Advertorial

Oppo Find X3 Pro 5G dengan NFC dan Water Dust Resistance, Seberapa Penting Fitur Tersebut pada Smartphone?

Kompas.com - 01/07/2021, 16:00 WIB
Oppo Find X3 Pro 5G memiliki kecanggihan teknologi NFC yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari pengguna. Dok. OppoOppo Find X3 Pro 5G memiliki kecanggihan teknologi NFC yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari pengguna.

KOMPAS.com – Teknologi dan fitur smartphone kian canggih seiring waktu berjalan. Mulai dari prosesor, kamera berkualitas tinggi, layar, hingga pengisian daya cepat menjadi beberapa teknologi anyar yang dikembangkan sejumlah produsen smartphone.

Tidak sekadar demi memenuhi gaya hidup masyarakat, fitur dan teknologi tersebut dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Selain keempat fitur tersebut, ada dua fitur lain yang sering kali tidak menjadi perhatian utama konsumen smartphone, tetapi ternyata penting dan membantu keseharian. Fitur yang dimaksud adalah near field communications (NFC) dan water dust resistant.

Untuk memahami fungsi dan manfaat kedua fitur tersebut, simak ulasan berikut.

  1. NFC untuk mengisi saldo uang elektronik

NFC dalam bahasa Indonesia berarti komunikasi medan dekat. Cara kerja NFC pun terbilang simpel. NFC membutuhkan dua perangkat yang kompatibel untuk menjadi pemancar (transmitter) dan penangkap sinyal.

Perangkat yang memancarkan sinyal biasa disebut sebagai perangkat pasif. Salah satu perangkat pasif yang sering ditemui adalah kartu uang elektronik. Kartu tersebut hanya bisa mengirim informasi ke perangkat penangkap sinyal tanpa membutuhkan daya.

Sementara, sebagai penangkap sinyal adalah perangkat aktif. Salah satu contoh perangkat aktif adalah smartphone yang sudah dilengkapi fitur NFC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kedua perangkat tersebut ditempelkan, kartu uang elektronik akan mengirim informasi terkait saldo tersedia ke smartphone. Setelah menerima sinyal, smartphone akan menampilkan hasil informasi yang didapatkan.

Selain berguna untuk mengecek saldo, perangkat NFC juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi saldo karto uang elektronik. Berkat kehadiran teknologi NFC, pengguna tidak perlu repot pergi ke anjungan tunai mandiri (ATM) atau minimarket hanya untuk mengisi saldo uang elektronik.

NFC juga berguna untuk melakukan transaksi nontunai (cashless). Jadi, pengguna smartphone tidak perlu membawa dompet atau uang fisik untuk melakukan transaksi.

Saat ini, ada banyak jenis smartphone yang menyematkan teknologi NFC. Salah satunya adalah Oppo Find X3 Pro 5G. Istimewanya, smartphone flagship terbaru dari Oppo tersebut menggunakan desain antena NFC dengan hak kekayaan intelektual independen.

Pengguna pun dapat memindai obyek bertanda NFC di bagian mana saja di bagian atas ponsel. Jadi, pengguna tidak perlu menempelkan area tertentu di bagian belakang smartphone untuk memindai kartu uang elektronik.

Oppo menyematkan teknologi water dust resistant pada Oppo Find X3 Pro 5G. Dok. Oppo Oppo menyematkan teknologi water dust resistant pada Oppo Find X3 Pro 5G.

Oppo menyematkan teknologi water dust resistant pada Oppo Find X3 Pro 5G. (Dok. Oppo)

  1. Teknologi water dust resistant untuk melindungi smartphone

Smartphone zaman sekarang juga harus memiliki keunggulan dalam daya tahan, khususnya bagian bodi. Pasalnya, smartphone ibarat sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Banyak orang kini tak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa smartphone di genggaman.

Sebut saja dalam hal pekerjaan. Mulai dari bangun tidur, sebagian besar orang akan melihat to-dolist mereka pada hari itu di dalam catatan di smartphone. Selanjutnya, pekerja juga membutuhkan koordinasi secara intens dengan memanfaatkan fitur chat dan video conference.

Oleh karena itu, smartphone masa kini harus kuat luar dalam. Artinya, selain memiliki kecanggihan fitur software yang mumpuni, bagian fisik smartphone juga harus tangguh.

Hal itu juga menjadi fokus Oppo dalam mendesain smartphone flagship terbarunya, Oppo Find X3 Pro 5G. Oppo menyematkan teknologi water dust resistant atau ketahanan terhadap percikan air dan debu.

Tak main-main, untuk menghasilkan kualitas terbaik. Oppo telah menguji ketangguhan bodi Find X3 Pro 5G di laboratorium. Dalam uji coba dan penelitian tersebut, smartphone ini dapat bertahan di dalam air tawar dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Adapun perbedaan suhu air dan suhu produk yang direkomendasikan pada uji coba tersebut tidak lebih dari 5 derajat Celcius. Berkat uji coba tersebut, Oppo Find X3 Pro 5G mendapatkan sertifikasi IP68 sesuai dengan GB/T 4208-2017 di China dan IEC 60529 untuk pasar internasional.

Dengan kecanggihan teknologi tersebut, pengguna Oppo Find X3 Pro 5G pun tak perlu khawatir bila smartphone yang digunakan secara tidak sengaja tepercik atau terendam air dan terkena debu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai keunggulan Oppo Find X3 Pro 5G lainnya, kunjungi laman resmi Oppo.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.