Advertorial

Oppo Find X3 Pro 5G Optimalkan Kinerja dengan Chipset Snapdragon 888 dan Flash Charging SuperVOOC 2.0

Kompas.com - 12/07/2021, 17:10 WIB
Nicholas Saputra dengan Oppo Find X3 Pro Dok. Oppo Nicholas Saputra dengan Oppo Find X3 Pro

KOMPAS.com - Teknologi pada smartphone terus berkembang dengan cepat dari waktu ke waktu.

Untuk menarik minat beli masyarakat, para produsen berlomba-lomba menyematkan berbagai fitur dan teknologi canggih ke dalam smartphone.

Salah satu fitur tersebut adalah Flash Charging Super Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging (VOOC). Dapat dikatakan, kehadiran fitur ini berperan penting bagi pengguna smartphone.

Pasalnya, kebanyakan pengguna smartphone saat ini memiliki mobilitas tinggi sehingga membutuhkan fitur untuk mengisi baterai secara cepat.

Tak hanya itu, salah satu perusahaan teknologi manufaktur, Qualcomm, juga telah mengeluarkan inovasi terbarunya, yakni chipset Snapdragon 888 pada Desember 2020.

Bahkan, pada 2021, kehadiran chipset tersebut menjadi tolok ukur kualitas sebuah smartphone

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kedua teknologi tersebut simak ulasan berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Flash Charging SuperVOOC membantu pengisian daya dengan cepat

Flash Charging SuperVOOC merupakan teknologi yang disematkan oleh salah satu perusahaan smartphone, Oppo, ke hampir semua produknya.

Adapun teknologi SuperVOOC yang tersemat di smartphone Oppo sudah dengan dilengkapi dengan algoritma low voltage pulse charge system, baterai, hardware, dan software terbaru.

Menurut pihak Oppo, SuperVOOC hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mengisi daya smartphone hingga 45 persen pada baterai berkapasitas 2.500 miliampere per hour (mAh).

Untuk mendukung pengisian daya baterai secara cepat, Oppo juga menyematkan konektor micro Universal Serial Bus (USB) dan USB C yang telah disesuaikan dengan standar global.

Tak hanya itu, SuperVOOC milik Oppo diklaim cukup berbeda dengan fitur serupa dari produsen smartphone lainnya.

Flash Charging SuperVOOC 2.0Dok. Oppo Flash Charging SuperVOOC 2.0

Pasalnya, smartphone Oppo memanfaatkan arus ketimbang tegangan untuk pengisian daya daya. Dengan begitu, kecepatan pengisian daya jadi lebih efisien dan baterai tidak mengalami panas berlebih.

Kemudian, SuperVOOC 2.0 yang tersemat pada smartphone Oppo mampu mengeluarkan arus daya sebesar 65 watt. Daya sebesar itu dapat mengisi penuh baterai berkapasitas 4.500 mAh hanya dalam 30 menit.

Melansir Kompas.com, Selasa (3/3/2021) teknologi VOOC milik Oppo tersebut juga mengadopsi Gallium Nitride (GaN) semikonduktor yang mampu mempersingkat waktu pengisian daya.

Selain itu, Oppo juga meningkatkan perlindungan pada power adapter, kabel, baterai, dan juga perangkat untuk memaksimalkan pengisian daya cepat.

Snapdragon 888 untuk tingkatkan performa

Dibekali central processing unit (CPU) 680, Snapdragon 888 memiliki kecepatan maksimum 2,84 gigahertz (GHz) atau 25 persen lebih tinggi dari seri pendahulunya, yakni Snapdragon 865.

Selain itu, kehadiran graphic processing unit (GPU) Adreno turut mendongkrak kemampuan rendering grafis hingga 35 persen.

Chip terbaru Qualcomm itu juga punya keunggulan lain. Salah satunya, mampu bekerja dalam jaringan komunikasi generasi kelima alias 5G di seluruh dunia melalui teknologi Dynamic Spectrum Sharing.

