitarian Award 2021 karena dinilai berkomitmen menjalankan program-program yang berupaya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat kurang mampu. Selain itu, program-program Baznas juga menginspirasi banyak orang untuk ikut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara kategori 3G SDGs Champion Award 2021 diraih karena melalui program-programnya, Baznas dianggap berhasil mewujudkan tujuan pembangunan global yang berkelanjutan.

Wakil Ketua Baznas Mo Mahdum dan Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta, menyampaikan rasa syukur atas diberikannya penghargaan tersebut.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada Cambridge IFA atas kehormatan ini. Meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, Baznas terus berusaha untuk menyejahterakan masyarakat melalui berbagai program,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (26/5/2021).

Baznas, lanjut Mahdum, akan terus melanjutkan upaya meningkatkan kualitas hidup mustahik di Indonesia.

“Ini pertama kalinya Baznas memenangkan penghargaan di kategori 3G Humanitarian Award. Kami mengapresiasi para muzaki yang sudah memercayakan amanahnya ke Baznas. Kepercayaan ini memotivasi kami untuk memberi yang terbaik bagi mustahik,” kata Mo Mahdum.

Tak hanya itu, ia pun mengatakan bahwa penghargaan ini sekaligus menjadi apresiasi bagi jajaran direksi, sekretaris, staf, amil dan amilat Baznas. Selain itu, Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup orang-orang kurang beruntung melalui pengelolaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan.

“Kontribusi zakat dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan umat sangatlah besar. Maka dari itu, kami berharap penghargaan ini mampu memacu semangat Baznas dalam menjalankan program-programnya sehingga mewujudkan Baznas yang kuat dan modern. Semoga syiar zakat ini semakin meluas hingga masyarakat dunia,” ujarnya.

Dalam lima tahun terakhir, sederet penghargaan baik skala nasional maupun internasional telah berhasil diraih Baznas atas perjuangan dan komitmen dalam gerakan di dunia zakat.

Pada 2020, Baznas memperoleh penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas Kontribusi Dalam Penanggulangan Bencana, Global Good Governance SDGs Champion Award 2020 dari Cambridge IFA, dan penghargaan kategori Lembaga Zakat dengan Fundraising Digital Terbaik dalam ajang Indonesia Fundraising Award 2020.

Pada April 2021, Baznas juga meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Top CSR Awards 2021. Penghargaan tersebut diraih dari kategori Top CSR Award 2021 sebagai Mitra Pengelola CSR - Star 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2021.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com