Advertorial

Beli Mobil Saat Pandemi Boleh Saja Asalkan…

Kompas.com - 16/06/2021, 15:44 WIB
Ilustrasi pembelian mobil. Dok. ShutterstockIlustrasi pembelian mobil.

KOMPAS.com – Selama masa pandemi Covid-19 melanda Indonesia, penggunaan kendaraan pribadi makin tinggi. Sebab, masyarakat lebih memilih mengendarai mobil atau motor pribadi dibandingkan menggunakan moda transportasi umum.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, mereka merasa lebih aman karena tidak perlu berbaur dengan orang yang tidak dikenal. Hal tersebut meminimalisasi penularan Covid-19.

Kondisi tersebut membuat masyarakat mulai berpikir untuk memiliki atau memperbarui kendaraan pribadinya. Kabar bainya, Anda uang ingin memiliki mobil baru dapat memanfaatkan kebijakan pemerintah mengenai penghapusan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Akan tetapi, jangan tergiur dengan fasilitas tersebut. Meskipun terkesan dapat membeli mobil dengan harga lebih murah, masih ada biaya lain-lain yang perlu Anda keluarkan. Karena itu, sebelum membeli mobil di masa pandemi, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Lihat kembali uang tabungan

Di masa pandemi, ketidakpastian ekonomi masih mengancam masyarakat. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, pastikan Anda yakin dapat memenuhi kebutuhan lain, seperti belanja bulanan, dana pendidikan anak, dan biaya hidup untuk sehari-hari.

Jika Anda hendak membeli mobil dengan sistem kredit, hitung terlebih dahulu berapa jumlah uang bersih yang Anda terima setiap bulannya dikurangi dengan biaya untuk kebutuhan primer. Setelah itu, hitung rencana biaya yang akan dipoting karena harus mencicil beli mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda juga harus siap dengan biaya-biaya lain, seperti bahan bakar, biaya perawatan, serta pajak-pajak lain yang masih harus dibayarkan.

Dengan beragam kebutuhan yang harus Anda penuhi tersebut, coba lihat kondisi keuangan Anda. Jika mencukupi dan memiliki dana darurat, Anda bisa dengan tenang membeli mobil.

Pilih mobil sesuai kapasitas

Setelah mantap memutuskan untuk membeli mobil, pilihlah mobil dengan kapasitas yang Anda butuhkan. Misalnya, Anda yang belum berkeluarga, sebaiknya pilih mobil yang terbilang kompak dan hemat bahan bakar minyak (BBM).

City car bisa menjadi mobil yang tepat. Beberapa contohnya, Toyota Agya, Nissan March, Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis, dan Suzuki Karimun Wagon.

Beda lagi jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) merupakan pilihan yang tepat. Sebab, mobil jenis ini dikategorikan sebagai mobil keluarga yang memiliki ruang luas dan tetap irit bahan bakar. Contohnya, Daihatsu Sigra, Toyota Avanza, dan Suzuki Ertiga.

Cari penawaran terbaik

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membeli mobil ialah mencari penawaran terbaik. Biasanya dealer akan menawarkan potongan uang muka atau down payment (DP), potongan angsuran, atau promo after sales, seperti gratis servis. Anda bisa memanfaatkan penawaran tersebut untuk mendapatkan harga mobil terbaik.

Membeli mobil saat ini sebenarnya tidak sulit. Terlebih, Anda juga bisa mendapatkannya lewat Tokopedia. Tokopedia memiliki fitur Official Store dari berbagai merek mobil ternama, seperti Suzuki, Honda, Wuling, dan Toyota. Dengan demikian, Anda dapat membeli mobil tanpa harus keluar rumah.

Bersihkan mobil saat datang

Akhirnya, mobil baru yang Anda beli tiba di rumah. Nah, sebelum mengemudikamnya, jangan lupa untuk membersihkan mobil dengan menyemprot disinfektan pada bagian dalam mobil. Jangan lupa juga untuk menyediakan hand sanitizer dan cairan disinfektan di dalam mobil.

Itulah empat tips membeli mobil di masa pandemi Covid-19. Semoga dengan cara tadi, Anda bisa mendapatkan mobil impian terbaik dan sesuai kebutuhan. Selamat berkendara!