Advertorial

Fiki Naki Kaget, Ada Warga Negara Lithuania Magang di BNI London

Kompas.com - 05/06/2021, 12:46 WIB
Fiki Naki terkejut mengetahui ada seorang warga negara Lithuania magang di BNI cabang London. Dok. BNIFiki Naki terkejut mengetahui ada seorang warga negara Lithuania magang di BNI cabang London.

KOMPAS.com – YouTuber terkenal asal Indonesia yang menguasai banyak bahasa Fiki Naki terkejut mengetahui ada seorang warga negara Lithuania yang menghabiskan masa magangnya di Bank Negara Indonesia (BNI) cabang London, Inggris.

Terlebih, Kantor BNI London tersebut berada di wilayah strategis, yakni Central Business Kota London di King Street. Untuk diketahui, King Street bukanlah kawasan biasa di London. Kawasan ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan utama di Ibu Kota Inggris tersebut.

Sama seperti BNI London, kantor cabang BNI yang berdiri sejak 1984 itu juga merupakan pusat keuangan strategis di London. Jadi, tepat rasanya jika BNI menempatkan banking hall-nya di tepi King Street.

Sebagai informasi, warga Lithuania yang melakukan magang di BNI London itu bernama Rutha. Lewat panggilan video, Rutha mengajak Fiki berkeliling menyaksikan betapa megahnya kantor BNI London.

Di lantai pertama, ada banking hall untuk frontliner BNI London dan back office untuk para pegawai dari berbagai negara di penjuru dunia.

Selain banking hall, sebagai wakil dari bank besar Indonesia, BNI cabang London juga menyediakan sarana dealing room. Dealing room merupakan fasilitas untuk memantau pergerakan produk keuangan di dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Rutha juga menunjukkan kepada Fiki bahwa 50 persen pegawai BNI London adalah warga negara Eropa. Sementara itu, di lantai kedua, terdapat unit kredit, ruang pertemuan, dan ruang general manager (GM) BNI London.

Tak tanggung-tanggung, Rutha bahkan mengajak Fiki Naki berbincang langsung dengan GM BNI London Roekmana Adjie. Fiki lantas bertanya apa saja syarat yang dibutuhkan agar bisa bekerja di BNI cabang London itu.

Roekmana Adjie yang akrab disapa Adjie menjelaskan, BNI cabang London merupakan rumah bagi talenta-talenta berkualitas dari seluruh dunia (home of talent).

“Syarat untuk bekerja di BNI London tentu ada tesnya. Kemudian, ada syarat pendidikan juga. Namun, hal yang terpenting adalah nilai organisasi ‘AKHLAK’ yang memiliki singkatan amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif,” terang Adjie dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/6/2021).

Keistimewaan BNI London di King Street

Kepada Fiki, Adjie juga membeberkan betapa pentingnya peran BNI cabang London untuk menjembatani kegiatan ekonomi Indonesia dengan global.

“BNI cabang London memiliki peran untuk menjembatani bisnis antara Indonesia dan Eropa, Timur Tengah, serta Afrika. Kami berfungsi sebagai jembatan untuk area-area tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Adjie mengatakan bahwa kantor cabang luar negeri (KCLN) juga memiliki beberapa peran vital.

Beberapa peran tersebut di antaranya adalah sebagai sumber pendanaan berbiaya rendah (source of international funding), mendukung pengusaha Indonesia untuk go global (go global with BNI), dan sebagai gerbang investasi (gate to investment).

“Kami berusaha mengoptimalkan peran KCLN dan unit financial institutions (FI) untuk mendukung penanaman modal asing serta memaksimalkan international desk dalam menyediakan layanan perbankan dan advisory kepada entitas asing yang berinvestasi di Indonesia,” kata Adjie.

Adjie pun mengaku senang dapat berbincang dengan Fiki. Ia berharap, Fiki bisa segera datang ke BNI London untuk menyaksikan megah dan indahnya BNI cabang London dari dekat.

“Ditunggu kedatanganya, Fiki. BNI London siap melayani sepenuh hati. Just come to London. Terima kasih, Fiki,” kata Adjie.

Untuk menyaksikan secara lengkap video keseruan Fiki Naki bersama karyawan magang asal Lithuania Rutha dan GM BNI London Roekmana Adjie, silakan kunjungi tautan ini https://youtu.be/TXPjT08Eizo.