Advertorial

PPKM Darurat Bukan Alasan untuk Tidak Produktif Selama WFH

Kompas.com - 06/07/2021, 18:23 WIB
Ilustrasi rasa malas ketika work from home (WFH). Dok. iStock/KiwisIlustrasi rasa malas ketika work from home (WFH).

KOMPAS.com – Lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air membuat pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Lewat penetapan ini, sebagian besar perkantoran kembali menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) kepada karyawannya.

Kebijakan tersebut diberlakukan demi menekan angka penyebaran Covid-19 sekaligus mengurangi kerumunan di klaster perkantoran.

Bagi pekerja, WFH bisa membuat lebih leluasa karena pekerjaan dapat dilakukan tanpa adanya tekanan harus berjibaku selama perjalanan dari dan ke kantor sekaligus pengawasan langsung dari atasan. Meski demikian, bukan berarti ini saatnya berleha-leha. 

Bagi sebagian pekerja, WFH menjadi tantangan tersendiri. Sebagai pekerja, kamu perlu memprioritaskan pekerjaan dan memanfaatkan waktu untuk meningkatkan produktivitas saat harus menyelesaikan dari rumah. Hindari rasa malas yang dapat membuat pekerjaan jadi terbengkalai.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif selama menjalani WFH.

  1. Bangun pagi

Bangun siang merupakan godaan terbesar ketika WFH. Terlebih, pekerja tidak perlu datang ke kantor sejak pagi hari.

Meski godaan terlalu besar, karyawan harus tetap berusaha bangun pagi. Sebab, hal ini dapat membuat tubuh lebih sehat, membuat suasana hati menjadi lebih positif, dan bahagia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagi pula, dengan bangun pagi, kamu pun jadi memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan jadwal terkait beragam aktivitas WFH yang akan dikerjakan di hari tersebut.

  1. Lakukan aktivitas yang memompa energi

Cara lain agar produktivitas saat WFH tetap terjaga adalah dengan melakukan beragam aktivitas yang bermanfaat dan dapat memompa energi di pagi hari, seperti berolahraga.

Berolahraga di pagi hari memiliki sejumlah manfaat. Beberapa di antaranya adalah tubuh menjadi lebih sehat, fokus, meningkatkan suasana hati, mengontrol nafsu makan, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Selain berolahraga, kamu juga bisa membereskan rumah sebelum memulai WFH untuk membuat mood menjadi lebih baik sepanjang hari.

  1. Jaga kesehatan

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga kesehatan. Pasalnya, dengan kondisi tubuh yang sehat, segala aktivitas akan terasa lebih nyaman untuk dijalani.

Agar daya tahan tubuh dan kesehatan tetap terjaga, konsumsilah makanan secara teratur. Selain itu, pilihlah makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makan cepat saji.

Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan sebagai booster untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jangan lupa untuk tetap perhatikan kualitas tidur. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur selama 7-9 jam per hari.

  1. Responsif terhadap pekerjaan

Komunikasi dengan sesama rekan kerja kerap menjadi kendala saat bekerja dengan sistem WFH. Pasalnya, saat bekerja dari rumah, pesan tidak bisa langsung tersampaikan seperti bekerja di kantor.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan teknologi digital agar tetap terkoneksi dengan rekan kerja, seperti laptop dan smartphone yang terhubung pada internet.

Pastikan juga untuk tidak menunda pekerjaan yang datang agar dapat menyelesaikannya tepat waktu. Dengan demikian, kamu bisa menikmati waktu luang dengan efektif saat pekerjaan sudah selesai.

  1. Miliki ruang kerja pribadi

Cara selanjutnya adalah dengan memiliki ruang kerja pribadi. Cari tempat di salah satu sudut rumah dengan pencahayaan yang baik dan suasana yang nyaman agar kamu dapat mengerjakan pekerjaan dengan fokus.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melengkapi peralatan di ruang kerja untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah mesin printer.

Dengan memiliki mesin printer rumahan yang dapat memindai dan memfotokopi dokumen, kamu tidak perlu pergi ke warung fotokopi lagi. Dengan demikian, waktu bekerja dari rumah akan lebih efisien.

Adapun printer rumahan yang memiliki performa baik saat ini adalah Brother Printer DCP-T220 Ink Tank, DCP-T420W Ink Tank, dan DCP-T520W Ink Tank.

Ketiga seri terbaru dari Brother Printer tersebut memudahkan penggunanya dengan pengaturan awal yang menggunakan sistem plug and play. Sistem ini membuat pengguna dapat menjalankan aktivitas printing hanya dengan mencolokkan kabel USB tanpa perlu mengunduh device driver apa pun.

Selain mudah, Brother DCP-T220, DCP-T420W, dan DCP-T520W juga memiliki teknologi inktank. Untuk diketahui, teknologi inktank membuat printer dapat menggunakan tinta lebih banyak dan mudah diisi ulang. Teknologi ini juga dapat mencegah terjadinya kebocoran tinta.

Ketiga seri Brother Printer tersebut juga tergolong hemat dalam penggunaan tinta. Dengan kondisi tinta yang penuh, printer ini dapat mencetak 7.500 halaman hitam putih dan 5.000 halaman berwarna.

Khusus pada seri Brother DCP-T420W dan DCP-T520W, kedua printer ini juga sudah dilengkapi teknologi wireless. Teknologi ini memudahkan pengguna untuk mencetak tanpa perlu menggunakan kabel.

Selain itu, teknologi wifi direct juga sudah tersemat pada seri Brother DCP-T520W. Dengan kelebihan ini, kamu dan anggota keluarga yang lain bisa mencetak berbagai dokumen melalui smartphone.

Seri tersebut pun memiliki kecepatan cetak di atas rata-rata, yakni 17/9.5 images per minutes (ipm). Dengan waktu cetak yang terbilang cepat, produktivitas kamu pun bisa meningkat.

Printer Brother DCP-T220, DCP-T420W, dan DCP-T520W juga memiliki kapasitas paper tray hingga 150 lembar. Kapasitas yang banyak ini membuat kamu tidak perlu repot untuk memasukkan kertas sedikit demi sedikit.

Printer seri Brother DCP-T220, DCP-T420W sudah menggunakan display layar light-emitting diode (LED). Sementara, seri Brother DCP-T520W mengaplikasikan layar liquid crystal display (LCD). Teknologi layar pada ketiga tersebut memudahkan pengguna dalam mengatur mesin printer.

Brother Printer juga mengeluarkan tinta orisinal yang membuat mesin dan printhead menjadi lebih tahan lama.

Melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan tersebut, mesin printer Brother DCP-T220, DCP-T420W, dan DCP-T520W dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai penunjang produktivitas selama WFH.

Untuk pembelian dan informasi lebih lanjut mengenai Brother Printer, kamu bisa mengunjungi official store Brother Printer melalui marketplaceShopee, Tokopedia, dan melalui tautan berikut ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.