Advertorial

Discover Indonesia, Sajikan Keindahan Indonesia di Negara Ratu Elizabeth

Kompas.com - 29/06/2021, 14:32 WIB
 Semarak Food Festival di Newcastle University Tent.  Dok. Discover Indonesia 2021 Semarak Food Festival di Newcastle University Tent.

KOMPAS.com - Acara tahunan dari Perkumpulan Pelajar Indonesia (PPI) di Kota Newcastle, United Kingdom (UK), Discover Indonesia kembali digelar secara online pada 19-21 Juni 2021.

Gelaran tersebut diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan kultur Indonesia secara internasional kepada masyarakat Inggris.

Tahun ini, PPI Newcastle mengusung tema “Jelajah” yang mempersembahkan berbagai kultur Indonesia melalui makanan, musik tradisional, pertunjukan teater drama, dan juga tari-tarian daerah khas Indonesia.


Pada tahun-tahun sebelumnya, Discover Indonesiayang digelar secara offline berhasil menarik perhatian masyarakat Inggris. Lebih dari 1.000 orang ikut menyemarakkan acara tersebut.

Namun, karena pandemi Covid-19, Discover Indonesia harus dilaksanakan secara online. Meski begitu, penonton tetap antusias dan menikmati event ini dari awal sampai akhir.

Adapun acara Discover Indonesia 2021 dibagi menjadi dua bagian, yaitu Semarak dan Retorik. Semarak merupakan bazar yang diadakan dalam satu hari.

 Antrian Panjang di Semarak, Newcastle University Tent. Dok. Discover Indonesia 2021 Antrian Panjang di Semarak, Newcastle University Tent.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Newcastle University Tent dipilih menjadi lokasi Semarak. Sebab, lokasi ini merupakan daerah yang ramai dilewati oleh warga lokal.

Hampir ratusan orang mengikuti bazar tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah Inggris.

Komunitas pelajar Indonesia juga membagikan makanan Indonesia dan goodie bag secara gratis untuk mereka yang datang ke bazar tersebut.

Sementara itu, Retorik merupakan pertunjukan drama teater musikal yang diadakan secara virtual. Perpaduan drama, tarian, dan musik tradisional Indonesia yang berasal dari Aceh, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan menjadi pertunjukan yang dinantikan.

Pertunjukan Tari Saman di Retorik Night, Discover Indonesia.Dok. Discover Indonesia 2021 Pertunjukan Tari Saman di Retorik Night, Discover Indonesia.

Daerah-daerah tersebut dipilih untuk merepresentasikan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Retorik bercerita tentang seorang pria yang bermigrasi ke Inggris. Namun, sebelum pergi, dia ingin menghabiskan sisa waktunya untuk menjelajah Indonesia.

Sang pria kemudian bertemu dengan seorang gadis bernama Annisa yang akhirnya menemani berkeliling dan menjelajahi Indonesia bersama.

Sebagai informasi, dibutuhkan waktu kurang lebih enam bulan dan 50 orang untuk mempersiapkan bazar dan pertunjukan teater drama musikal tersebut. Mulai dari konsep cerita hingga panggung dipersiapkan sendiri oleh para pelajar Indonesia dengan matang.

Melihat tingginya antusiasme dari warga lokal Inggris dan juga penonton dari Indonesia, acara ini berjalan dengan sukses.

Sampai jumpa lagi di Discover Indonesia 2022! Untuk info lebih lanjut, silakan follow Instagram @discoverindonesiancl dan @ppi_newcastleuk.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.