Advertorial

Raih Juara 1 BKN Award 2021, Kabupaten Kediri Bertekad Pertahankan Prestasi

Kompas.com - 04/07/2021, 10:25 WIB
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menerima penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021 yang diraih Pemkab Kediri. DOK. Pemkab KediriBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menerima penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021 yang diraih Pemkab Kediri.

KOMPAS.com – Kabupaten Kediri menyabet penghargaan terbaik I dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021 untuk kategori perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (Kategori I).

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersyukur dan berterima kasih kepada BKN atas penghargaan tersebut. Menurutnya, prestasi ini menjadi pelecut untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja.

“Saya ucapkan terima kasih kepada BKN karena telah memberikan award kepada Kabupaten Kediri. Kami akan mempertahankan prestasi ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (4/7/2021).

Terkait pelayanan yang dihadirkan, Bupati yang kerap disapa Mas Bup Dhito tersebut menjelaskan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri menggunakan E-Kinerja dalam menerapkan seleksi pegawai.

“BKD juga telah mengembangkan E-Kin versi kedua yang sudah digunakan beberapa dinas dan berjalan dengan baik,” katanya.

Ilustrasi. Kabupaten Kediri menyabet penghargaan terbaik I dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021 untuk kategori perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (Kategori I).DOK. Pemkab Kediri Ilustrasi. Kabupaten Kediri menyabet penghargaan terbaik I dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021 untuk kategori perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (Kategori I).

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kediri Muhammad Solikin mengatakan, ada beberapa indikator yang menjadi penilaian, sehingga Kabupaten Kediri berhasil mendapatkan penghargaan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Indikator yang mendorong untuk mendapatkan penghargaan ini adalah inovasi dalam hal pemberian layanan kepada calon pegawai atau pegawai,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil ) untuk memastikan validitas identitas peserta.

“Kami bekerja sama dengan Dispendukcapil memastikan identitas yang valid, apakah itu peserta joki atau peserta abal-abal,” terang Solikin.

Sebagai informasi, penghargaan BKN Award 2021 diumumkan pada Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian yang diselenggarakan secara hybrid di Bali.

Terdapat lima kategori pada penilaian, yakni perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (Kategori I), implementasi sistem aplikasi pelayanan kepegawaian dan pemanfaatan computer assisted test (Kategori II), penilaian kompetensi (Kategori III), implementasi penilaian kinerja (Kategori IV), dan komitmen pengawasan dan pengendalian (Kategori V).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kediri meraih penghargaan pada ajang Kantor Regional II BKN Award tahun 2018 dan 2020.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.