Advertorial

Asuransi Sompo Catatkan Kinerja Finansial Stabil dengan Laba Berkelanjutan di Tengah Pandemi

Kompas.com - 01/06/2021, 20:06 WIB

KOMPAS.com – PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) mencatatkan kinerja keuangan yang stabil di tengah pandemi Covid-19 pada 2020.

Lewat laporan keuangan yang dirilis Senin (31/5/2021), Asuransi Sompo melaporkan bahwa perusahaan berhasil mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 17 persen sepanjang 2020 dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, rasio solvabilitas atau risk-based capital (RBC) Asuransi Sompo per Desember 2020 mencapai 211 persen (teraudit). Pencapaian tersebut jauh di atas angka yang diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni 120 persen. Kinerja positif ini terus mengalami peningkatan hingga kuartal I 2021.

Pertumbuhan kinerja positif Asuransi Sompo sepanjang 2020 ditopang unit bisnis korporasi yang telah kokoh berdiri selama 46 tahun di Indonesia.

Sementara itu, pendapatan premi bruto (gross written premium) pada 2020 turun dibandingkan tahun sebelumnya. Penurunan pendapatan premi bruto diakibatkan oleh dampak pandemi terhadap industri ritel dan kenaikan pembayaran klaim pada 2020 sebesar 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Walau demikian, Asuransi Sompo tetap bisa mempertahankan kinerja positif melalui kenaikan pendapatan dari produk asuransi (underwriting result), pendapatan investasi, dan kontribusi produk syariah.

CEO PT Sompo Insurance Indonesia Eric Nemitz menjelaskan, salah satu produk asuransi dan layanan ritel unggulan Asuransi Sompo adalah asuransi mobil. Produk ini mengalami pertumbuhan positif karena dipengaruhi oleh kondisi industri otomotif di Indonesia selama masa pandemi.

Eric menambahkan, pihaknya terus berupaya memperkokoh bisnis melalui unit bisnis dan diversifikasi portofolio produk. Hal itu dilakukan sembari memastikan nasabah bisa mendapatkan layanan secara mudah dan cepat.

“Untuk 2021, kami melihat adanya perbaikan ekonomi yang tentunya banyak dipengaruhi oleh stimulus dari pemerintah, serta relaksasi pajak,” ujar Eric dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (31/5/2021).

Aplikasi Sompo Go! memudahkan nasabah menikmati jasa dan layanan Asuransi Sompo.DOK. Asuransi Sompo Aplikasi Sompo Go! memudahkan nasabah menikmati jasa dan layanan Asuransi Sompo.

Dengan pengalaman selama 46 tahun di Indonesia dan lebih dari 130 tahun di Jepang, Asuransi Sompo konsisten melakukan berbagai terobosan guna memperkokoh strategi bisnis, meningkatkan kualitas pelayanan, serta memastikan calon nasabah bisa mendapatkan penawaran produk asuransi dengan harga yang kompetitif dan manfaat yang lebih banyak.

Tak heran, berbagai terobosan yang dilakukan sejak tahun lalu hingga awal tahun ini menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Ada tiga terobosan yang diluncurkan Asuransi Sompo. Pertama, peluncuran aplikasi digital “Sompo Go!” yang membantu mempercepat pelayanan agen pada nasabah.

Kedua, layanan “Bengkel On The Spot” untuk penggantian suku cadang mobil langsung di tempat tanpa perlu ke bengkel. Ketiga, penggunaan WhatsApp serta survei video untuk pengalaman nasabah yang lebih nyaman, mudah, dan cepat.

Dengan berbagai inovasi tersebut, Asuransi Sompo menargetkan pertumbuhan yang berkesinambungan selama 2021 dan dapat meningkatkan kesejahteraan nasabah.

Catatan 2021

Selama kuartal I 2021, rasio solvabilitas perusahaan berhasil mencapai 237 persen (tidak teraudit). Pencapaian itu menunjukkan bahwa Asuransi Sompo memiliki landasan finansial yang kokoh untuk dapat memenuhi kewajiban pada nasabah.

Asuransi Sompo juga mencatat pertumbuhan premi bruto sebesar 19 persen (tidak teraudit) dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Kinerja positif tersebut juga didorong oleh kepercayaan dari nasabah pada layanan dan perlindungan terhadap berbagai risiko.

Adapun pertanggungan risiko yang dimiliki Asuransi Sompo meliputi bidang properti, kendaraan bermotor, pengiriman kargo, mekanikal, kesehatan, kecelakaan pribadi, perjalanan, kredit perdagangan, kewajiban bisnis, dan lain sebagainya.

Dengan penawaran produk yang beragam, pelayanan yang cepat dan mudah, serta solusi komprehensif, Asuransi Sompo percaya diri mampu memenuhi kebutuhan pribadi dan bisnis nasabahnya dari berbagai skala.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com