Advertorial

Dukung Pengembangan Startup Generasi Muda, Pertamina Luncurkan Pertamuda Seed and Scale Up

Kompas.com - 17/06/2021, 22:24 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) kembali mewujudkan komitmen untuk mendukung perkembangan startup di kalangan generasi muda Indonesia.

Hal ini dibuktikan melalui penyelenggaraan “Pertamina Muda (Pertamuda) – Seed and Scale Up” yang diluncurkan di Denpasar, Bali, Kamis (17/6/2021).

Pada acara tersebut, Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina melihat minat yang tinggi untuk membangun usaha rintisan ( startup). Oleh sebab itu, Pertamina mendorong seluruh kampus di Indonesia agar melengkapi diri dengan lembaga inkubasi bisnis bagi mahasiswanya.

“Tidak hanya meningkatkan kinerja bisnis, mencari keuntungan, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat saja, Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga harus mendorong terbentuknya pengembangan bisnis baru,” kata Nicke dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia melanjutkan, pengembangan bisnis baru meliputi yang startup dan \ usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Nicke juga memotivasi kalangan muda untuk berkompetisi dalam menggali kreativitas, inovasi, dan ide terbaik pada bisnis sektor energi.

“Sektor energi dan lainnya di dunia mengalami transisi yang sangat cepat. Bukan hanya jenis energinya, tetapi juga mekanisme dan pola kerja samanya,” ungkapnya.

Dengan begitu, lanjut Nicke, stakeholder manajemen serta supply chain harus bertransformasi.

“Ayo tunjukan rasa cinta pada Indonesia dengan melakukan transisi energi. Kita perlu cara baru, inovasi baru, dan ide brilian dari anak-anak muda,” imbuh Nicke.

Untuk diketahui, ajang Pertamuda mempertemukan ratusan mahasiswa dari 33 perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki beragam ide dan gagasan bisnis di seluruh Indonesia.

Seluruh peserta akan mengikuti beberapa tahap kurasi untuk menentukan 50 peserta terbaik. Mereka yang terpilih akan mengikuti kompetisi secara offline dalam ajang bertajuk “Demoday Pertamuda 2021” di Bali.

Setelah itu, seluruh peserta akan dipantau gagasan bisnisnya selama 10 bulan. Tiga pemenang terbaik akan mendapatkan modal usaha senilai Rp 100 juta untuk menjalankan ide bisnis yang telah dirancang.

Sebagai pamungkas acara Pertamuda, Pertamina menggelar Webinar Pertamuda 2021. Pada kick-off webinar tersebut Pertamina menghadirkan sejumlah narasumber ternama. Beberapa di antaranya adalah Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Cumi.id Christian Sugiono, Social Innovation Activist Dian Onno, CEO dan Founder Gambaran Band Arto Biantoro, dan Dirut Smesco Leonard Theosabrata.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com