Advertorial

Percepat Penanganan Covid-19, AMT Pertamina Antarkan Tabung Oksigen ke Zona Merah

Kompas.com - 07/07/2021, 20:19 WIB
Miska menjadi salah satu AMT Pertamina yang turut mendistribusikan bantuan oksigen. DOK. PertaminaMiska menjadi salah satu AMT Pertamina yang turut mendistribusikan bantuan oksigen.

KOMPAS.com – Lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah membuat ketersediaan oksigen kian menipis. Banyak rumah sakit mengeluhkan kelangkaan pasokan oksigen. Pasalnya, jumlah pasien dengan gejala menengah hingga berat yang memerlukan alat bantu pernapasan tabung oksigen juga meningkat. 

Menyikapi kondisi tersebut, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19 tergerak untuk berkontribusi dengan memberikan bantuan tabung oksigen ke wilayah yang termasuk zona merah Covid-19. Pertamina mengerahkan awak mobil tangki (AMT) Pertamina dalam pendistribusian bantuan tersebut.

Salah satu AMT Pertamina yang turut mendistribusikan bantuan oksigen adalah Miska Feryansyah (35). Sehari-hari, Miska bertugas menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) di dalam negeri.

Namun, saat kasus Covid-19 melonjak, Miska dipercaya sebagai AMT yang bertugas mengantarkan 21 ISO Tank untuk memenuhi kebutuhan oksigen di Pulau Jawa.

“Saya merasa bangga karena menjadi bagian dalam peran perusahaan untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19,” ujar Miska dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Bersama 41 AMT lainnya, Miska berangkat dengan truknya dari Dermaga 102 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/7/2021) mulai pukul 04.00 WIB.

Miska mengaku, dirinya tidak menyangka mendapatkan tugas mulia untuk mendistribusikan oksigen kepada pasien Covid-19.

“Saya merasa senang menjadi bagian dari tim yang mengantarkan bantuan tersebut," ucapnya.

Sebelumnya, pada Senin (5/7/2021), tiga AMT lain sudah membawa tiga ISO tank yang masing-masing berisi 20 ton oksigen. Dua ISO tank bergerak menuju Kendal, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Sementara, satu tangki lainnya telah tiba di Kodja Pulo Gadung-Cakung, Selasa (6/7/201) dini hari.

Pejabat Sementara (Pjs) Vice President Corporate Communication and Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina melalui sinergi anak usahanya telah bergerak membantu pasien yang membutuhkan oksigen di rumah sakit di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Ia menambahkan, setelah kedatangan 21 ISO Tank, rencananya Pertamina akan menerima enam ISO Tank lagi dari Balikpapan pada Jumat (9/7/2021).

“Sebagai wujud komitmen perusahaan pada penerapan environmental, social, and good governance (ESG), Pertamina telah menjadi bagian dari penanganan Covid-19 sejak pandemi mulai berlangsung pada Maret 2020,” tutur Fajriyah.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.