Advertorial

Selain Melontarkan Guyonan Renyah, Intip 5 Skill Lain yang Wajib Dikuasai Bapak-bapak

Kompas.com - 30/06/2021, 09:07 WIB
Sebagai kepala keluarga, seorang bapak tidak hanya perlu pintar mencairkan suasana. Namun, perlu juga untuk mengerti literasi keuangan. Dok. KredivoSebagai kepala keluarga, seorang bapak tidak hanya perlu pintar mencairkan suasana. Namun, perlu juga untuk mengerti literasi keuangan.

 

KOMPAS.com – Akun Instagram @bapak2id membuat citra bapak-bapak rumahan yang kerap bersantai di pos ronda menjadi lebih positif. Pasalnya, akun tersebut kerap mengunggah tips menjadi bapak yang baik, literasi keuangan, kegiatan, dan guyonan “renyah” ala bapak-bapak.

Sebagai contoh guyonan ringan khas bapak-bapak, “Pasien yang menderita gejala rindu dilarikan ke mana, Pak? Ke ruang I see you. Xixixi”. Candaan seperti itu rupanya mudah diterima oleh hampir semua kalangan.

Unggahan dalam feed akun tersebut juga kerap kali relevan dengan keseharian bapak-bapak. Selain itu, akun tersebut membuat banyak orang sadar bahwa menjadi seorang bapak merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Tidak sekadar menjadi kepala keluarga, ada di rumah, dan mencari penghasilan, seorang bapak juga perlu menguasai sejumlah skill penting di dalam hidup. Berikut ulasan skill tersebut.

  1. Harus mengerti seluk-beluk rumah

Mengerti seluk-beluk rumah merupakan hal dasar yang perlu dikuasai ketika menjadi seorang bapak. Hal ini ditunjukkan dengan mengetahui lokasi untuk menaruh barang krusial, seperti menaruh obeng, selang, dan tangga lipat.

Tidak hanya itu, segala bentuk kegiatan penting lainnya, seperti mengganti bohlam yang mati dan mengatasi atap rumah yang bocor juga, menjadi tugas utama seorang bapak ketika berada di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Selalu bisa diandalkan

Seorang bapak harus selalu bisa diandalkan pada setiap situasi dan kondisi. Mulai dari membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR) anak, mengontrol persalinan istri, siap membeli air galon yang habis di tengah malam, hingga mengganti ban atau aki mobil yang rusak, seorang bapak harus sigap mengatasi masalah tersebut.

Walau tidak bisa menguasai berbagai skill dalam satu waktu, setidaknya jika ada satu masalah, seorang bapak perlu untuk hadir dan bisa memberikan solusi yang tepat.

  1. Mengerti literasi keuangan

Banyak orang beranggapan jika uang bapak adalah uang istri dan uang istri tetap menjadi uang istri ketika menikah. Dengan begitu, istri merupakan pemegang kendali dan mengatur segala macam keuangan.

Meski demikian, hal tersebut juga harus disertai literasi keuangan yang baik demi kelancaran arus keuangan keluarga.

Kemampuan literasi keuangan digunakan seorang bapak untuk mengevaluasi arus keuangan bulanan yang diatur oleh istri. Dengan demikian, bapak dapat memantau pengeluaran yang bisa dihemat di kemudian hari.

Selain itu, seorang bapak juga harus mengerti pentingnya asuransi dan investasi. Seorang bapak juga perlu mengetahui lembaga keuangan yang baik untuk memenuhi kebutuhan atau sebagai dana darurat. Salah satu lembaga tersebut adalah Kredivo.

Kredivo merupakan pinjaman online yang cepat cair bayar bulanan. Dengan bunga ringan hanya 2,6 persen per bulan, Kredivo cocok untuk dijadikan andalan keuangan.

Melalui Kredivo, peminjam bisa mendapatkan limit hingga Rp 30 juta dengan tenor fleksibel sampai 12 bulan untuk kredit online di 1.000 merchant online dan offline. Untuk pinjaman tunai, peminjam bisa mendapatkan tenor hingga 6 bulan.

Fasilitas kredit tersebut bisa digunakan untuk membeli peralatan rumah tangga. Bisa pula dimanfaatkan bila ada kebutuhan mendesak.

  1. Menguasai pengetahuan umum

Kemampuan selanjutnya yang wajib dimiliki seorang bapak adalah menguasai pengetahuan umum. Pasalnya, ketika anak sudah mulai besar, seorang bapak akan menerima berbagai pertanyaan umum yang mengejutkan.

Contohnya saja pertanyaan “Pak, kenapa sih langit warnanya biru?” atau “Pak, tumbuhan itu kata guru aku makhluk hidup, kok kenapa dia enggak bisa gerak kayak kochenk, ya pak?”

Sebagai bapak, Anda pun harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sesekali tidak masalah bila memberi jawaban santai seperti “Kalau warnanya hijau, itu namanya daun, nak.”

Meski demikian, jangan terlalu sering memberikan jawaban abstrak. Anda sangat disarankan untuk memberikan jawaban yang valid walau harus googling terlebih dahulu.

  1. Selalu sabar menghadapi keadaan

Menguasai emosi merupakan kemampuan yang harus dimiliki ketika menjadi bapak. Sebab, bapak akan menghadapi berbagai masalah, seperti bisnis, finansial, ribetnya mengurus anak, menghadapi mertua, dan mendengar gosip tetangga.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memiliki hobi yang bisa membuat nyaman ketika melakukannya.

Hal tersebut bukan untuk membuat bapak menjadi lebih konsumtif. Namun, dengan melakukan kegiatan yang membuat Anda nyaman, setidaknya bisa mengurangi tingkat stres.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.