Kehadiran dukungan modem Snapdragon X60 5G Modem-RF pun membuat Snapdragon 888 dapat melakukan transfer data dalam kecepatan hingga 7,5 gigabyte per second (Gbps).

Qualcomm Snapdragon 888 sudah mendukung penggunaan multi-SIM 5G Global. Dengan begitu pengguna ponsel dapat menikmati koneksi roaming internasional, serta menggunakan nomor pribadi dan kantor pada satu perangkat.

Tak berhenti sampai di situ, Snapdragon 888 juga dibekali sejumlah fitur kecepatan koneksi. Sebut saja, Qualcomm FastConnect 6900. Teknologi ini dapat meningkatkan kecepatan WiFi 6 hingga 3,6 Gbps dan mengoptimalkan audio sehingga terdengar lebih jernih.

Teknologi artificial intelligence (AI) yang tersemat di chipset tersebut juga mampu mengoptimalkan sejumlah fitur ponsel, seperti kamera, game, dan asisten suara pribadi di samping koneksi jaringan.

Khusus kamera, ponsel dengan Snapdragon 888 mampu menangkap tiga gambar secara bersamaan dalam kecepatan tinggi dan menghasil jepretan lebih terang meski diambil dalam kondisi minim cahaya.

Di samping itu, ponsel tersebut juga bisa menghasilkan rekaman gambar berkualitas HDR 4K. Hal ini karena Snapdragon 888 memiliki Qualcomm Spectra 580 ISP.

Dalam urusan gaming, Snapdragon 888 sudah disisipi Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang memungkinkan pengguna bermain game dengan grafik kualitas HDR paling tinggi.

Selain itu, kehadiran Variable Rate Shading (VRS) pada chipset pun bisa meningkatkan kecepatan rendering game hingga 30 persen.

Meski punya performa mumpuni, ponsel yang dibekali Snapdragon 888 tetap hemat baterai. Pasalnya, chipset ini dapat melakukan efisiensi penggunaan daya.

Untuk keamanan ponsel, Snapdragon 888 telah menerapkan berbagai fitur untuk menjaga kerahasiaan data pengguna dalam perangkat smartphone, seperti Qualcomm Secure Processing Unit, Qualcomm Trusted Execution Environment, dan Qualcomm Wireless Edge Services.

Ponsel performa tinggi dan berdaya hemat

Kedua fitur canggih di atas, yaitu Flash Charging SuperVOOC dan Snapdragon 888 kini tersemat pada smartphone flagship besutan Oppo, Find X3 Pro.

Ponsel yang resmi diperkenalkan pada Senin (11/3/2019) tersebut merupakan hasil evolusi Find Series selama sepuluh tahun.

Menariknya, Oppo Find X3 Pro menjadi smartphone pertama di dunia yang mengadopsi Qualcomm Snapdragon 888 5G Mobile Platform dan teknologi Full-path Color Management System 10-bit.

Oppo Find X3 ProDok. Oppo Oppo Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro dilengkapi fitur-fitur unggulan terbaru dan tercanggih di kelasnya untuk memberikan kinerja yang mumpuni. 

Terbukti, smartphone tersebut meraih skor tinggi dari AnTuTu (version 8.3.4), yakni 771.491 (771K+) poin pada Desember 2020. Angka ini merupakan skor tertinggi yang pernah tercatat dalam penilaian perbandingan.

Penilaian itu mengindikasikan mekanisme terbaik yang dimiliki oleh Oppo Find X3 Pro yang memungkinkan teknologi Qualcomm Snapdragon 888 5G Mobile Platform bekerja secara maksimal.

Sebagai informasi, AnTuTu Benchmark Score Being adalah aplikasi pembanding yang paling terkenal di dunia Android.

Untuk informasi selengkapnya mengenai keunggulan lain Oppo Find X3 Pro, silakan kunjungi laman berikut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.