Advertorial

5 Keistimewaan Memiliki Handphone Android yang Tidak Dimiliki iPhone

Kompas.com - 30/06/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Salah satu pendiri Apple Steve Wozniak pernah mengatakan bahwa ketika seseorang menyukai Apple, ia bersedia membayar lebih mahal. Setuju atau tidak, memang hal tersebut ada benarnya.

Tidak bisa dimungkiri bahwa produk-produk keluaran Apple sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Contohnya, ketika iPhone 11 Pro dirilis pada akhir 2019.

Perilisan seri iPhone 11 menjadi viral karena bentuk kameranya yang menyerupai boba. Peluncurannya pun disambut dengan meriah oleh banyak orang.

Walaupun dibanderol dengan harga belasan juta, banyak orang rela merogoh koceknya untuk memiliki smartphone produksi Amerika Serikat tersebut.

Padahal, ada banyak smartphone Android yang memiliki spesifikasi setara, bahkan lebih canggih dari iPhone dengan harga yang jauh lebih rendah.

Mungkin saja Anda membeli iPhone karena sudah nyaman menggunakannya sejak dulu. Namun, coba pikir lagi. Apakah spesifikasi yang Anda dapatkan dari iPhone sesuai dengan harga yang ditawarkan? Bagaimana kalau dengan mengeluarkan dana yang sama, bahkan lebih murah, Anda bisa mendapatkan smartphone yang lebih canggih?

Bagi Anda yang mau membeli smartphone baru, baik secara tunai maupun kredit HP tanpa uang muka, sebaiknya pikirkan matang-matang. Pasalnya, kualitas smartphone berbasis Android juga tak kalah dari iPhone.

Berikut lima keistimewaan ponsel Android yang tidak dimiliki iPhone.

1. Kapasitas memori tambahan

Perangkat iPhone hanya didukung oleh memori internal saja. Memang, iPhone memberikan beberapa pilihan kapasitas memori, mulai dari 8 GB hingga 256 GB. Namun, semakin besar kapasitas memori, semakin mahal juga harga jualnya.

Sementara itu, Android didukung memori tambahan selain memori internal pada perangkatnya.

Jika ruang penyimpanan di memori internal sudah penuh pada Android, Anda dapat membeli tambahan memori eksternal dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir akan kehabisan memori atau repot memindahkan file ke laptop terlebih dahulu untuk mengosongkan memori.

2. Fast charging

Hampir semua smartphone Android keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Dengan fitur ini, baterai ponsel Android dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari 30 menit. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang punya mobilitas tinggi.

Sebetulnya, iPhone sendiri memiliki fitur tersebut pada seri X-nya. Namun, Anda pun harus mengeluarkan dana hingga Rp 18 juta untuk memilikinya.

Sementara, kebanyakan smartphoneentry level Android yang telah dilengkapi fitur fast charging bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 1-2 jutaan saja.

3. Dual SIM

Keunggulan selanjutnya dari Android adalah adanya slot kartu SIM ganda alias dual SIM. Dengan begitu, Anda bisa menggabungkan dua nomor ponsel sekaligus dalam satu smartphone.

Anda juga dapat leluasa menentukan kartu mana yang bisa digunakan untuk internet dan telepon atau SMS. Bahkan, saat ini, ada beberapa ponsel Android yang menyediakan tiga slot kartu SIM.

Bagaimana dengan iPhone? Hingga saat ini, iPhone yang dikeluarkan resmi di Indonesia masih bertahan dengan satu slot kartu SIM. Memang, ada jenis iPhone yang mengeluarkan dual SIM, tetapi Anda tidak bisa mendapatkannya di toko resmi.

iPhone dengan dual SIM tersebut hanya tersedia dalam kondisi bekas saja sehingga garansi yang Anda dapatkan hanya sebatas garansi toko.

4. Banyak pilihan dengan harga beragam

iPhone dibuat secara eksklusif oleh Apple. Dalam setahun, biasanya Apple hanya mengeluarkan dua hingga tiga seri iPhone. Lain halnya dengan Android yang datang dari berbagai merek.

Dalam setahun, ada puluhan seri smartphone Android baru, baik dari kelas entry level, middle class, maupun flagship. Anda bisa dengan leluasa memilih smartphone sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dan bujet yang dimiliki.

5. Bebas mengunduh aplikasi

Banyak pengguna iPhone yang kesulitan mengunduh berbagai hal, mulai dari aplikasi, video, dan gambar. Hal tersebut karena Apple mempunyai keamanan yang tinggi sehingga penggunanya tidak bisa asal mengunduh aplikasi. Anda pun harus membelinya lewat iTunes dan hanya bisa mengaksesnya lewat perangkat Apple.

Sementara itu, ponsel Android, relatif lebih bebas dalam mengunduh aplikasi, baik yang berbayar maupun tidak. Supaya lebih aman, jangan lupa pasang antivirus di smartphone Android Anda.

Itulah keunggulan Android yang tidak dimiliki iPhone. Bagi Anda yang ingin membeli smartphone dengan spesifikasi canggih dan harga murah, Anda bisa pilih ponsel berbasis Android.

Supaya lebih untung, Anda bisa menggunakan fasilitas kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo. Proses pengajuannya serba online, mudah, dan cepat.

Anda tinggal unduh aplikasinya di Google Play Store atau AppStore, lalu ikuti instruksi pendaftaran sesuai dengan metode kredit yang dipilih.

Tak perlu khawatir, Anda hanya perlu menunggu kurang dari 1 x 24 jam untuk proses approval. Setelah disetujui, jumlah plafon kredit yang diberikan akan muncul langsung di bagian dashboard aplikasi.

Anda bisa langsung kredit HP tanpa uang muka di Tokopedia, Lazada, Bukalapak, JD.ID, Blibli, iBox, Erafone, Digimaps, serta lebih dari 1.000 merchant online dan merchant offline yang bekerja sama dengan Kredivo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com