Advertorial

Ketahui Peran Sistem Imun di Masa Pandemi Covid-19

Kompas.com - 08/06/2021, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 sudah memasuki tahun kedua. Namun, tingkat kewaspadaan dalam menjaga imunitas tubuh mulai mengendur karena masyarakat mulai menganggap kehadiran Covid-19 adalah hal yang biasa.

Meski beberapa aktivitas sudah mulai berjalan dengan normal, masyarakat harus tetap waspada terhadap risiko paparan virus corona. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima.

Daya tahan tubuh atau yang biasa dikenal dengan sistem imun memegang peran penting bagi kesehatan manusia. Sistem imun memiliki cara kerja tertentu dan bisa dipengaruhi oleh pola aktivitas manusia itu sendiri.

Ada banyak hal yang perlu dipahami mengenai sistem imun agar bisa bekerja maksimal. Apa saja? Simak informasi berikut.

Sistem imun dan cara kerjanya

Sistem kekebalan atau imun bertugas untuk melindungi tubuh dari segala hal yang berpotensi membahayakan tubuh, seperti bahan kimia berbahaya, bakteri dan virus, hingga sel kanker.

Sebagai informasi, sistem imunitas terdiri dari dua bagian. Pertama, sistem kekebalan bawaan yang dapat merespons berbagai patogen dengan cepat, termasuk melawan infeksi dan mencegah kerusakan jaringan lebih besar.

Kedua, sistem kekebalan adaptif yang terdiri dari sel-sel imun yang merespons sesuatu secara tertarget dan lebih spesifik. Tugasnya adalah melawan kuman yang lebih kuat seperti virus.

Cara kerja sistem kekebalan adaptif adalah dengan mengenali bagian terkecil virus di luar sel yang sudah terinfeksi, misalnya seperti sel paru-paru. Setelah berhasil mengidentifikasikannya, sistem kekebalan adaptif akan menghancurkan sel tersebut.

Kedua sistem imun tersebut juga dikenal sebagai sel memori. Sebab, ketika suatu saat menemukan kembali virus yang sama, kedua sistem imun tersebut akan langsung membasminya.

Perkembangan sistem imun seperti itu sebenarnya sudah dimulai begitu manusia dilahirkan dan akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Hal yang memengaruhi sistem imun

Meski secara alami sudah ada di dalam tubuh manusia, kinerja sistem imun sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal. Salah satunya adalah pola aktivitas dan gaya hidup.

Gaya hidup modern dengan aktivitas tinggi bisa menyebabkan beberapa hal pada seseorang, mulai dari kurang tidur, stres, merasa cemas, hingga kurang aktivitas fisik.

Hal-hal tersebut dapat melemahkan sistem imun sehingga seseorang menjadi rentan terhadap penyakit.

Selain itu, sistem imun juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan obat-obatan tertentu dan antibiotik secara berlebihan, kadar vitamin D yang rendah, terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, dan kurangnya konsumsi buah dan sayur.

Meski demikian, kinerja sistem imun juga bisa ditingkatkan dengan gaya hidup yang sehat. Misalnya saja, dengan rutin berolahraga.

Olahraga dapat membantu mengurangi stres yang berdampak negatif pada imunitas. Selain itu, olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan produksi sel darah putih sebagai salah satu pertahanan terhadap penyakit.

Meningkatkan sistem imun juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah dan sayur.

Untuk diketahui, konsumsi buah dan sayur dapat memberikan asupan vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini yang kemudian membentuk sistem imun yang optimal.

Namun, jika merasa tidak mendapat cukup asupan vitamin dan mineral dari makanan, Anda bisa pertimbangkan untuk konsumsi suplemen.

Untuk membantu memperkuat sistem imun, pastikan suplemen mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin D, dan zinc. Komposisi multivitamin ini dapat ditemukan pada Suplemen Redoxon Triple Action. 

Meskipun imunitas dari dalam sudah terjaga, bukan berarti Anda bisa abai terhadap protokol kesehatan. Penggunaan masker, saat di luar rumah tetap penting dilakukan. Perlu diketahui, masker dapat membantu menyaring udara yang dihirup sehingga meminimalisasi masuknya virus ke dalam sistem pernapasan.

Menjalankan berbagai aktivitas di tengah pandemi akan terasa semakin mudah jika tubuh memiliki sistem imun yang baik. Tetap aktif dengan gaya hidup sehat dan bersih, serta lengkapi kebutuhan vitamin dan mineral yang tepat sehingga mampu memperkuat sistem imun tubuh.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.