Advertorial

Cara Membuat Kopi Susu Gula Aren yang Nikmat ala Kafe

Kompas.com - 12/06/2021, 17:58 WIB

KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia, terutama coffee lovers.

Selain bisa dikonsumsi tanpa campuran, kopi menjadi minuman yang nikmat bila dipadukan dengan bahan lain, seperti susu dan gula aren.

Tambahan susu bisa membuat kopi menjadi lebih lembut. Sementara, tambahan gula aren akan membuat kopi jadi lebih manis.

Lalu, bagaimana cara membuat es kopi susu manis dengan campuran gula aren yang nikmat seperti di kedai kopi?

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan.

Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan adalah kopi bubuk, gula aren, susu cair, es batu, garam, gula pasir, gula aren, panci, gelas, dan sendok.

Anda sebenarnya bisa menggunakan kopi hitam instan tanpa gula, tetapi kopi yang digiling dari biji memiliki rasa dan aroma lebih nikmat.

Setelah semua bahan dan alat tersedia, Anda bisa mengikuti cara pembuatan kopi susu gula aren segar berikut ini.

1. Cairkan gula aren

Langkah pertama, potong-potong gula aren dan masukkan ke dalam wadah panci yang sudah diberikan air sedikit demi sedikit. Gunakan api kecil agar gula aren tidak mudah gosong.

Selanjutnya, masukan gula pasir dan garam secukupnya. Kedua bahan ini akan memberikan rasa gurih pada gula aren.

Aduk hingga tercampur rata dan mencair sempurna.

2. Buat kopi

Untuk membuat kopi gula aren yang nikmat, jangan gunakan gula aren yang masih panas. Jadi, dinginkan gula aren terlebih dulu.

Sambil menunggu gula aren dingin, Anda bisa membuat kopi dengan menggunakan biji kopi yang sudah digiling halus lalu diseduh dengan air panas.

Banyak metode pembuatan kopi yang bisa Anda gunakan, mulai dari sistem seduh, mesin, hingga tetes.

3. Dinginkan kopi pada suhu ruang

Jika kopi atau espresso sudah jadi, biarkan cairan hitam ini berada pada suhu ruangan. Bagi penyuka kopi hangat, Anda bisa menikmatinya segera.

Namun, ada baiknya menunggu sejenak karena kopi dengan suhu ruangan lebih baik untuk kesehatan.

4. Siapkan gelas dan peralatan

Sambil menunggu kopi dingin, Anda bisa menyiapkan gelas, es batu, sendok, dan susu cair. Anda dapat menggunakan susu cair merek apa saja, asalkan rasanya tawar (plain). Hindari menggunakan susu dengan tambahan gula agar tidak memberikan rasa manis yang berlebihan.

5. Tuangkan kopi dan gula aren

Langkah selanjutnya, masukan es batu ke dalam gelas yang telah disiapkan. Lalu, tuangkan cairan gula aren sebanyak empat sendok makan atau sesuai selera.

Kemudian, masukkan kopi sebanyak tiga perempat gelas. Terakhir, tuangkan susu pada gelas.

Cairan kopi yang hitam pekat bercampur dengan cairan susu akan menghasilkan warna cantik dan menggugah selera.

Sejatinya, pembuatan kopi yang nikmat ala kafe memerlukan alat untuk memudahkannya. Salah satu alat pembuat kopi yang banyak digunakan adalah grinder.

Anda bisa membeli mesin penggiling kopi berkualitas di Ruparupa. Platform belanja online ini menyediakan berbagai model alat pembuat kopi dengan rentang harga beragam.

Selain alat pembuat kopi, Anda juga bisa menemukan produk lain, seperti peralatan dapur, kitchen set, pisau set, serta peralatan makan dan minum berkualitas.

Ruparupa menyediakan produk berkualitas dari material terbaik. Produk yang tersedia di platform belanja online ini memiliki harga terbaik dan garansi kualitas yang terjamin sesuai material produk.

Untuk mendapatkan penawaran eksklusif, segera daftarkan diri Anda menjadi pelanggan Ruparupa (Ruppers) melalui situs atau aplikasi Ruparupa sekarang juga.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.