Advertorial

Optimalkan Komunikasi Bisnis Perusahaan dengan Layanan Suara Berbasis Cloud dari iDo Voice

Kompas.com - 21/06/2021, 08:51 WIB
- Dok. Indosat Ooredoo-

KOMPAS.com – Meski telah berlangsung selama lebih dari satu tahun, penerapan work from home (WFH) di masa pandemi masih saja menemui hambatan. Banyak perusahaan terbentur masalah komunikasi, baik internal maupun eksternal.

Mengingat komunikasi menjadi salah satu kunci kelancaran aktivitas bisnis, Indosat Ooredoo Business menghadirkan iDo Voice dengan layanan suara berbasis cloud atau komputasi awan.

Melalui layanan tersebut, Indosat Ooredoo menawarkan dua solusi komunikasi bisnis, yaitu Unified Communications as a Service (UCaaS) dan Communication Platform as a Service (CPaaS).

UCaaS merupakan teknologi yang umum digunakan dalam lingkup perusahaan untuk keperluan komunikasi internal. Teknologi ini dapat mengintegrasikan panggilan telepon, pesan teks, email, chat, fax, dan berbagai jenis system application and processing (SAP).

Sementara, CPaaS adalah teknologi yang mengakomodasi kebutuhan komunikasi bisnis eksternal, yaitu antara perusahaan dan konsumen.

Teknologi yang juga berbasis cloud tersebut memberikan kemudahan bagi programmer perusahaan untuk menambahkan fitur komunikasi real-time, seperti voice message, text message, atau voice call ke dalam aplikasi pemasaran bisnis tanpa perlu membangun infrastruktur back-end.

Hal tersebut dikarenakan kebutuhan pemrograman fitur telah tersedia pada cloud sehingga programmer dapat langsung membangun infrastruktur melalui application programming interface (API). Saat ini, penggunaan CPaaS jamak ditemukan pada layanan konsumen, baik berbasis panggilan suara maupun pesan teks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terdapat tiga produk UCaaS yang dapat dipilih dalam layanan iDo Voice dari Indosat Ooredoo, yaitu Cloud Voice, Cloud Voice Pro dan Team Voice.

Cloud Voice dan Cloud Voice Pro merupakan platform komunikasi internal yang bekerja dalam seluruh jaringan komunikasi, baik seluler maupun internet. Dengan begitu, karyawan dan perusahaan dapat terus terhubung kapan dan di mana saja.

Agar komunikasi bisnis semakin optimal, Indosat Ooredoo juga melengkapi layanan Cloud Voice Pro dengan sejumlah fitur, seperti Cloud Pbx, Cloud Collaboration, Cloud Call Center, dan Cloud Conference.

Fitur kedua dari layanan UCaaS Indosat Ooredoo adalah Team Voice. Fitur hasil kolaborasi antara Indosat Ooredoo Business dan Microsoft Office 365 tersebut memungkinkan karyawan selalu terkoneksi dengan perusahaan melalui layanan Microsoft Teams.

Selain itu, karyawan juga dapat melakukan panggilan ke luar kantor hanya dengan menggunakan Session Initiation Protocol (SIP) trunk Indosat Ooredoo Business.

Sama seperti Cloud Voice Pro, Team Voice bekerja di seluruh model jaringan komunikasi. Pemasangan layanan ini melengkapi layanan Microsoft Teams dengan memberikan integrasi dengan jaringan telepon pelanggan dan tidak membutuhkan perangkat tambahan sehingga perusahaan dapat menghemat biaya. Perusahaan pun tidak perlu mengganti nomor telepon apabila sudah memiliki nomor telepon Indosat Ooredoo.

Untuk layanan CPaaS, Indosat Ooredoo memiliki Servoice yang memungkinkan perusahaan dapat terus dekat (engaged) dengan konsumen (end-user).

Ada empat fitur yang ditawarkan dalam layanan tersebut, yaitu Voice Broadcast yang mempermudah perusahaan dalam melakukan kampanye pemasaran, kampanye kesehatan, kampanye edukasi dan kampanye lainnya dengan maneggunakan layanan suara.

Kemudian, Voice DTMF, layanan broadcast suara berteknologi interactive voice response (IVR). Kehadiran fitur ini membuatVoice Broadcast bekerja semakin optimal karena Penerima broadcast dapat secara interaktif merespons panggilan suara yang tengah berjalan.

Fitur selanjutnya dari Servoice adalah Voice OTP yang mengakomodasi kebutuhan terkait verifikasi, seperti one time password (OTP). Dengan tingkat keamanan tinggi, fitur ini cocok diaplikasikan pada bisnis e-commerce maupun perbankan.

Terakhir, Voice Masking yang merupakan layanan pesan suara untuk melindungi identitas pelanggan dari suatu perusahaan. Sehingga pengguna aplikasi layanan maupun layanan perbankan dengan perusahaan dapat berkomunikasi secara lancar tanpa mengetahui identitas nomor masing-masing

Untuk informasi seputar iDo Voice atau solusi komunikasi bisnis lainnya dari Indosat Ooredoo, silakan kunjungi laman https://indosatooredoo.com/idovoice.  

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.