Advertorial

Bisnis Kemitraan, Solusi Praktis Membangun Usaha dengan Peluang Pasar yang Luas

Kompas.com - 02/07/2021, 10:07 WIB
Penampakan gerai Erafone Dok. ErafonePenampakan gerai Erafone

KOMPAS.com – Membangun bisnis tak semudah membalikkan telapak tangan, sekalipun modal sudah ada. Terlalu banyak pertimbangan dan persiapan mesti dipikirkan masak-masak agar usaha dapat menuai untung atau paling tidak balik modal.

Sebenarnya, terdapat solusi lain yang dapat diambil untuk mewujudkan rencana berbisnis Anda. Salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan adalah peluang bisnis kemitraan.

Bisnis kemitraan merupakan usaha yang dijalankan oleh dua pihak, yaitu brand sebagai penawar kemitraandan mitra. Model bisnis ini berjalan di atas prinsip saling membutuhkan demi meraih keuntungan bersama.

Ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan dari bisnis kemitraan. Konsultan bisnis dari DK Consulting Djoko Kurniawan dalam pemberitaan Kontan, Senin (20/2/2020), mengatakan bahwa bisnis tersebut umumnya sudah memiliki pangsa pasar sekitar 30 persen. Mitra pun tinggal melanjutkan dan menggarap pasar tersebut.

Bahkan, lanjut Djoko, peluang untuk mendapatkan atensi pasar semakin terbuka jika bisnis kemitraan yang dipilih merupakan brand ternama.

Kelebihan lainnya, operasional bisnis kemitraan cenderung lebih praktis ketimbang membangun bisnis dari nol. Mitra tidak perlu repot memikirkan pengelolaan usaha, mulai dari manajemen, sumber daya, hingga operasional. 

Hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak brand yang menawarkan kemitraan. Mitra pun cukup menyiapkan modal dalam bentuk sejumlah dana deposit dan bangunan usaha berikut perizinannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan calon mitra. Djoko kembali mengatakan, bisnis kemitraan juga memiliki risiko. Apalagi jika salah satu pihak tidak mampu atau melanggar komitmen usaha.

Selain itu, keuntungan bisnis kemitraan tidak sepenuhnya jatuh ke tangan mitra karena terdapat faktor royalti. Mitra juga tidak boleh mengambil bahan baku atau produk selain dari kantor pusat pemilik brand yang menjadi penawar kemitraan. 

Program kemitraan Erafone

Saat ini, ada banyak pilihan sistem kemitraan yang bisa dijajaki. Salah satunya seperti sistem kemitraan yang ditawarkan Erafone, yaitu Erafone Cloud Retail Partner.

Diberitakan Kontan, Minggu (2/5/2021), Vice President Director Erajaya Group Joy Wahjudi menjelaskan, Erafone Cloud Retail Partner merupakan gerai Erafone yang dimiliki oleh investor perorangan. Meski dimiliki pebisnis perorangan, gerai akan dikelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh tim Erafone.

Sebagai sebuah brand, Erafone mempunyai sejumlah kelebihan. Sebut saja, keaslian dan kelengkapan portofolio produk serta dukungan pemasaran yang terintegrasi dengan baik.

Selain itu, Erafone juga memiliki jaringan retail yang luas hingga mancanegara. Kemudian, 80 pusat distribusi dan gudang hub di setiap area penjualan yang didukung tenaga penjual berkualitas.

Kelebihan lainnya, Erafone menawarkan berbagai pilihan pembayaran yang memudahkan konsumen. Misalnya, pembayaran tunai, kartu kredit, microfinancing, dan financial technology (fintech).

Tak hanya itu, Erafone juga menghadirkan sejumlah layanan lain, seperti layanan tukar tambah, penggantian suku cadang produk, dan garansi resmi.

Joy menambahkan, program Erafone Cloud Retail Partner didesain khusus untuk investor kebanyakan. Hal ini dapat dilihat dari kemudahan syarat bergabung. Mitra cukup menyediakan lokasi usaha seluas 60 meter persegi, mempunyai izin usaha toko, dan memiliki dana untuk investasi awal.

Sebagai informasi, modal awal yang disiapkan investor bersifat deposit. Artinya, dana tersebut akan dikembalikan ketika kontrak kemitraan selesai atau investor memutuskan untuk tidak memperpanjang kerja sama.

Dari modal tersebut, mitra berpeluang mendapatkan sejumlah benefit, seperti potensi balik modal dalam tiga sampai empat tahun, profit guarantee atau jaminan keuntungan hingga delapan persen per tahun, dan peluang laba atas investasi sebesar 38 persen.

“Oleh sebab itu, terutama dengan menimbang tingginya ketidakpastian bisnis di masa pandemi, investasi di Erafone Cloud Retail Partner dapat menjadi pilihan dengan return on investment (ROI)yang pasti untuk investor pemula maupun yang telah berpengalaman dalam mengembangkan modalnya,” papar Joy.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program kemitraan Erafone Cloud Retail Partner, silakan kunjungi tautan ini

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.