Advertorial

Layanan 5G Resmi Mengudara, Ini 4 Kriteria Smartphone untuk Menikmati Jaringan Internet Supercepat

Kompas.com - 04/06/2021, 14:14 WIB
Ilustrasi jaringan 5G Dok. SHUTTERSTOCKIlustrasi jaringan 5G

KOMPAS.com – Salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia resmi meluncurkan layanan jaringan 5G, Kamis (27/5/2021).

Jaringan 5G merupakan teknologi seluler nirkabel generasi kelima yang menggantikan 4G sebagai jaringan utama perusahaan seluler dan produsen telepon.

Perlu diketahui, pada jaringan 5G, pengguna dapat menikmati akses internet dengan kecepatan hingga 1 gigabyte per second (Gbps). Jaringan ini juga sudah dilengkapi teknologi beamforming dan MIMO masif untuk mengirimkan sinyal nirkabel dengan gangguan yang lebih sedikit.

Walau masih dalam tahap awal, pengguna ponsel pintar atau smartphone sudah bersiap untuk memasuki babak baru di era digital ini. Salah satunya, dengan memiliki smartphone yang mendukung layanan jaringan seluler 5G.

Namun, tunggu dulu. Untuk bisa memanfaatkan jaringan tersebut, pengguna harus memiliki smartphone yang sudah didukung oleh pita (band) n40 yang bekerja di spektrum 2,3 GHz. Lalu, pengguna mesti melakukan pembaruan software over the air (OTA) untuk membuka kunci (unlock) 5G.

Selain itu, agar layanan jaringan seluler 5G bisa dimanfaatkan dengan maksimal, pengguna hendaknya menggunakan smartphone dengan kriteria berikut.

  1. Chipset teranyar

Sebagai generasi terbaru, jaringan seluler 5G akan semakin maksimal jika disandingkan dengan chipset generasi teranyar juga, seperti central processing unit (CPU) Hexa Core. Chipset ini telah mendukung konektivitas 5G untuk kecepatan internet yang lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan chipset itu, performa smartphone akan lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini penting bagi pengguna ponsel, terutama bagi para pecinta game.

Pasalnya, prosesor itu mampu memaksimalkan penggunaan ponsel untuk segala jenis game. Dengan begitu, pengguna akan mendapat pengalaman baru yang lebih menyenangkan.

  1. Tangguh dan ringan

Jaringan seluler 5G diperuntukkan bagi pengguna dengan aktivitas yang padat setiap hari. Oleh sebab itu, ponsel yang digunakan harus tangguh dan memiliki perlindungan yang tepat.

Adapun bagian penting pada smartphone yang harus dilindungi adalah layar. Perlindungan ini berguna untuk menghindari goresan dan lecet akibat tingginya aktivitas penggunaan.

Oleh sebab itu, pengguna 5G bisa memilih ponsel yang didukung oleh teknologi ceramic shield atau kaca pelindung keramik.

Selain memberikan proteksi dari goresan dan lecet, teknologi itu diklaim membuat ponsel memiliki ketahanan jatuh empat kali lebih baik.

Di sisi lain, teknologi ceramic shield tidak menambah berat smartphone. Pasalnya, teknologi ketahanan layar ini terbuat dari kristal keramik berukuran superkecil yang cukup ringan dan lebih nyaman untuk digenggam.

  1. Tangkap detail lebih baik

Selain soal kecepatan, jaringan 5G juga merupakan sebuah era yang mengedepankan kualitas visual terbaik. Oleh karena itu, smartphone yang digunakan sebaiknya mendukung berbagai kebutuhan visual, baik foto maupun video.

Pengguna dapat memilih smartphone dengan dukungan kamera 12 megapiksel (MP) yang dilengkapi dengan lensa wide dan ultra wide. Spesifikasi ini membuat smartphone dapat mengambil gambar dan merekam video dengan kualitas yang konsisten.

Selain itu, lensa lebar yang tersemat juga dapat meningkatkan penangkapan cahaya sebesar 24 persen sehingga membuat hasil foto mode malam (night mode) menjadi lebih baik.

  1. Tampilan media yang memuaskan

Dengan kecepatan yang tinggi, jaringan 5G sangat cocok digunakan untuk bermain game dan menonton video. Oleh sebab itu, agar lebih maksimal, tampilan layar pun harus didukung dengan teknologi terbaik, seperti layar OLED Super Retina XDR.

Selain itu, pengguna dapat memilih ponsel dengan resolusi besar, misalnya 2.532 x 1.170 piksel. Resolusi ini mendukung pemutaran video dengan format HDR10.

Itulah empat kriteria smartphone yang dapat memaksimalkan layanan jaringan seluler 5G yang supercepat. Semua kriteria ini bisa kamu dapatkan pada iPhone 12 Series dari Apple.

Untuk diketahui, iPhone 12 Series telah didukung oleh prosesor CPU Hexa Core terbaru, yakni A14 Bionic. Selain itu, layar ponsel ini juga dilengkapi teknologi ceramic shield yang tangguh tapi ringan sehingga ponsel nyaman digenggam.

Soal kamera, iPhone 12 Series hadir dengan kamera 12 MP yang dilengkapi dengan lensa wide dan ultra wide. Spesifikasi ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang gemar fotografi dan videografi, baik untuk sekadar hobi maupun kebutuhan bisnis yang membutuhkan kamera smartphone multifungsi.

Berikutnya, Apple juga telah menyematkan layer OLED dengan teknologi Super Retina XDR pada iPhone 12 Series, kecuali iPhone 12 Mini, dengan resolusi sebesar 2.532 x 1.170 piksel .

Sebagai informasi, iPhone 12 Series tersedia dalam empat varian, yaitu iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Keempat varian ini secara resmi bisa kamu dapatkan di iBoxing Week Online 2021.

iBoxing Week Online 2021.Dok. iBox iBoxing Week Online 2021.

Pada gelaran itu, kamu juga bisa mendapatkan penawaran terbaik, seperti potongan harga hingga Rp 2,2 juta untuk produk Mac, AirPods Pro, dan Apple Watch.

Selain itu, iBoxing Week Online 2021 juga menghadirkan beragam kegiatan menarik, seperti IG Live dan workshop via Zoom, shopping race customer, dan live performance dari Yura Yunita.

Kunjungi www.iboxingweek.com untuk informasi selengkapnya dan nantikan kesempatan meraih berbagai hadiah spesial dari produk Apple.