Advertorial

Antisipasi Banjir Jakarta, PT Kemenangan Donasikan 20 Kapal PE kepada BNPB DKI

Kompas.com - 29/06/2021, 15:07 WIB
PT Kemenangan menyerahkan bantuan 20 Kapal PE kepada BNPB DKI. DOK. PT KemenanganPT Kemenangan menyerahkan bantuan 20 Kapal PE kepada BNPB DKI.

KOMPAS.com – Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan ekonomi negara Indonesia kerap mengalami banjir sejak dulu.

Oleh karena itu, perusahaan swasta nasional yang menyediakan produk maritim sejak 1954, PT Kemenangan, tergerak untuk membantu penanganan banjir.

PT Kemenangan berinisiatif menyerahkan bantuan 20 kapal polyethylene (PE) dengan merek Keman Boat kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (25/6/2021).

Acara serah terima tersebut dilakukan oleh sales PT Kemenangan Sinta Desmiati, Subdirektorat Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan BNPB Pambudi Suryono Jati, Direktur Operasional PT Kemenangan Imanuel Masman, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi, serta Direktorat Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan BNPB Ibnu Asur.

“Kapal-kapal plastik itu akan digunakan BNPB untuk kepentingan evakuasi warga setempat bila terjadi banjir,” bunyi siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Menurut keterangan pihak PT Kemenangan, kapal atau perahu sekoci dari bahan PE memiliki material yang kuat dan kokoh. Ini berbeda dengan perahu karet atau inflatable boat yang rentan bocor.

Penandatanganan berita acara serah terima donasi kapal PE dari PT Kemenangan kepada BNPB. DOK. PT Kemenangan Penandatanganan berita acara serah terima donasi kapal PE dari PT Kemenangan kepada BNPB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, saat BNPB melakukan misi penyelamatan, perahu-perahu rescue boat harus melalui medan yang tidak biasa. Pasalnya, luapan air kerap membawa sampah dan material-material yang tidak lazim berada di jalanan, seperti benda tajam yang dapat merobek lambung perahu karet.

Oleh karena itu, kehadiran kapal berbahan PE amat berguna karena dapat meminimalisasi risiko kapal sobek saat bertugas.

Selain antibocor, Keman Boat juga memiliki bobot yang ringan. Berat satu buah kapal hanya 45 kilogram (kg). Walau ringan, kapal PE dapat memuat kapasitas maksimum seberat 320 kilogram atau sebanyak 4 orang. Kapal PE dapat menggunakan motor tempel ataupun dayung.

Sebagai informasi, kapal PE dengan brand Keman Boat dibuat di pabrik PT Kemenangan yang berada di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

PT Kemenangan berharap agar produk Keman Boat dapat dipakai lebih banyak di Indonesia, khususnya instansi pemerintah.

Hal tersebut pun sesuai instruksi presiden Joko Widodo bahwa instansi pemerintah dianjurkan untuk menggunakan produk-produk dalam negeri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Keman Boat, Anda bisa mengunjungi laman https://www.kemanboat.com/.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.