Advertorial

TP-PKK Pusat Salurkan Sembako Makanan Bergizi untuk Masyarakat Purwakarta dan Pandeglang

Kompas.com - 08/07/2021, 18:06 WIB
Penyerahan simbolis bantuan sembako dari TP-PKK kepada masyarakat Purwakarta dan Pandeglang. Dok. KemendagriPenyerahan simbolis bantuan sembako dari TP-PKK kepada masyarakat Purwakarta dan Pandeglang.

KOMPAS.com - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menyalurkan 5.000 paket bantuan sembako makanan bergizi kepada masyarakat di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dan Pandeglang, Banten.

Penyaluran bantuan dilakukan secara simbolis melalui seminar web bertajuk “Tim Penggerak PKK Peduli Terhadap Penurunan Angka Stunting Melalui Berbagi Makanan Bergizi Kepada Keluarga Ibu Hamil, Balita, Lansia, dan Penyandang Disabilitas”, Kamis (8/7/2021). Kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional.

Ketua Umum TP-PKK Tri Tito Karnavian mengatakan, kegiatan serta penyaluran bantuan tersebut merupakan respons terhadap kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 memberikan dampak langsung bagi sektor ekonomi. Kondisi ini memicu penurunan daya beli masyarakat. Kini, banyak dari mereka cenderung menahan pengeluaran, termasuk untuk kebutuhan makanan.

Kondisi tersebut kian mengkhawatirkan sejak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan di area Jawa dan Bali. Terlebih, sebelumnya juga dilakukan PPKM skala mikro di sejumlah daerah.

“Karena itu, sesuai instruksi pemerintah dari Presiden Joko Widodo maupun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bantuan yang diberikan kepada masyarakat adalah bantuan langsung berupa sembako makanan,” kata Tri dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis.

Tri berharap, PKK di seluruh daerah di Indonesia juga melakukan hal serupa supaya keluarga yang mengalami kekurangan dapat terbantu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, penyaluran bantuan tersebut difokuskan kepada ibu hamil, balita, orang lanjut usia (lansia), dan penyandang disabilitas. Dengan begitu, kata Tri, angka kasus stunting di Tanah Air juga dapat ditekan.

“Marilah bersama-sama bergandengan tangan membantu ibu hamil, balita, lansia, dan penyandang disabilitas yang pasti terkena dampak langsung terhadap masalah ekonomi yang terjadi saat ini,” ajaknya.

Soal penyaluran bantuan, Sekretaris Umum TP-PKK Hernawati Hudori menyebut, sebanyak 2.500 paket sembako makanan telah dikirim ke Kabupaten Purwakarta pada Jumat (2/7/2021). Jumlah serupa juga sudah diserahkan ke Kabupaten Pandeglang, Sabtu (3/7/20210).

Adapun proses penyaluran melibatkan pemerintah kabupaten dan TP-PKK di masing-masing daerah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.