Advertorial

Dirikan PED Pertama di Indonesia, Bank BJB Gandeng Mandiri Sekuritas

Kompas.com - 18/06/2021, 19:23 WIB
- Dok. Humas Bank BJB-

KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) resmi mendirikan Perusahaan Efek Daerah (PED) pertama di Indonesia bernama PT BJB Sekuritas.

Akta pendirian PT BJB Sekuritas sudah diterbitkan sejak Senin (23/11/2020).

Sebagai informasi, BJB Sekuritas akan menjadi anak perusahaan Bank BJB yang menaungi pengelolaan PED di Jawa Barat (Jabar).

Direktur Utama (Dirut) Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan, pembentukan PED BJB Sekuritas merupakan tonggak baru dalam perkembangan bisnis perseroan.

“Pelebaran sayap usaha dilakukan untuk menyerap potensi angka pertumbuhan minat investasi saham, khususnya di Jabar, yang semakin hari kian memperlihatkan antusiasme cukup tinggi,” ujar Yuddy dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Pada tahap awal, BJB Sekuritas telah resmi memperoleh kode broker JB untuk aktivitas perdagangan di lantai bursa. Kode ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/12/2020).

Dengan terdaftarnya kode broker tersebut, aktivitas perdagangan BJB Sekuritas lebih mudah terindeks di bursa saham. Adapun mediator remote trading bagi PED yang ditunjuk BJB Sekuritas adalah PT IDX Solusi Teknologi Informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai PED pertama di Tanah Air, BJB Sekuritas didukung oleh Mandiri Sekuritas dalam proses operasional dan penyelesaian transaksi efek di lantai bursa.

Untuk diketahui, Mandiri Sekuritas ditunjuk sebagai Anggota Bursa (AB) Sponsor karena dinilai memiliki kapabilitas dan kredibilitas yang kuat di pasar modal.

Penandatanganan kerja sama antara BJB Sekuritas dan Mandiri Sekuritas dilakukan secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Adapun pihak manajemen yang turut hadir pada penandatanganan kerja sama tersebut di antaranya Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari, Managing Director Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik, para pemegang saham BJB Sekuritas, serta jajaran pengurus BJB Sekuritas..

Pada kesempatan itu, Nancy Adistyasari berharap, kerja sama antara BJB Sekuritas dan Mandiri Sekuritas dapat membantu proses pelaksanaan serta penyelesaian transaksi efek.

“Selain itu, (dapat) membantu proses transfer knowledge dari Mandiri Sekuritas sebagai perusahaan efek yang telah lama menjalankan aktivitasnya kepada BJB Sekuritas sebagai PED yang baru didirikan,” terang Nancy.

Keberadaan PED tersebut juga diharapkan dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta menekan praktik investasi bodong di tataran masyarakat.

Ke depan, Bank BJB memastikan akan menjangkau calon investor dalam area seluas mungkin. Tujuannya, untuk mengakomodasi kepentingan seluruh kelompok masyarakat dalam pemanfaatan pasar modal dan menjadi investor. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.