Advertorial

Anak Usaha Pertamina Bantu Pasokan Oksigen untuk Perawatan Pasien Covid-19

Kompas.com - 06/07/2021, 10:53 WIB
Pasokan oksigen akan didistribusikan melalui transportasi darat. DOK. PertaminaPasokan oksigen akan didistribusikan melalui transportasi darat.

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui sinergi anak usahanya mendukung pemerintah memenuhi kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19.

Pertamina akan membantu menyalurkan, menyediakan infrastruktur, hingga sarana dan fasilitas pendukung untuk memastikan pasokan okesigen medis bagi rumah sakit terpenuhi. Oksigen untuk kebutuhan medis akan dipasok melalui fasilitas tanki oksigen yang dioperasikan oleh Pertamina Group, ISO Tank. 

Saat ini, Pertamina sedang mengirimkan oksigen dengan kapal laut. Sebanyak 21 ISO Tank dan dari Morowali, Sulawesi Tengah dan 6 ISO Tank dari Balikpapan, Kalimantan Timur dijadwalkan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, masing-masing pada Selasa (6/7/2021) dan Jumat (9/6/2021). Kedua ISO Tank memiliki kapasitas 20 ton.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, penyediaan tangki oksigen akan dilakukan oleh subholding gas. Sementara, koordinasi transportasi darat untuk pendistribusiannya akan dilakukan oleh subholding commercial and trading. Keduanya akan berada di bawah koordinasi Direktorat Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina.

“Pertamina juga menugaskan Corporate Secretary untuk berkoordinasi di lapangan dengan stakeholder, yakni kementerian sektor dan badan usaha, baik badan usaha milik negara (BUMN) maupun swasta. Tujuannya, untuk memastikan sasaran dan kelancaran penyaluran oksigen,” kata Nicke dalam keterangan tertulis, Selasa.

Untuk diketahui, sebelumnya Pertamina melalui subholding gas-nya juga telah mengirimkan bantuan oksigen untuk keperluan medis kepada 10 rumah sakit di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Total volume oksigen yang dikirim mencapai 29.9 ton.

Penambahan pasokan oksigen dengan volume 16,5 ton juga tengah dilakukan untuk Rumah Sakit (RS) Sardjito dan RS PKU Muhammadiyah, Yogyakarta.

Nicke menjelaskan, penyaluran oksigen difokuskan untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta karena berdasarkan informasi dari Satuan Tugas Khusus (Satgas) Oksigen Nasional terdapat keterbatasan oksigen untuk rumah sakit di wilayah tersebut.

“Gerak cepat ini merupakan salah satu bukti kontribusi Pertamina dalam mendukung Pemerintah dan membantu masyarakat yang sedang terpapar Covid-19 dan membutuhkan penanganan serius di rumah sakit, ” kata Nicke.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.