Advertorial

Transaksi Gratis Pakai ATM Himbara, Bisa Kok

Kompas.com - 26/05/2021, 17:28 WIB
Ilustrasi masyarakat bertransaksi di ATM BNI Dok. Humas BNIIlustrasi masyarakat bertransaksi di ATM BNI

KOMPAS.com - Jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) yang disiapkan oleh Himpunan Bank Milik (Himbara) bisa dipakai bertransaksi gratis. Kemudahan yang ditawarkan juga semakin lengkap karena jumlah ATM milik empat bank plat merah tersebut mencapai lebih dari 45.000 unit di seluruh Indonesia.

Cara bertransaksi gratis di ATM Himbara dijelaskan oleh Corporate Secretary BNI, Mucharom.

“Sebagai contoh, saya pegang Kartu Debit BNI. Kemudian, saya cek saldo dan tarik tunai, bahkan transfer sesama BNI di ATM BNI atau ATM Link yang berlogo BNI itu tidak dipungut biaya sedikitpun atau gratis,” ujar Mucharom dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (26/5/2021).

Meski demikian, Mucharom menuturkan, nasabah BNI yang bertransaksi di ATM Link dengan logo selain BNI tetap dibebankan biaya.

Beralih ke mobile banking

Himbara juga mendukung protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 dengan mengarahkan nasabah agar lebih sering memanfaatkan mobile banking untuk bertransaksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, nasabah tidak harus keluar rumah seperti ke ATM atau kantor cabang untuk melakukan transaksi perbankan.

"Ada nasabah BNI yang sehari mengecek saldo sampai 5 bahkan 10 kali sehari di ATM Link dengan logo selain BNI. Itu bikin antrean, membuat nasabah lain tidak nyaman. Apalagi, di tengah pandemi ini jadi rentan terpapar virus saat dalam perjalanan," tambah Mucharom.

Sebagai informasi, cek saldo dan tarik tunai di ATM Link logo bank lain dikenakan biaya mulai Juni 2021.

Adapun nominal biaya Rp 2.500 untuk pengecekan saldo dan Rp 4.000 untuk tarik tunai.

Himbara berharap, nasabah dapat beralih menggunakan mobile banking untuk transaksi perbankan karena lebih hemat, cepat, dan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Himbara akan terus memberikan pelayanan terbaik dan menetapkan tarif yang menarik sehingga tetap kompetitif di industri perbankan. Pihak Himbara juga berharap dapat meraih kepercayaan nasabah dalam jangka panjang.

"Kalau bank lain lebih mahal, saya pikir nasabah akan tetap loyal di Himbara. Sebagai informasi, biaya transaksi di ATM Himbara atau ATM Link masih lebih rendah dari pada biaya transaksi di ATM non-Link. Untuk cek saldo di jaringan non-Link sebesar Rp 4.000. Untuk tarik tunai Rp 7.500 dan transfer Rp 6.500" lanjut Mucharom.

Perlu diketahui, mobile banking milik Himbara memiliki kapabilitas fitur yang beragam untuk melayani transaksi perbankan tanpa harus ke kantor cabang bank.

Inovasi juga terus dihadirkan pada masing-masing mobile banking dalam memenuhi kebutuhan transaksi nasabah. Pada aplikasi Mobile Banking Himbara, nasabah dapat menggunakan layanan transaksi tanpa dikenakan biaya alias gratis, mulai dari cek saldo, transfer sesama bank, bayar kartu kredit sesama bank, membayar Infaq, Qurban, Wakaf, Zakat, bayar iuran BPJS, pencairan deposito, Top up reksadana, bayar pajak; bayar biaya pendidikan, dan top up saldo LinkAja.

Himbara juga berupaya mendorong masyarakat untuk bertransaksi cashless, salah satunya dengan menghadirkan fitur quick response code Indonesian standard (QRIS) yang disematkan pada Mobile Banking Himbara.

Saat ini, belum semua Mobile Banking Himbara memiliki fitur QRIS. Namun, secara perlahan masing-masing Himbara masih dalam proses pengembangan fitur QRIS pada aplikasi mobile banking-nya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.