Advertorial

Awas Saldo Rekening Jebol, Lakukan 3 Tips Ini agar Belanja Pakaian Tetap Hemat

Kompas.com - 23/06/2021, 11:06 WIB
Ilustrasi kesal karena melihat saldo rekening yang jebol karena tidak menerapkan strategi keuangan yang tepat. DOK. PIXABAYIlustrasi kesal karena melihat saldo rekening yang jebol karena tidak menerapkan strategi keuangan yang tepat.

KOMPAS.com – Pernah merasakan saldo rekening habis padahal waktu gajian masih beberapa hari lagi? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan pengelolaan keuangan kamu.

Di zaman serbadigital seperti sekarang, mengeluarkan uang memang cenderung lebih mudah dilakukan. Ambil contoh, saat membeli pakaian di toko online. Setelan unik nan menarik kerap menggoda untuk segera dibeli.

Dengan beberapa sentuhan jari di layar gadget, kamu pun bisa mendapatkan pakaian yang diinginkan.

Namun, bila kegiatan belanja online tersebut terus dilakukan tanpa strategi keuangan yang tepat, saldo rekening kamu bisa ambyar setiap bulannya. Untuk mengatasinya, ikuti tiga tips berhemat berikut.

  1. Jangan malas membandingkan harga

Di setiap situs marketplace, terdapat ratusan bahkan ribuan jenis pakaian yang bisa kamu pilih dengan harga yang bervariasi. Nah, kamu bisa memanfaatkan beragam pilihan ini untuk menemukan pakaian idaman dengan harga yang lebih terjangkau.

Caranya, ketik kata kunci jenis pakaian yang ingin kamu beli di kolom cari. Setelah itu, kamu akan menemukan beberapa rekomendasi pakaian yang relevan dengan kata kunci yang kamu input.

Langkah selanjutnya adalah membandingkan jenis pakaian yang serupa antara satu toko dan toko lain. Bandingkan pula lokasi toko, kualitas pakaian, merek, serta harganya. Bila beruntung, kamu akan mendapatkan pakaian berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, lokasi toko juga berpengaruh terhadap ongkos kirim (ongkir). Semakin dekat lokasi pengiriman, maka semakin murah juga ongkirnya.

  1. Beli di marketplace yang sering memberikan diskon

Saat ini, ada banyak marketplace yang bisa kamu jelajahi secara online. Hal ini tentu menjadi salah satu keuntungan karena kamu memiliki lebih banyak pilihan tempat belanja. Meski begitu, kamu harus tetap jeli dalam memilih marketplace.

Sebaiknya, pilih marketplace yang sering memberikan ragam promo menarik, seperti diskon berupa potongan harga, gratis ongkir, atau cashback. Adapun salah satu marketplace yang rajin memberikan berbagai promo adalah Tokopedia.

Di Tokopedia, kamu juga bisa memilih banyak jenis pakaian dengan ragam kategori, seperti fashion pria, fashion wanita, atau bahkan fashion muslim.

  1. Beli pakaian pada momen tertentu

Agar belanja pakaian secara online bisa lebih hemat, sebaiknya lakukan pembelian di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Sebagai informasi, Harbolnas dirayakan setiap tanggal 12 Desember.

Selain Harbolnas, ada pula marketplace yang menghadirkan promo pada momen setelah hari gajian di akhir bulan. Tokopedia, misalnya, menghadirkan program Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang dilaksanakan setiap tanggal 25 sampai akhir bulan.

Dengan tiga tips tersebut, kamu bisa berbelanja lebih hemat dan menjaga pengeluaran setiap bulannya. Alhasil, masalah saldo rekening jebol dapat teratasi.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.