Advertorial

Himbara Sepakat Tunda Penyesuaian Biaya Transaksi Melalui ATM Link

Kompas.com - 01/06/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi mesin ATM. ThinkstockIlustrasi mesin ATM.

KOMPAS.com – Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat menunda implementasi penyesuaian biaya transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Merah Putih atau ATM Link.

Sebelumnya, Himbara dan Jalin sempat mengumumkan akan menerapkan tarif Rp 5.000 bagi nasabah yang melakukan transaksi tarik tunai dan Rp 2.500 untuk transaksi cek saldo melalui ATM Link. Penerapan tarif tersebut direncakanan dimulai pada 1 Juni 2021.

Adapun penjadwalan kembali penerapan tarif tersebut dilakukan untuk memperpanjang waktu sosialisasi. 

Wakil Direktur Utama Bank Negara Indonesia (BNI) Adi Sulistyowati mengatakan, meski nantinya nasabah Himbara tetap dapat melakukan transaksi secara gratis di ATM Merah Putih. Syaratnya, mesin ATM yang digunakan adalah milik bank penerbit kartu.

“Misalnya, pemilik kartu ATM BNI tidak akan dikenakan biaya jika bertransaksi di ATM Link BNI,” kata Adi dalam keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Nasabah Himbara, lanjutnya, juga bisa melakukan pengecekan saldo dengan gratis dan lebih praktis melalui layanan mobile banking.

Adi mengatakan, penerapan tarif sebenarnya diberlakukan untuk memastikan layanan ATM Link menjadi lebih baik. BNI, BRI, Mandiri, dan BTN yang bergabung dalam layanan ATM Link akan memastikan jaringan ATM yang lebih luas hingga menjangkau area terpencil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan dukungan 45.000 ATM, Himbara dan Jalin berkomitmen untuk mendukung inklusi dan literasi keuangan.

Ia juga menyampaikan, tarif untuk cek saldo dan tarik tunai di ATM Link nantinya tetap lebih murah dibandingkan jaringan ATM lain.

“Khusus untuk nasabah penerima bansos, cek saldo dan tarik tunai di ATM Link tidak akan dikenakan biaya sama sekali,” ujarnya.

Tak hanya meningkatkan kualitas layanan dan memperluas jangkauan, penyesuaian tarif transaksi di ATM Link diharapkan juga dapat menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah.

Himbara juga memberi pilihan bagi nasabah untuk bertransaksi secara nontunai (cashless) dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan dengan praktis lewat berbagai channel digital yang tersedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.