Advertorial

Konsisten Perkuat Tata Nilai, Pertamina Raih Penghargaan pada Akhlak Award 2021

Kompas.com - 16/07/2021, 16:39 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan "Akhlak Award 2021" untuk kategori Indeks Keseimbangan Fokus Organisasi dengan nilai A atau high positive balance index mencapai 100 persen.

Penghargaan tersebut didapat karena Pertamina dinilai sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki fokus kinerja terintegrasi dan tersebar secara merata pada enam kesadaran, yakni meaning purpose, sustainability, relationship, performance, growth, dan common goals.

Sebagai informasi, Akhlak Award 2021 diselenggarakan ACT Consulting dengan tujuan membawa BUMN menjadi perusahaan berkelas internasional dan bisa bersaing di tingkat global.

Adapun ACT Consulting menggunakan Akhlak Culture Health Index (ACHI) untuk menentukan para pemenang dalam penghargaan.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan, Akhlak Award menjadi pijakan agar BUMN adaptif keluar dari zona nyaman. Oleh karena itu, transformasi secara menyeluruh dibutuhkan, tidak hanya pada model bisnis dan operasionalnya, tetapi yang terpenting transformasi human capital.

Jika tidak berubah, lanjut Erick, BUMN bisa mengalami keruntuhan dan berdampak buruk kepada layanan masyarakat yang harusnya bisa didapatkan dengan mudah.

“BUMN mendapat amanah mengelola kekayaan negara yang jumlahnya sangat besar. Dengan demikian, BUMN menjadi penopang ekonomi dan lokomotif bangsa, serta berperan sebagai agen pembangunan,” kata Erick dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (16/7/2021).

Sementara itu, Pejabat sementara (Pjs) Senior Vice President (SVP) Corporate Communications and Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pemberian penghargaan Akhlak Award merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh pimpinan dan pekerja Pertamina yang telah menerapkan core value “Akhlak” dalam menjalankan aktivitas pada semua lini operasional perusahaan.

Menurutnya, penghargaan tersebut tidak terlepas dari implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) serta environmental, social, dan governance (ESG) di seluruh wilayah operasional Pertamina.

"Komitmen penuh perusahaan pada lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik akan terus menjadi pijakan pada operasional lini bisnis Pertamina. Hal ini juga berlaku pada seluruh pekerja dan manajemen perusahaan,” kata Fajriyah.

Melalui penghargaan Akhlak Award 2021, lanjut Fajriyah, Pertamina akan mendorong semua insan di lingkungan perusahaan untuk meningkatkan komitmen dan penerapan nilai karakter unggul. Dengan demikian, Pertamina bisa bersaing menjadi perusahaan berkelas internasional.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com