Advertorial

Permudah Ibadah Qurban di Tengah Pandemi, Human Initiative Luncurkan Program Sebar Qurban

Kompas.com - 16/06/2021, 10:04 WIB
Program Sebar Qurban yang diinisiasi Human Initiative menargetkan penerima manfaat kurban dapat dirasakan masyarakat secara merata. KOMPAS.com/Imalay Naomi LProgram Sebar Qurban yang diinisiasi Human Initiative menargetkan penerima manfaat kurban dapat dirasakan masyarakat secara merata.

DEPOK, KOMPAS.com – Memasuki tahun kedua perayaan Idul Adha di tengah pandemi, semangat masyarakat untuk menggapai takwa dan berbagi kepada sesama tidak surut.

Salah satu organisasi kemanusiaan di Indonesia, Human Initiative, merespons semangat tersebut dengan meluncurkan program bertajuk “Sebar Qurban”, Selasa (15/6/2021).

Adapun Sebar Qurban merupakan program qurban digital yang diinisiasi oleh Human Initiative. Temanya sama seperti pada 2020, yaitu “InsyaAllah Qurban” menargetkan penerima manfaat qurban dapat dirasakan masyarakat yang membutuhkan secara merata.

Lewat program Sebar Qurban, Human Initiative pun siap memfasilitasi siapa saja yang ingin berkurban di tengah pandemi Covid-19.

Project Manager Qurban Human Initiative Muhammad Miftahul Surur mengatakan, pihaknya menargetkan 25.000 pekurban pada tahun ini. Dengan jumlah tersebut, ia berharap dapat membagikan daging kurban ke 300.000 keluarga.

“Kami ingin yang merasakan manfaat kurban tidak hanya masyarakat di kota, tetapi dapat dirasakan secara merata,” ujar Miftahul pada konferensi pers peluncuran Program Sebar Qurban di Depok.

Adapun target wilayah distribusi qurban Human Initiative adalah daerah rentan bencana, wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T), serta wilayah krisis kemanusiaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Selain Pulau Jawa, tahun ini kami menargetkan untuk membagikan daging qurban ke berbagai wilayah di daerah Indonesia timur, seperti Maluku, Manado, Luwuk, dan Nusa Tenggara,” jelasnya.

Tidak hanya di Indonesia, qurban juga akan didistribusikan ke luar negeri. Adapun beberapa negara yang menjadi target pendistribusian adalah Palestina, Suriah, Bangladesh, Myanmar, Somalia, dan Tanzania.

Miftahul mengatakan, hewan qurban akan didistribusikan melalui perwakilan kantor cabang Human Initiative di dalam dan luar negeri serta mitra ternak yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Tawarkan kemudahan berqurban

Pada program Sebar Qurban, masyarakat dapat memilih berbagai produk qurban dan wilayah pendistribusiannya. Produk qurban yang disediakan Human Initiative di antaranya tipe A 1/7 sapi dengan wilayah distribusi Afrika dan daerah di Indonesia timur, tipe B 1/7 sapi dengan wilayah distribusi Asia dan daerah Indonesia barat, serta tipe C 1/7 sapi dengan wilayah distribusi pelosok Indonesia.

“Melalui program qurban yang kami selenggarakan, masyarakat juga tetap dapat menikmati feel berqurban walau tidak menemui secara langsung hewan qurban yang dipilihnya,” jelas Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati yang turut hadir dalam konferensi pers.

Ia juga menjelaskan, pequrban yang mengikuti program tersebut akan mendapatkan informasi mengenai hewan qurban yang dipilih, sertifikat, dan live report pada pemotongan di beberapa daerah.

“Kami juga akan menginformasikan hari apa hewan qurban akan dipotong. Dengan begitu, pequrban bisa melaksanakan sunah, seperti tidak memotong kuku,” ujar Tomy.

Laporan tersebut akan didapatkan pequrban melalui short message service (SMS), aplikasi WhatsApp, atau surat elektronik.

“Melalui program Sebar Qurban yang Human Initiative adakan, kami mengajak dan mendorong semua masyarakat yang memiliki rezeki lebih di tengah situasi pandemi untuk tetap berbagi kepada mereka yang membutuhkan,” imbuh Tomy.

Untuk diketahui, Human Initiative bekerja sama dengan 21 mitra channel payment kurban dalam penyelenggaraan program itu. Mitra tersebut di antaranya Tokopedia, BliBli, Bukalapak, Shopee, LinkAja, dan Transmart.

Pihak Human Initiative yakin, kerja sama dengan mitra akan memudahkan pequrban saat bertransaksi. Dengan begitu, masyarakat dapat melakukan transaksi qurban dengan aman, nyaman, dan cepat. 

“Masyarakat hanya perlu mengakses smartphone yang terkoneksi internet dan memilih hewan qurban yang diminati,” kata Tomy.

Kemudian, demi memperluas siar dan semangat ibadah qurban, Human Initiative kembali menggandeng Ustaz Hanan Attaki untuk menjadi Duta Qurban Human Initiative 2021.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Sebar Qurban, Anda bisa mengunjungi website solusipeduli.org/qurbanatau menghubungi call center 021-87780015.